7 Doa Untuk Keluarga Agar Hidup Bahagia, Harmonis, dan Diberkahi

by admin
0 comment
Doa Untuk Keluarga

Apakah Anda ingin memiliki sebuah keluarga yang bahagia dunia akhirat? Kumpulan doa untuk keluarga berikut ini bisa Anda amalkan sehari-hari.

Makna sebuah keluarga bagi setiap individu tentunya berbeda-beda. Keluarga adalah tempat untuk berpulang, suport system, harta yang paling berharga, dan lain sebagainya.

Apapun itu maknanya, tentunya semua orang selalu menginginkan sebuah keluarga yang bahagia.

Dalam ajaran agama islam pun selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu memanjatkan doa untuk keluarga agar bahagia dunia akhirat, harmonis, dan selalu dipenuhi dengan berkah.

Sebuah keluarga adalah sebuah kesatuan terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang terkumpul dan tinggal dalam satu ruang lingkup rumah, dimana setiap individu yang memiliki ketergantungan antara satu sama lainnya.

Sementara dalam agama Islam, kelurga memiliki arti yang penting yakni bagian dari sebuah masyarakat islam dan di dalam keluargalah seseorang belajar untuk mengenal agama islam sejak masih kecil.

Sebuah keluarga terbentuk karena ikatan darah (orang tua dengan anak, dan sebagainya) dan ikatan pernikahan (antara suami dengan istri dan mertua, dan lain sebagainya).

Selain itu, keluarga juga dapat terbentuk karena alasan lainnya seperti mengangkat seorang anak.

Mengapa Anjuran Berdoa untuk Keluarga itu Penting?

Doa Untuk Keluarga

Sumber Gambar: Pixbay

Mengutip dari NU Online, sebuah doa adalah harapan yang disandarkan kepada Allah. Di dalam kehidupan sehari-hari, orang yang memanjatkan doa kepada Allah dengan tujuan untuk memohon suatu perlindungan agar selalu terhindar dan dijauhkan dari hal negatif atau buruk tidak menimpa dirinya. Atau juga ia menghendaki agar selalu dijauhkan dari suatu kondisi untuk mencapai kondisi sebaliknya yang positif dan bermanfaat.

Sebagai suatu keluarg haruslah bersikap saling menyayangi, melindungi, dan mendoakan agar selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Dengan begitu, akan menjadikan keluarga kita yang sakinah, mawaddah, dan warohmah.

7 Doa untuk Keluarga agar bahagia, Harmonis dan Selalu Diberkahi

1. Doa untuk Keluarga agar Selalu Dilimpahi Kasih Sayang

Agar keluarga selalu tetap utuh dan harmonis tentunya membutuhkan asupan kasih sayang antara anggota keluarga.

Oleh karena itu, kasih saying antara sesama anggota keluarga menjadi faktor yang amat sangatlah penting untuk ditanam dan dipupuk terus menerus.

Berikut ini adalah doa agar selalu dilimpahi kasih sayang agar rumah tangga selalu diberikan kebahagiaan:

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

Artinya: “Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.” (QS. Taha ayat 9).

2. Doa Menjadi Keluarga yang Sakinah

Berikut ini adalah doa agar menjadi keluarga yang sakinah:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al Furqan ayat 74).

Melalui doa tersebut, kita memohon dan meminta kepada Allah SWT agar dijadikan pasangan suami istri dengan keluarga yang sakinah.

Salah satunya melalui kahadiran keturunan yang menjadi anugerah dan penyenang hati.

3. Doa untuk Keluarga yang Bahagia Dunia dan Akhirat

Kebahagiaan keluarga yang datang dari pasangan suami istri terbaik dapat menular dan menjadi bekal untuk menciptakan kebahagiaan keluarga yang lebih besar.

Untuk tambahan, Anda bisa memanjatkan doa bagi kebahagiaan dunia dan akhirat berikut ini:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari azab api neraka.” (QS. Al-Baqarah ayat 201)

4. Doa untuk Keluarga agar Selalu Diberikan Ketenangan

Untuk mendapatkan ketenangan, ada baiknya semua keluarga diwajibkan untuk selalu mengingat dan memohon kepada Allah SWT.

Dan jangan lupa untuk selalu berzikir menyebut nama-Nya karena ini merupakan salah satu sumber ketenangan dalam hidup.

Doa untuk keluarga berikut ini bisa Anda lafalkan agar selalu diberi ketenangan:

الّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu“.

5. Doa untuk Keluarga agar selamat dunia dan Akhirat

Selain doa untuk meminta kebahagiaan dunia akhirat, ada juga doa yang dapat Anda panjatkan agar selalu mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat bagi seluruh anggota keluarga Anda.

Berikut ini adalah doa untuk keluarga agar selalu diberikan keselamatan dunia dan akhirat:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, keberkahan rezeki, limpahan ilmu, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut, Mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

6. Doa untuk Kedua Orang Tua

Bukan hanya kedua orang tua yang memohon kebaikan bagi anggota keluarganya.

Namu sebaliknya, sebagai seorang anak kita juga bisa memohon untuk selalu diberikan limpahan kebahagiaan untuk kedua orang tua kita.

Anda bisa memohon untuk keberkahan dan kebahagiaan kedua orang tua dengan melafalkan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Artinya: “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

7. Doa agar Dikaruniai Sebuah Keluarga yang Rajin Beribadah

Doa untuk keluarga yang terakhir ini dipanjatkan agar seluruh keluarga selalu diberikan kekuatan dan niat serta tekad yang kuat untuk lebih rajin beribadah sholat.

Berikut ini doanya: 

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.“

Makna dari doa tersebut sangatlah penting karena dapat menjadikan anak kita untuk selalu memiliki kesadarann beribadah kepada Allah SWT, terutama sholat lima waktu.

Semoga artikel ini dapat memberika manfaat bagi Anda beserta keluarga di rumah.

Daripada disimpan dan dibaca sendirian, lebih baik bagikan artikel ini ke teman, saudara, atau media social yuk. Agar semakin banyak orang yang tau dan menjadi manfaat positif untuk kedepannya.

Jangan lupa simak informasi menarik lainnya di Blog Evermos ya.

You may also like