Home » Ikuti 5 Tips Membangun Bisnis Franchise Makanan yang Menjanjikan

Ikuti 5 Tips Membangun Bisnis Franchise Makanan yang Menjanjikan

by Risma Novianti
0 comment

Ingin menjalani bisnis franchise makanan yang menjanjikan? Anda harus ketahui terlebih dahulu tips untuk membangun bisnis  franchise ini.

Franchise makanan merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Hal ini dikarenakan dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda sudah memiliki merek yang dipercaya banyak orang dan tidak perlu melakukan branding.

Maka dari itu, sangat wajar jika bisnis franchise banyak diminati oleh yang profesional atau pemula.

Bagi Anda yang berminat membuka bisnis ini, simak tips membangun bisnis franchise makanan yang menjanjikan pada ulasan artikel berikut.

Baca juga: Teruji! 5 Tips Sukses Menjalankan Usaha Sampingan Franchise

Tips Membangun Bisnis Franchise Makanan

1. Memilih Waralaba yang Banyak Outlet

Franchise Makanan

Sumber: pexels.com

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih waralaba yang sudah populer. Waralaba yang populer biasanya telah memiliki banyak outlet yang dibangun di berbagai tempat.

Hal tersebut menjadi bukti jika makanan yang disediakan disukai oleh banyak orang, sehingga peluang untung semakin besar.

2. Membuat Rencana Dagang yang Detail

Franchise Makanan

Sumber: pexels.com

Setelah memilih waralaba, Anda harus membuat rencana dagang atau jualan yang detail terlebih dahulu sebelum memulai usaha.

Hal yang patut direncanakan juga adalah dari segi modal. Pastikan modal yang Anda keluarkan dapat mencukupi untuk kebutuhan usaha franchise makanan ini.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah rencana dari segi pengangkatan pekerja atau pegawai. Usaha franchise makanan tentu saja tidak bisa dikerjakan oleh sendiri.

Nah, maka dari itu, pemilihan pegawai yang berkualitas perlu direncanakan secara matang dan sebaik mungkin sebelum Anda memulai usaha.

3. Mempelajari Ketentuan Kerjasama dan Pilih yang Menguntungkan

Franchise Makanan

Sumber: pexels.com

Langkah selanjutnya adalah mempelajari ketentuan kerjasama dengan pihak franchiser. Banyak sekali perusahaan yang ingin bekerjasama dengan pihak franchiser.

Karena bagi mereka, inilah peluang besar untuk melebarkan sayap jaringan. Nah, bagi franchiser itu sendiri seharusnya tidak asal menerima ajakan produsen.

Harus memastikan terlebih dahulu ketentuannya seperti apa dan pastikan memang menguntungkan bagi Anda.

Jadi, Anda mesti mempelajari ketentuan yang ditawarkan oleh pemilik waralaba, baik dari segi royalty, produk makanan yang akan dijual, masa waktu kerjasama dan lain sebagainya.

Jika dirasa ada keuntungan yang besar dari ketentuan kerjasama tersebut serta produk makanan juga disukai banyak orang, tidak ada salahnya untuk melakukan kesepakatan.

Baca juga: 8 Daftar Bisnis Franchise Paling Menguntungkan di Indonesia Tahun 2020

4. Memilih Waralaba Sesuai dengan Modal Awal

Franchise Makanan

Sumber: pexels.com

Hal yang wajar jika siapapun ingin berbisnis franchise makanan dan bekerjasama dengan perusahaan kuliner yang populer.

Karena nama yang besar atau populer tentu bisa mengangkat sebuah produk, sehingga brand makanan akan lebih dikenal oleh konsumen.

Namun terkadang ada perusahaan waralaba dengan kelas tinggi yang mematok harga produknya juga cukup tinggi. Sehingga pihak franchiser harus berpikir berkali-kali ketika modal tidak cukup untuk memesannya.

Maka dari itu, pilihlah waralaba yang memang sesuai dengan modal usaha yang Anda miliki.

5. Memilih Produk Kuliner yang Memang Bagus

Franchise Makanan

Sumber: pexels.com

Tips yang terakhir adalah memilih produk kuliner yang memang bagus. Salah satu cirinya adalah yang merek atau brand-nya dikenal banyak orang dan sudah memiliki pelanggan.

Saat ini ada banyak sekali produk untuk franchise makanan yang terlaris. Modal untuk mendapatkannya juga tidak terlalu besar. Beberapa franchise makanan tersebut adalah dunkin donuts, sabana friend chicken, martabak san fransisco dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk membangun usaha franchise makanan. Tips di atas bisa Anda ikuti dan perlu juga untuk melakukan survey mendalam sebelum menjatuhkan pilihan.

Perlu Anda ingat lagi bahwa bisnis franchise biasanya memiliki peluang sukses yang lebih cepat karena modal yang dikeluarkan juga terukur. Pasokan sumber daya dan strategi pemasaran juga sudah matang dari franchisor.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menjalani bisnis franchise makanan? Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan dapat diterapkan pada bisnis yang akan Anda jalankan.

Anda bisa menemukan tips dan trick menarik lainnya pada artikel blog Evermos.

Related Posts