8 Amalan Bulan Rajab Tanggal 1 Sampai 10 dan Keutamaannya

Memasuki salah satu bulan haram dalam Islam, ada beberapa amalan bulan Rajab tanggal 1 sampai 10 dengan berbagai keutamaannya yang dapat umat Muslim amalkan.

Pada tahun 2024 ini, bulan Rajab jatuh pada tanggal 13 Januari 2024. Bulan yang juga disebut sebagai bulan penuh kemuliaan dan keagungan ini sangat pas untuk memperbanyak amal shalih.

Seperti tercantum dalam dalil berikut ini:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.”

Baca Juga: Inilah Bacaan Niat Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin Kamis

Keutamaan di Bulan Rajab dan Amalannya

Keutamaan Bulan Rajab dalam Islam 

amalan bulan rajab tanggal 1 sampai 10
Sumber: canva.com

Sebagai salah satu bulan haram yang dimuliakan, terdapat banyak keutamaan pada bulan Rajab. Bahkan, pada bulan ini umat Islam dilarang untuk melakukan peperangan.

Agar lebih mendalami ibadah pada bulan Rajab, mari pahami beberapa keutamaan bulan Rajab berikut ini:

  • Mendapatkan pahala yang berlipat ganda ketika beribadah.
  • Mendapatkan minuman yang nikmat dari sungai di surga bernama sungai Rajab.
  • Mendapatkan pengampunan dosa-dosa selama di dunia.
  • Bulan yang mustajab dikabulkannya doa seorang hamba.
  • Memperoleh ganjaran surga di akhirat dan dijauhkan dari pintu neraka.
  • Umat Muslim berlomba dalam melaksanakan amal sholeh dan melakukan kebaikan (amal ma’ruf nahi munkar).

Baca juga: Begini Cara Menggabungkan Niat Puasa Rajab dan Qadha Ramadhan.



Amalan Bulan Rajab Tanggal 1 Sampai 10 

amalan bulan rajab tanggal 1 sampai 10
Sumber: canva.com

Pada bulan Rajab, terdapat anjuran ibadah yang dikenal dengan amalan malam 10 Rajab. Sebab, 10 Hari pertama bulan Rajab dimaknai dengan waktunya memperbanyak amalan shalih.

Sementara pada tahun 2024, terhitung dari 13 Januari 2024 hingga 22 Januari 2024 merupakan 10 hari pertama di bulan Rajab 1445 H. Untuk itu, mari laksanakan beberapa amalan berikut: 

1. Puasa Sunnah Rajab Berturut-turut

Keutamaan puasa Rajab 1 sampai 10 hari yaitu mendapat pahala yang setara dengan satu bulan berpuasa. Selain itu, juga akan mendapatkan ganjaran surga dan dijauhkan dari pintu neraka.

Hukum dari puasa pada 10 hari pertama di bulan Rajab ini adalah sunnah, sehingga dapat dilakukan dari hari pertama maupun kedua dan seterusnya.

Jika melaksanakannya hanya 2-3 hari juga tak mengapa, sebab amalan berikut dianjurkan oleh Rasulullah ketika mengawali bulan Rajab.

Baca Juga : Apakah Boleh Puasa Rajab Dimulai Hari Ke 2? Ini Hukumnya!

2. Perbanyak Dzikir Bulan Rajab 10 Hari Pertama

Amalan berikutnya yaitu memperbanyak doa dan dzikir bulan Rajab 10 hari pertama, sebagaimana firman Allah SWT berikut ini:

“Mohonlah (berdoalah) kamu kepada Tuhanmu dengan cara merendahkan diri dan cara halus, bahwasannya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas; dan janganlah kamu berbuat kebinasaan di bumi (masyarakat) setelah la baik; dan mohonlah (berdoalah) kamu kepada Allah dengan rasa takut dan loba (sangat mengharap); bahwasannya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang-orang, yang ihsan (Iman kepada Allah dan berbuat kebajikan).”(Q. S. Al A’raaf: 55-56).

3. Membaca Doa Bulan Rajab Tanggal 1 Sampai 10

Amalan selanjutnya yaitu membaca doa bulan Rajab tanggal 1 sampai 10, dengan bacaan berikut ini: 

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma bariklana fi Rojaba wa Sya’baana wa ballighna Ramadhana.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami hingga bulan Ramadhan.”

4. Mengamalkan Bacaan Sayyidul Istighfar

Sayyidul istighfar dikenal sebagai raja segala doa dan penghulu istighfar sehingga sangat dianjurkan untuk membacanya. Berikut ini bacaan sayyidul istighfar untuk dibaca di bulan Rajab: 

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَىٰ عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ.

Alloohumma Anta Robbii laa ilaaha illaa Anta kholaqtanii wa anna ‘abduka wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, a’uudzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’ matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa-innahu laa yagfirudz-dzunuuba illa Anta.

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku atas ikatan janji melakukan perintah-Mu tidak kuasa. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku lakukan. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

5. Membaca Istighfar Rajab

Amalan malam 10 Rajab berikutnya adalah membaca istighfar Rajab. Bacaan ini menjadi salah satu amalan umat Muslim untuk sungguh-sungguh bertaubat kepada Allah SWT.

Kamu dapat membacanya di pagi atau sore hari sebanyak 70 kali dengan bacaan berikut ini:

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَتُبْ عَلَيَّ

Robbighfirlii watub ‘alayya. 

Artinya: “Tuhanku, ampunilah aku dan terimalah taubatku.”

6. Perbanyak Khazanah Islami

Bulan Rajab juga dapat diartikan sebagai bulan yang tepat untuk mempersiapkan kedatangan bulan Ramadhan.

Bulan Rajab ibarat bulan menanam, sedangkan Sya’ban bulan menyiram dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen.

Agar mencapai Ramadhan dengan selamat dan sukses mendekatkan diri dengan Allah ta’ala, seorang muslim perlu mengetahui ilmu dasar dan ilmu syar’i tentang ibadah itu sendiri.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk terus menerus memperbanyak khazanah Islami melalui berbagai media yang ada baik kepada teman yang shalih, lembaga, media sosial media dan sebagainya.

7. Bersedekah dan Tunaikan Zakat

Sedekah adalah salah satu amalan yang disukai oleh Allah SWT. Dengan bersedekah, ada banyak hikmah serta keutamaan yang bisa diraih oleh seorang muslim.

Dengan melakukan sedekah seorang muslim dapat mengerti bagaimana penderitaan saudara muslim lainnya yang sedang merasa kekurangan.

Muslim yang taat ketika melakukan bersedekah dirinya akan senantiasa mengharap ridha Allah SWT agar hanya Allah SWT saja yang membalas kebaikannya.

Dengan bersedekah juga dapat memperlancar rezeki, memperpanjang umur dan membuat harta menjadi lebih berkah.

8. Perbanyak Membaca Al-Quran dan Artinya

Al-Quran berisikan pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Ada banyak kandungan, berkah, dan makna yang terdapat dalam bacaan Al-Quran.

Sebagai muslim yang taat, memperbanyak bacaan Al-Quran di setiap waktu tentu saja bisa mendatangkan ketenangan, ketentraman jiwa, dan sebagainya.

Saat membaca Al-Quran bacalah dengan bacaan yang benar, tartil serta benar sesuai dengan makhrojul hurufnya dan dimaknai dengan sebenar-benarnya.

Baca juga: Keutamaan Puasa Rajab 3 Hari Berturut Turut Beserta Hadits dan Jadwalnya.

Itulah amalan bulan Rajab tanggal 1 sampai 10 yang patut muslim amalkan. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi hari-hari kamu!

Jika ingin membaca informasi menarik lainnya, silakan kunjungi Blog Evermos. 

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)