7 Tips Buka Usaha Bimbingan Belajar di Rumah | Gampang!

Bimbingan Belajar di Rumah

Intip tips jitu membuka usaha bimbingan belajar di rumah berikut ini. Pas banget untuk Anda yang senang mengajar dan ingin membuka bisnis usaha di bidang edukasi!

Ingin mencari Salah satu usaha yang bisa Anda jalankan itu rumah yaitu jasa bimbingan belajar.

Bisnis rumahan yang satu ini cukup menjanjikan terutama jika Anda mengetahui tujuan bisnis bimbingan belajar di rumah.

Berikut ini akan kami sajikan 7 tips membuka usaha bimbingan belajar di rumah yang Anda jalankan.

1. Membuat Sesuatu yang Unik

Bimbingan Belajar di Rumah

Sumber Gambar: Pexels.com

Anda membuka usaha bimbingan belajar di rumah tentunya punya keunikan tersendiri yang mana keunikan tersebut tidak dimiliki oleh jasa les privat yang lainnya.

Misalnya dengan memberikan beberapa trik jitu dalam memecahkan soal secara cepat dan juga mudah.

Biasanya cara tersebut sering digunakan oleh usaha bimbingan belajar.

Maka dari itu Anda juga harus memberikan cara lain yang lebih cepat dan lebih mudah dalam menyelesaikan setiap soal mata pelajaran.

Selain itu Anda juga bisa menerapkan cara belajar yang menyenangkan untuk anak didik Anda atau disebut dengan revolusi cara belajar.

Misalnya dengan belajar yang menyenangkan atau learning is fun. Dengan demikian setiap mata pelajaran akan lebih dipahami dan dikuasai oleh mereka dengan lebih cepat dan tentunya tidak membosankan.

2. Menyediakan Berbagai Macam Pilihan Bimbingan Belajar di Rumah

Bimbingan Belajar di Rumah

Sumber Gambar: Pexels.com

Tips membuka usaha bimbingan belajar di rumah yang selanjutnya yaitu dengan menyediakan berbagai mata pelajaran untuk diperingatkan agar lebih lengkap dan tentunya lebih menarik.

Mulai dari bahasa Indonesia, matematika, kimia, fisika, agama, bahasa Inggris, IPA, IPS, musik, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi jika Anda masih permulaan maka bisa Anda awali dengan menyediakan les privat sesuai dengan yang Anda kuasai.

3. Menentukan Pangsa Pasar

Bimbingan Belajar di Rumah

Sumber Gambar: Pexels.com

Dalam bisnis bimbingan belajar di rumah ini penting untuk Anda perhatikan juga dalam menentukan pangsa pasar.

Hal tersebut bisa menentukan sukses atau tidaknya bisnis les privat yang sedang Anda jalankan di masa yang akan datang. Selain itu dengan menentukan pangsa pasar yang tepat juga bisa memudahkan Anda dalam melakukan promosi.

Ada beberapa pangsa pasar yang perlu Anda ketahui yaitu untuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, TK dan lain sebagainya.

Namum sebelum Anda memilih pangsa pasar semuanya yang mana butuh modal yang cukup besar dan juga sumber daya manusia yang banyak, maka Anda bisa memilih salah satunya terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Film Tentang Bisnis Yang Bisa Menginspirasi Para Pengusaha

4. Menentukan Konsep Usaha Bimbingan Belajar di Rumah

Bimbingan Belajar di Rumah

Sumber Gambar: Pexels.com

Dalam bisnis sampingan jasa les privat juga dapat konsep ya itu ada dua, konsep franchise atau waralaba dan konsep bisnis secara mandiri.

Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan Anda. Masing-masing konsep les privat punya kelebihan dan kekurangan sendiri.

Jika Anda menjalankan privat dengan konsep waralaba, maka Anda perlu modal yang lumayan besar.

Akan tetapi les privat dengan konsep waralaba juga punya kelebihan yaitu lebih mudah dalam memasarkannya.

Hal tersebut dikarenakan brand dari les privat waralaba sudah dikenal di kalangan masyarakat.

Sedangkan jika Anda membuka les privat dengan konsep mandiri tentu modalnya yang dibutuhkan lebih kecil.

5. Mempersiapkan Modal Usaha

Bimbingan Belajar di Rumah

Sumber Gambar: Pexels.com

Modal juga perlu Anda persiapkan untuk membuka bimbingan belajar di rumah.

Adapun rincian modal mendirikan les privat meliputi pembelian komputer atau laptop, sewa tempat strategis, gaji pengajar les privat, gaji karyawan administrasi dan lain sebagainya yang kisarannya mencapai 8 jutaan.

6. Persiapan Lokasi Usaha

Dalam memilih lokasi untuk membuka les privat, maka usahakan berada di lokasi yang strategis. Misalnya seperti di pinggir jalan yang mana akan banyak diketahui oleh orang yang lewat.

Meskipun Anda tidak harus menyewa tempat dan ingin menempatkan les privat di rumah, maka usahakan rumah Anda juga strategis misalnya seperti di dekat sekolahan ataupun di tempat strategis lainnya.

Sedangkan membuka usaha sampingan les privat di rumah juga lebih mudah hanya tinggal mempersiapkan tenaga pengajar dan juga modalnya saja.

Akan tetapi jika anda ingin usaha sampingan les privat Anda cepat berkembang dan sukses, maka tentunya Anda harus membukanya dengan membangun lokasi yang lebih besar mulai dari bangunannya dalam tentunya ruangannya.

Selain itu kelengkapan di dalamnya juga harus Anda perhatikan. Buatlah ruangan yang menyenangkan dengan dihiasi dekorasi yang menarik.

7. Mempersiapkan Proposal Usaha

Trik jitu bisnis sampingan jasa les privat yang terakhir yaitu Anda harus mempersiapkan proposal usaha.

Hal tersebut bertujuan supaya Anda bisa mendapatkan modal usaha yang cukup untuk membiayai bisnis les privat serta bisa memperluas pangsa pasar.

Nah, itulah 7 trik jitu bimbingan belajar di rumah les privat yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×