4 Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam HP, Bisa Dilakukan di Rumah!

Kamera depan yang berdebu akan menghasilkan foto yang buram dan tidak bagus. Untuk itu, yuk simak cara membersihkan kamera depan yang berdebu di dalam melalui artikel ini!

Jika Anda merasa hasil foto dari kamera depan HP Anda buram atau tidak jernih, maka salah satu kemungkinannya karena ada debu yang masuk ke dalam lensa kamera Anda. 

Salah satu penyebab utama kamera depan yang berdebu di bagian dalam adalah karena Anda meletakkan handphone tersebut di sembarang tempat terutama di area yang tidak bersih. 

Sehingga, debu dan kotoran tersebut akan masuk ke lensa kamera depan Anda yang akhirnya menghasilkan jepretan yang tidak sejernih biasanya. 

Apabila saat ini Anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir, berikut ini adalah cara mudah dan cepat untuk membersihkan bagian dalam kamera depan handphone yang berdebut. 

Baca juga: Ampuh! Cara Membersihkan Casing Hp Berwarna Kuning Menjadi Bening.

Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam dengan Blower Karet Mini

cara membersihkan kamera depan yang berdebu di dalam
Sumber: canva.com

1. Buka Casing Handphone 

Pertama-tama, bukalah casing HP Anda terlebih dahulu. Sebab casing HP rentan tertempel debu atau kotoran yang dapat memperparah debu di kamera depan. 

2. Bersihkan Permukaan Kamera Depan dengan Kain Microfiber

Selanjutnya, Anda dapat membersihkan permukaan kamera dengan kain microfiber. Kain microfiber memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga aman untuk kaca kamera Anda. 

Membersihkan permukaan kamera bertujuan agar debu atau kotoran yang menempel di permukaan luar kamera menghilang. Karena jika masih ada, maka akan menambah debu-debu di dalam kamera. 

Selain itu, hindari menggunakan air atau cairan pembersih yang bersifat korosif, serta membersihkannya dengan menggunakan kapas atau kain berbahan kasar lainnya. 

3. Matikan Handphone untuk Membersihkan Bagian Dalam Kamera 

Setelah Anda memastikan tidak ada debu di bagian luar kamera hingga di seluruh permukaan handphone, maka saatnya mengikuti cara membersihkan kamera depan HP yang berdebu di dalam. 

Pastikan handphone Anda dalam keadaan mati dan sedang tidak di cas. Selain itu, jika baterai HP Anda adalah baterai tanam, maka Anda perlu melepasnya terlebih dahulu. 

4. Gunakan Blower Khusus Kamera 

Selanjutnya, saatnya membersihkan bagian dalam kamera depan. Pada tahap ini, Anda bisa menggunakan blower karet mini yang khusus untuk membersihkan kamera. 

Bersihkan kamera depan secara perlahan dan jangan terlalu kuat. Selain itu, jangan mengarahkan blower terlalu dekat ke bagian kaca dari kamera depan. 

Selain kamera depan HP yang berdebu, jika Anda mengalami masalah lainnya seperti HP yang hilang, Anda dapat menemukan solusinya disini: 3 Cara Melacak HP yang Hilang dengan Nomor HP, Tanpa Ribet!

Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam Secara Alami

cara membersihkan kamera depan yang berdebu di dalam
Sumber: canva.com

Selain cara membersihkan kamera hp depan yang berdebu di dalam dengan blower, Anda juga dapat membersihkannya secara alami hanya dengan alat yang ada di rumah. 

Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan kamera dengan yang berdebu di dalam secara alami: 

1. Bersihkan di Dalam dengan Pena Pembersih Lensa Mikro 

Pena pembersih lensa mikro mirip dengan kain microfiber, namun pena pembersih lensa ini akan lebih memudahkan membersihkan permukaan kamera depan karena ujungnya yang kecil. 

Selain itu, ujung pena ini memiliki senyawa karbon yang memang dirancang untuk mengangkat minyak dan debu dari lensa. 

Anda dapat menemukan pena pembersih lensa mikro ini di toko perlengkapan komputer dan kamera ataupun e-commerce

Cara membersihkannya sebagai berikut: 

  • Buka tutup pena pembersih lensa. 
  • Bersihkan kaca kamera dengan menggosok ujung pena ke kaca tersebut. 
  • Bersihkan lingkaran kecil di tepian lensa terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan membersihkan bagian tengahnya.

2. Bersihkan di Dalam Kamera Depan dengan Air Duster 

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan air duster. Air duster merupakan semprotan angin bertekanan tinggi. 

Semprotan air duster ini berfungsi sebagai pembersih elektronik yang terkena debu dan tidak dapat dibersihkan dengan air. 

Anda bisa mendapatkan air duster secara offline maupun online dengan kisaran harga Rp35.000.

Cara membersihkan dengan air duster adalah sebagai berikut: 

  • Posisikan tabung maksimal 3 inci dari lensa depan kamera. 
  • Semprotkan dengan baik dan perlahan. Air duster akan menyemprotkan angin dengan kencang sehingga akan membersihkan bagian dalam kamera dengan debu yang sulit terjangkau. 
  • Posisikan semprotan dengan sudut diagonal sehingga debu tidak masuk lebih dalam. 
  • Jangan mengocok tabung sebelum digunakan karena akan membuat cair udara di dalam tabung air duster. 

Baca juga: 8 Langkah Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya.

3. Bersihkan di Dalam Kamera Depan dengan Alkohol Isopropil

Selanjutnya, Alkohol isopropil juga dapat menjadi opsi cara membersihkan kamera hp depan yang berdebu di dalam selain beberapa cara di atas. 

Alkohol isopropil memang merupakan cairan untuk membersihkan debu dan noda yang menempel pada layar kamera. 

Anda dapat menggunakan kain lap microfiber dengan menuangkan cairan alkohol ini secukupnya, kemudian gosok secara perlahan ke bagian dari kamera depan HP Anda.

Apabila Anda sudah mengikuti beberapa cara di atas namun tidak kunjung berhasil, maka Anda disarankan untuk membawa HP tersebut ke teknisi yang lebih ahli.

Cara Menjaga Kamera Depan HP Agar Tidak Berdebu

cara membersihkan kamera depan yang berdebu di dalam
Sumber: canva.com

Itulah beberapa cara membersihkan kamera depan HP yang berdebu di dalam dengan mudah. Selanjutnya, Anda juga harus tahu bagaimana cara merawat kamera depan HP agar tidak berdebu.

Ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada kamera HP Anda. Sehingga, kamera HP akan lebih terawat, memberikan hasil jepretan yang bersih, dan lebih tahan lama.

Berikut ini beberapa cara menjaga kamera HP yang dapat Anda lakukan:

  • Jangan menyentuh langsung kamera depan HP dengan tangan.
  • Gunakan casing HP yang memiliki penutup kamera.
  • Selalu letakkan HP di area yang bersih dan tidak berdebu.
  • Ketika berpergian, simpan HP di area tas atau saku khusus untuk ponsel dan pastikan bersih.

Demikianlah ulasan di artikel ini, semoga bermanfaat dan membantu permasalahan Anda. Selalu kunjungi blog Evermos untuk membaca informasi menarik lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Evermos untuk mendapatkan tawaran penghasilan tanpa modal melalui bisnis reseller Evermos, atau klik tombol di bawah ini untuk registrasi secara gratis!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)