7 Cara Memasarkan Produk Secara Online, Siap-Siap Banjir Orderan!

Saat ini menjalankan produk maupun bisnis tersendiri merupakan pengalaman yang cukup menyenangkan. Perlu Anda ketahui cara memasarkan produk secara online memerlukan beberapa tahapan yang tepat.

Memasarkan produk secara online, apalagi di era sekarang sudah menjamur hampir pada seluruh lini media massa. Tak terkecuali juga Anda temui pada social media sebagai platform yang membebaskan dan memfasilitasi produk Anda untuk beredar di pasar.

Hal ini penting untuk Anda lakukan agar tidak salah langkah dalam menentukan strategi marketing yang baik, sehingga jualan Anda tetap laris manis. Untungnya, Anda kini sudah berada di artikel yang tepat untuk mencari informasi terkait.

Baca juga Reseller Wajib Tahu! Inilah Cara Kerja Evermos yang Mudah dan Menguntungkan

Cara Memasarkan Produk Secara Online 2021

Digital Marketing atau Pemasaran melalui digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan atau melakukan pemasaran terhadap produk  melalui platform digital.

Sementara untuk tujuan digital marketing adalah untuk menjangkau konsumen secara tepat dari sisi waktu, secara pribadi dan relevan serta memudahkan konsumen untuk mengenali suatu produk 

Tidak perlu berlama-lama lagi, saatnya bagi Anda untuk memahami cara memasarkan produk secara online dengan langkah yang tepat dengan membaca ulasan ini sampai habis. Pastikan tidak ada langkah yang tertinggal, ya.

Karena setiap komponen dalam strategi saling membentuk sinergi, pahami kemudian catat apa saja yang akan Anda lakukan untuk mengeksekusi produk Anda kemudian memasarkannya secara online.

1. Pahami cara kerja digital marketing

Cara Memasarkan Produk Secara Online

Sumber: pexels.com

Meski secara bahasa hanya terdapat sedikit perbedaan, antara memasarkan produk secara offline dan online namun tetap saja pada kenyataannya mereka memiliki ciri khas berbeda.

Memasarkan produk secara offline tentu memiliki kelebihan tersendiri tak jarang memiliki kekurangan hingga terasa hanya itu-itu saja jangkauan konsumen Anda.

Sebab itu, pentingnya untuk melakukan pemasaran secara online terhadap produk Anda, jangkau konsumen seluas-luasnya dan raup untung yang sebanyak-banyaknya!

Cara agar Anda dapat memahami kerja digital marketing cukup mudah, sesekali Anda juga bisa mencoba untuk membeli produk agar dapat memahaminya terlebih dahulu. Misalkan membeli kebutuhan peralatan rumah tangga, memesan makanan, menggunakan jasa yang Anda pesan secara online. Tidak sulit, bukan?

Selanjutnya, pentingnya menanamkan rasa keingintahuan yang tinggi, menimbulkan Anda haus akan pengetahuan mengenai digital marketing. Saat ini sudah banyak hasil pencarian mengenai keilmuan digital marketing yang efisien seperti apa. 

Anda hanya tinggal mengeruk dalam-dalam tentang ilmu tersebut dan memahaminya melalui praktek secara bertahap. Layaknya dalam proses trial and error.

Salah satunya, dalam digital marketing terdapat dua platform yaitu social media dan marketplace yang bisa Anda gunakan guna memasarkan produk secara online. Meski begitu, terletak perbedaan dalam masing-masing platform

Baca Juga:  5 Hal Penting ini Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Waralaba

Tentu Anda bisa menggunakan kedua-duanya sekaligus sebagai usaha menjangkau konsumen lebih luas lagi. Misal, dari social media Anda dapat mempromosikannya keluarga, keluarga, maupun kenalan Anda untuk menjadi target konsumen Anda.

Biasanya produk yang akan Anda deskripsikan tidak dapat memuat informasi yang spesifik, hal ini karena social media tetap memiliki fungsi utama sebagai media sosial untuk berkomunikasi. Fitur seperti share status seperti dalam Whatsapp, Instagram, dan Line bisa Anda gunakan untuk menyebarluaskan produk Anda.

Terdapat fitur yang fungsional dalam platform Instagram seperti post photo di wilayah beranda. Saat ini, Instagram juga mengembangkan fitur lanjutan pada akun bisnis pada laman tersedia. Hal ini juga bisa menjadi salah satu kemudahan bagi Anda yang ingin menghubungkan produk dengan konsumen.

Dengan mendaftarkan produk Anda di Evermos, Anda akan terbantu secara otomatis dalam usaha pemasaran. Kenapa tidak, setelah resmi mendaftar, Anda tidak akan sendirian dalam mempromosikan produk Anda.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Mau tahu seperti apa info lengkapnya? Daftar sekarang juga dapatkan keuntungan berbisnis dan kemudahannya!

2. Riset Kebutuhan pasar

Cara Memasarkan Produk Secara Online

Sumber: pexels.com

Setelah Anda memahami bagaimana cara kerja sebuah platform baik itu social media atau marketplace yang unggul sebagai lokasi pemasaran Anda, selanjutnya untuk mengembangkan potensi produk Anda melalui analisis.

Coba dengan mengamati pasar Anda terlebih dahulu, serta aktif mencari tahu kebutuhan yang belum terpenuhi dengan memberikan solusi dari produk Anda. Anda bisa melakukannya kepada calon pembeli secara offline maupun online.

Jika melalui offline misal dengan kerabat, berikan pertanyaan mengenai produk jenis apa yang ia butuhkan. Jika itu makanan, jelaskan pernyataan lebih menyukai segi kuantitas atau kualitas. Tentu jika pilihanya adalah kedua-duanya maka lebih bagus lagi.

Adapun cara online dengan memberikan survei online, wawancara online maupun kuesioner yang bisa Anda sisipkan pada profil blog, atau social media. Intinya Anda bisa tetap menjalankan riset pasar dengan lancar dan aman

Termasuk lokasi pasar Anda, memasarkan produk secara online berarti memilih platform yang dapat memberikan Anda selain rezeki, juga keberkahan di dalamnya.

Contohnya, mendaftarkan diri sebagai reseller di Evermos serta menyimpan produk Anda agar bisa seluas mungkin tersebar di seluruh Indonesia. Jangan khawatir sebab teman-teman reseller Evermos siap membantu Anda.

Jangan lewatkan kesempatan yang luar biasa ini sekarang juga! 

Kemudian, pentingnya untuk memahami segmen pasar. Sebab, contohnya jika Anda menyediakan produk hijab sementara segmen pasar Anda rata-rata berjenis kelamin laki-laki  maka bukanlah pilihan produk yang tepat.

Pergunakan waktu Anda dengan sebaik-baiknya melakukan riset segmen pasar yang Anda tentukan. Sesekali dengan mengamati kompetitor, Anda akan dapat melihat potensi yang bagus dari keunggulan produk Anda.

3. Promosikan melalui blog pribadi atau Website

Cara Memasarkan Produk Secara Online

Sumber: pexels.com

Pada poin sebelumnya, Anda sudah mengetahui hebatnya cara kerja pemasaran digital saat ini. Saatnya untuk mengerahkan potensi Anda untuk mempromosikan produk melalui blog pribadi atau website Anda.

Baca Juga:  20 Usaha Dengan Modal Internet Yang Mudah Untuk Dijalankan

Selain beberapa platform digital yang dapat membantu pemasaran produk Anda. Terbukalah pada peluang lainnya seperti di laman forum jual-beli, website-website yang ramai kunjungan terkait penawaran produk. Serta, perhatikan rules dan patuhi  etika yang telah disepakati dalam forum tersebut.

Atur strategi pemasaranmu melalui blog pribadi dengan memuat informasi yang pasar butuhkan seperti katalog, spesifikasi dan keterangan lengkap mengenai produk, buat juga konten tulisan yang berhubungan dengan produk Anda. Dijamin akan tampil lebih menarik!

Yang tidak kalah pentingnya dalam langkah pemasaran produk secara online, pelajari dan pahami tools yang dapat menunjang penelusuran Anda lebih mudah ditemukan mesin pencari dengan teknik Search Engine Optimization.

Desain produk Anda semenarik mungkin, karena saat ini banyak platform yang memudahkan dalam hal mendesain sebuah produk juga katalognya. 

YUK, GABUNG DISINI!

4. Promosi lewat Social Commerce Evermos

Cara Memasarkan Produk Secara Online

Sumber: evermos.com

Selanjutnya cara yang lebih mudah selain mempromosikannya lewat blog pribadi, social media Anda juga bisa mendaftarkan produk atau brand Anda melalui aplikasi Evermos. Masih belum tahu cara kerjanya seperti apa? Wajib tahu dengan baca artikel berikut sampai habis, ya. 

Adanya marketplace yang memang mengusung konsep pasar online dapat memudahkan Anda dalam pemasaran online. Selain detil yang ditampilkan tampak lebih baik dan laman yang cocok untuk memuat produk, serta tersedia juga fitur chat untuk menjangkau konsumen.

Salah satunya adalah social commerce Evermos. Setelah Anda mendaftarkan diri sebagai reseller, kemudian lanjut untuk memasukkan produk Anda kepada Evermos. Tenang saja, para reseller yang aktif kemudian akan melihat produknya apabila ada yang tertarik, selanjutnya tinggal melakukan transaksi pembelian.

Sebagai social commerce pertama di Indonesia, bagi Anda yang masih pusing memikirkan modal, juga tidak perlu khawatir karena dengan Rp0 saja Anda bisa bergabung secara GRATIS dan bisa berikhtiar bersama reseller Evermos lainnya.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari komisi produk dari hasil transaksi yang Anda lakukan. Mulai dari 10% hingga komisi 35% bisa Anda dapatkan dengan berikhtiar, lho.

Untuk hal promosi produk, Evermos juga menyediakan link yang bisa Anda buat untuk langsung menuju tampilan toko anda lewat toko berikhtiar, jadi lebih simpel kan?

Mengenai masalah strategi marketing, bingung bagaimana caranya untuk mendapatkan pelanggan, dan hal teknis lainnya tentu ada kesempatan luar biasa bagi Anda, karena akan mendapatkan bimbingan serta pelatihan yang tidak akan membuat waktu Anda sia-sia. Tertarik?

daftar reseller evermos gratis

Selain itu ada banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah
Baca Juga:  9 Ide Peluang Usaha Bisnis Online Modal Kecil Yang Menjanjikan

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

5. Meminta Testimoni kepada pelanggan

Dalam strategi marketing, biasanya terdapat konsumen yang ingin meyakinkan dirinya melalui testimoni produk.

Anda juga bisa menggunakan strategi ini dengan meminta testimoni kepada pembeli produk Anda, untuk kemudian bisa Anda unggah sebagai salah satu keberhasilan produk Anda. 

Apalagi jika Anda memiliki akun bisnis atau akun usaha Anda, sangat memungkinkan untuk menggaet pembeli melalui testimoni yang Anda hadirkan dalam timeline.

Misalnya setelah konsumen mendapatkan produk, kemudian menggunakan produk Anda mintalah untuk mereview produk Anda dari segala sisi dan pernyataan yang positif.

Ingat, pembeli adalah raja maka Anda harus memperhatikan kenyamanan pelanggan. Mematuhi kaidah etika yang sesuai ketika berinteraksi dengan pembeli. Menghargai satu sama lain sebagai status penjual dan pembeli.

Selalu gunakan setiap saran dan masukan, bersikap terbuka terhadap kritikan juga membangun mental Anda untuk lebih siap bersaing dalam dunia usaha. 

Jangan pernah sungkan dalam memberi gambaran maupun hasil testimoni produk dan selalu utamakan kejujuran dalam produk yang Anda tawarkan, karena ini semua merupakan hasil kerja keras Anda yang tidak akan mendapatkan hasil sia-sia!

6. Ajak teman atau kenalan untuk menjadi reseller

Langkah yang dapat membantu memasarkan produk Anda secara online kemudian adalah dengan mengajak keluarga, teman dan bahkan kenalan Anda turut mempromosikan produk andalan Anda. 

Melalui Evermos, siapa saja bisa menjadi reseller untuk produk semua toko yang tersebar dalam aplikasi Evermos.  Tidak perlu ragu dengan biaya, sebab melakukan pendaftaran sebagai reseller di Evermos cukup mudah dan Anda tidak akan terkena biaya sepeser pun!

MULAI JUALAN SEKARANG

Bisa melalui katalog produk pada toko berikhtiar, biarkan konsumen Anda untuk memilih produk yang selanjutnya ia butuhkan.

Lakukan transaksi pembelian, dan raih komisi dari hasil penjualan produk tersebut. Ternyata berikhtiar itu mudah, kan?

7. Selalu Tawakal Usai Melakukan Ikhtiar 

Cara Memasarkan Produk Secara Online

Sumber: pexels.com

Setelah Anda sudah berikhtiar dengan maksimal, selanjutnya serahkan saja kepada Maha Pemilik Urusan. Yang pastinya, dengan mencharge kembali keimanan Anda dengan  beribadah, berdoa yang terbaik terhadap usaha yang Anda jalani.

Jangan lupa untuk berkasih sayang kepada sesama, untuk terus menjaga tali silaturahmi, menyisihkan sebagian harta Anda dengan melakukan sedekah. 

Karena sedekah selain memberikan banyak manfaat salah satunya menjadi amal jariyah Anda, akan mengarahkan Anda untuk selalu berfikir positif dan bersyukur dengan apa yang Anda miliki saat ini.

Percayakan urusan Anda kepada Yang Maha Kuasa, jangan lupa untuk melanjutkan kembali ikhtiar dan rencana usaha yang Anda jalani agar berhasil. 

Demikian informasi mengenai cara melakukan pemasaran produk secara online terbaru. Nantikan artikel menarik lainnya setiap hari dengan mengunjungi blog Evermos.

Mari satukan potensi usaha dan berdayakan ekonomi umat bersama dengan daftar di Evermos!

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×