Ingin Usaha Anda Lancar? Pahami 5 Konsep Berbisnis Online dan Offline Berikut Ini!

Ingin usaha Anda lancar? Suatu keputusan yang tepat bagi Anda untuk memahami 5 konsep berbisnis online dan offline pada ulasan artikel berikut ini!

Membuat konsep bisnis sangatlah penting khususnya bagi Anda yang masih pemula dan ingin menjalankan bisnis.

Konsep bisnis merupakan suatu gagasan nyata dalam mewujudkan suatu usaha. Salah satu fungsi dari konsep bisnis adalah sebagai pedoman dalam menyusun rencana kerja untuk mencapai target dan tujuan dalam berbisnis.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Online di marketplace atau e-Commerce

Konsep Bisnis 

Saat ini, banyak orang yang berbisnis secara online maupun offline. Yang membedakannya adalah cara penjualannya. Bisnis online sudah pasti dalam penjualannya memanfaatkan media online, sedangkan bisnis offline lebih memanfaatkan suatu tempat seperti toko atau ruko.

Nah, tapi pada hakikatnya dalam membuat konsep bisnis untuk keduanya tentulah sama.

Berikut konsep bisnis online dan offline yang tepat bagi pemula. Baca artikel ini hingga tuntas ya!

Konsep Berbisnis Online dan Offline

1. Menentukan Nama Bisnis

Konsep Bisnis
Sumber: pexels.com

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai berbisnis ialah menentukan nama bisnis. Hal ini tentu sangatlah penting.

Untuk memilih nama bisnis sebaiknya Anda memilih nama brand sesuai dengan produk yang dijual. Tentu ada alasan mengapa Anda memilih nama tersebut.

Pastikan juga nama bisnis Anda mudah diingat dan unik. Hal tersebut dilakukan agar orang-orang semakin mudah untuk melakukan pencarian produk pada bisnis Anda.

Setelah produk Anda dikenal banyak orang, maka bisnis Anda memiliki peluang untuk sukses.

Ingin sukses berbisnis online? Yuk, coba gabung menjadi reseller Evermos. Peluang untuk mendapatkan keuntungan bisa Anda raih di sini!

daftar reseller evermos gratis

2. Menetapkan Tujuan Berbisnis

Konsep Bisnis
Sumber: pexels.com

Setiap orang memiliki tujuan berbeda dalam membangun bisnis. Hal ini bisa berupa visi dan misi bisnis yang Anda jalankan.

Dalam menetapkan tujuan bisnis, hendaknya meliputi tujuan utama yang ingin Anda raih dari bisnis yang akan Anda jalankan.

Jika ada tujuan maka akan lebih mudah menghasilkan apa yang diinginkan dalam berbisnis.

3. Melakukan Riset

Konsep Bisnis
Sumber: pexels.com

Bagi Anda yang ingin melakukan bisnis, riset sangatlah penting. Riset dilakukan untuk mengetahui tentang keadaan pasar, seperti siapa pesaing atau kompetitor Anda, bagaimana kondisi target pasar kelak.

Intinya Anda harus memahami mengenai pasar yang akan Anda masuki dalam berbisnis supaya bisa bersaing dan mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan.

Perlu Anda ingat juga bahwa melakukan riset ini dilakukan secara berkelanjutan agar bisnis Anda tetap bisa bertahan.

Baca juga: 6 Cara Menjadi Reseller Online Shop Tanpa Modal

4. Menentukan Target Pasar

Konsep Bisnis
Sumber: pexels.com

Bisnis Anda akan berkembang lebih pesat jika Anda tepat dalam menentukan target pasar. Target pasar akan membantu Anda untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan calon konsumen, dan memasarkan produk sesuai dengan kebiasaan mereka.

Untuk mengetahui target pasar, Anda harus terlebih dahulu menentukan segmentasinya seperti dari sisi biografi, demografi dan ekonomi.

Dengan menggunakan data yang tepat, maka Anda akan memiliki target pasar yang jelas.

Tentu saja lakukan analisa terhadap data tersebut sehingga Anda bisa mengambil keputusan untuk strategi pemasaran yang akan Anda gunakan.

Mau sukses dalam berbisnis online? Coba geluti bisnis online dengan menjadi reseller Evermos.

Anda berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

Klik gabung untuk daftar dan raih kesempatan untuk sukses dengan dengan berbisnis online.

Yuk, Gabung Disini!

5. Melakukan Analisa Keuangan

Konsep Bisnis
Sumber: pexels.com

Masalah keuangan merupakan salah satu kendala yang terjadi dalam berbisnis. Maka dari itu, melakukan analisa keuangan sangat penting bagi Anda yang termasuk pemula.

Anda jangan pernah menyepelekan masalah keuangan. Banyak orang yang gagal dalam berbisnis hanya karena tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik.

Nah, Anda juga perlu memikirkan keuangan paling dasar dalam sebuah bisnis diantaranya mengalokasikan biaya untuk :

  • Produksi
  • Marketing
  • Sewa tempat untuk usaha (jika diperlukan)
  • Pengadaan alat untuk usaha
  • Transportasi
  • Menggaji pegawai (jika ada)

Anda juga harus menghitung berapa total keuntungan yang Anda dapatkan dari berbisnis. Hal ini sangat penting agar nanti Anda bisa mencari cara lain untuk mengembangkan bisnis.

Itulah beberapa konsep bisnis online dan offline yang harus Anda ketahui. Akan tetapi, saat ini sedang marak-maraknya bisnis online. Bahkan para pebisnis offline banyak yang beralih dengan cara karena sudah jamannya era digital.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online, salah satu bisnis online yang menguntungkan yaitu dengan menjadi reseller online.

Jika Anda tertarik menjadi reseller online, Anda bisa bergabung bersama Evermos.

Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda dengan klik di bawah ini untuk daftar menjadi reseller Evermos dan Anda bisa memulai untuk berjualan.

mulai jualan sekarang

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapatkan keuntungan yang besar dengan menjadi reseller hebat di Evermos!

 

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)