Nilainya Seperti Membaca Satu Surat, 2 Ayat Terakhir Al Baqarah Yuk Amalkan!

Pada minggu ini umat Muslim sedang menyambut kedatangan malam Lailatul Qadar. Malam yang mulia dan penuh ampunan menjadi sarana bagi Muslim untuk meningkatkan amal kebaikannya. Salah satunya dengan membaca ayat suci Al-Quran. Yaitu 2 ayat terakhir Al-Baqarah, lalu apa esensinya?

Surat Al-Baqarah kita kenal sebagai surat kedua setelah surat pembukaan yaitu Al-Fatihah dengan total 28 ayat.

Surat yang memiliki arti sapi betina ini juga disebutkan dalam hadist Rasulullah SAW karena terdapat keistimewaan bagi yang membaca 2 ayat terakhir Al-Baqarah.

Sebagai umat Muslim, tentunya saat Lailatul Qadar seperti ini kita memiliki anjuran untuk memperbanyak amal ibadah.

Tentunya sangat bisa untuk mencoba mengamalkan ayat ayat berikut ketika menjelang terlelap atau saat-saat itikaf.

Lalu apa saja yang termasuk ayat ayat tersebut serta bagaimana dalil anjuran dan keutamaannya yang bisa kita dapatkan? Simak terus sampai habis.

Ayat yang termasuk 2 ayat terakhir Al Baqarah

Sebagaimana sebelumnya telah dijelaskan dalam hadist, bagi Muslim yang mengamalkan dua ayat terakhir Al-Baqarah akan diberi kecukupan.

Tidak hanya kecukupan urusan dunia dan akhiratnya, ia juga akan dijauhkan dari gangguan dan penyakit.

Lalu apa saja 2 ayat terakhir Al Baqarah tersebut?

Ayat 285 dari Surat Al Baqarah

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Artinya: “Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.”

Ayat 286 dari Surat Al Baqarah

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Dalil Membaca Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

1. Hadits Riwayat Abu Umamah

اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ: الْبَقَرَةَ وَآلَ عِمْرَانَ؛ فَإِنَّهُمَا يَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ يُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ؛ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَاحَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

“Bacalah ‘dua tangkai bunga indah’, yakni surat al-Baqarah dan Ali ‘Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari Kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah surat al-Baqarah, sebab di dalamnya terdapat keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya.”

Dalam kitab Tafisr Ats Tsa’labi disebutkan bahwa ketika membaca Surat Al Baqarah dan Ali Imran pada Jum’at malam nanti di Hari Kiamat, ia mendapatkan dua sayap yang membuatnya terbang di atas Sirath. atau jembatan.

2. Hadist Riwayat Abu Mas’ud Al-Badri RA

Berikut hadist Rasulullah SAW, Dari Abu Mas’ud Al-Badri, Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya: “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808).

Mengutip dari rumaysho, ulama berpendapat bahwa siapa yang membaca 2 ayat terakhir Al Baqarah tersebut akan Allah berikan kecukupan urusan dunia dan akhirat serta dijauhkan dari kejelekan.

Selain itu, 2 ayat terakhir Al Baqarah ini juga bisa diamalkan sebagai pengganti dari berbagai dzikir.

Surah Al Baqarah, yang memiliki 6.221 kata dan 25.500 huruf dan diklasifikasikan sebagai Surah Madaniyah, surah Al-Qur’an yang diturunkan di Madinah. Surah Al Baqarah setidaknya memiliki dua nama lain, yaitu Fustatul Quran (puncak Al-Qur’an) dan Surah Alif Lam Min.

Namun, jika anda tidak sempat membaca seluruh ayat dalam Surat Al Baqarah, para ulama menganjurkan untuk membaca dua ayat terakhir. Kedua ayat ini memiliki sejumlah manfaat.

Setidaknya umat Islam yang membaca dua ayat terakhir Al Baqarah dilindungi dari godaan jin dan mendapat makanan yang cukup.

Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Al Baqarah

Lalu apa saja keutamaan membaca dua ayat tersebut?

Mengutip dari Buku Pegangan Doa dan Zikir Keselamatan Ratibul Haddad karya Ustaz Ahmad Zacky El-Syafa menyebutkan ada beberapa keutamaan ayat tersebut.

1. Sebagai gudang penyimpanan harta di bawah ‘Arasy

Keutamaan pertama, Rasulullah SAW menjelaskan beliau dianugerahi penutup surat Al-Baqarah sebagai gudang penyimpanan harta di bawah Arasy.

Hadist ini diriwayatkan oleh Ahmad.

2. Setan enggan mendekati rumah yang dibacakan Al Quran

Keutamaan kedua, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa rumah yang dibacakan ayat akhir surat Al Baqarah akan dapat keutamaan.

Yaitu setan tidak akan berani untuk mendekati rumah tersebut dan aman dari gangguannya.

3. Pahalanya sama dengan membaca satu surat penuh Al Baqarah

Keutamaan terakhir jika kita membaca dua ayat terakhir ini, yaitu mendapatkan nilai yang sama dengan membaca surat Al Baqarah secara penuh.

Hadist berikut di riwayatkan oleh Tirmidzi.

Sekian ulasan mengenai 2 ayat terakhir Al Baqarah, semoga dapat membantu anda.

Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui keutamaan dari berdoa dan membaca ayat Al-Quran.

Share this article kepada orang-orang terdekat yang membutuhkannya.

Lagi cari bisnis online hanya dengan modal HP saja? Yuk bergabung ke Evermos disini.

×