Zikir Pengantar Tidur yang Dapat Diajarkan Untuk Buah Hati

Sobat Evermos, berdzikir adalah suatu aktivitas ibadah untuk mengingat Allah SWT sebagai rasa bersyukur. Dzikir atau zikir dapat dilakukan kapan saja sesuai adab Islam. Sudahkah Anda mengetahui bahwasanya sebelum tidur terdapat zikir pengantar tidur?

Setiap orang membutuhkan waktu untuk beristirahat. Waktu istirahat yang tepat adalah ketika di malam hari, yaitu dengan tidur. 

Begitupula ketika Anda memiliki anak sebagai titipan Allah, maka anak perlu penjagaan dan perawatan yang tepat sesuai agama Islam.

Ketika hendak akan tidur, Islam memberikan tata cara atau adab sebelum tidur sehingga ketika tertidur nantinya kita akan bangun pagi dan merasa lebih segar.

Sebab, tidur juga merupakan jembatan antara kehidupan dan kematian seseorang.

Hal ini dijelaskan dalam firman Allah terdapat di surat Az-Zumar ayat 42.

اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا ۖ فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَىٰ عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَىٰ إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir.”  

Adab Sebelum Tidur Menurut Rasulullah SAW

Zikir Pengantar Tidur
Sumber: pexels.com

Sebelum berbicara tentang zikir pengantar tidur, sebaiknya Sobat Evermos mengetahui terlebih dahulu adab sebelum tidur.

Seperti yang dikatakan dalam firman Allah SWT, bahwa Allah-lah yang menghidupkan seseorang dan mematikannya maka kita memerlukan adab dan tata cara yang benar untuk tidur.

Berikut adalah adab tidur menurut Rasulullah SAW yang dapat kita amalkan sekaligus sebagai pembelajaran kepada sang Anak.

  • Berwudhu sebelum tidur, agar malaikat dapat mencatat amal kebaikan Anda. Malaikat akan memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang diperbuat oleh orang yang berwudhu sebelum tidurnya.
  • Tidur lebih awal, Rasulullah SAW membenci tidur malam sebelum sholat Isya dan berbincang-bincang tidak bermanfaat. Maka dari itu, tidur lebih awal dapat membuat kita bangun lebih awal.
  • Membaca doa tidur, karena aktivitas tidur membuat roh seseorang berada dalam genggamannya, dan kita tidak tahu apakah akan terbangun lagi atau tidak maka patut membaca doa sebelum tidur.
  • Posisi tidur miring ke kanan, Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk tidur dalam posisi miring ke kanan. Hal ini juga dapat berdampak baik bagi kesehatan terutama jantung.
  • Letakkan tangan kanan di bawah pipi kanan, sebelum membaca doa tidur ada baiknya kita menaruh tangan kanan di bawah pipi kanan sebagai bantal. Hal ini juga dilakukan oleh Rasulullah SAW.
  • Hindari tidur posisi tengkurap, posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur yang di murkai oleh Allah SAW. Maka dari itu jangan tidur dengan posisi tengkurap.
  • Mematikan lampu, jam biologis terjadi karena cahaya buatan atau lampu tidur. Jika berlebihan, memungkinkan terjadinya pembentukkan sel kanker. Maka dari itu, tidurlah dengan mematikan lampu.

Zikir Pengantar Tidur

Pada fase mendidik anak, pembiasaan adalah hal yang perlu dikuasai oleh sang orangtua.

Anak dapat tumbuh dengan cerdas, bijak, penyayang, penurut, dan mandiri tergantung bagaimana pola pengasuhan anak.

Sebagai langkah mengasuh dan mendidik anak dalam mengatur kegiatannya sehari-hari, anak perlu diajarkan untuk mengenal Tuhannya.

Dengan berdoa dan berdzikir, naluri mencintai anak kepada Tuhannya akan tumbuh berkembang dan menjadi lebih ingin tahu.

Yuk, kita ajarkan kepada sang anak bagaimana lantunan zikir pengantar tidur berikut.

  • Subhannallah,
  • Walhamdulillah,
  • La illaha Illallah, 
  • Allahu Akbar, 
  • La Quwwata illa billahil aliyyil adzim,

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca Arab dari zikir pengantar tidur berikut.

Zikir Pengantar Tidur
Sumber: google.com/bersosial

Dzikir dan doa untuk bayi rewel susah tidur

Sebagai orang tua atau calon orang tua nantinya yang akan dihadirkan sang buah hati, kita perlu mengajak sang anak untuk dapat berdoa.

Berikut adalah beberapa doa yang dapat dibaca sebagai pengantar tidur sang anak.

1. Baca Ayat Kursi

Salah satu keutamaan dari bacaan ayat kursi adalah termasuk dari sunnah Rasulullah SAW.

Hal ini juga dijelaskan dalam hadits berikut.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah ayat kursi, niscaya Allah SWT akan senantiasa menjagamu, dan setan tīdak akan mendekatimu hingga waktu pagi.” (HR. Imam Bukhrori)

Adapun bacaan ayat kursi adalah sebagai berikut.

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

2. Tiga Surat Pendek (Al-Falaq, Al-Ikhlas dan An-Naas)

Saat anak masih di usia belia, mengajarkan surat-surat pendek adalah keputusan yang tepat.

Latih daya ingat anak dengan membiasakan bacakan surat pendek.

Surat pendek dapat dimulai dari bacaan Al-Fatihah, al-falaq, al-ikhlas dan An-Nas.

Rasulullah SAW mencontohkan kepada umatnya untuk membaca ketiga surat tersebut sebelum tidur.

Saat membaca, tiupkan bacaan berikut kepada kedua telapak tangan.

Setelah itu mengusap kedua tangan tersebut ke wajah dan bagian tubuh yang dapat dijangkau. Hal ini dilakukan sebanyak tiga kali.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata; “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ‘Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ‘Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ‘Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR Bukhari no 5017)

Semoga dengan adanya tips berikut bisa menjadi pengasuhan yang baik bagi sang anak ya Sobat Evermos!

Demikian artikel Blog Evermos mengenai zikir pengantar tidur yang dapat Tim Evermos sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Butuh penghasilan tambahan? Bagi Anda yang ingin jualan online hanya dengan modal HP, sangat tepat untuk bergabung di Evermos.

Dapatkan penawaran yang menarik dan raih komisi penjualan hingga 35%! 

×