Wirausahawan dan Pengusaha Muslim, Wajib Memiliki Akhlak Ini!

Akhlak Yang Harus Dimiliki Wirausahawan dan Pengusaha Muslim – Sebagai orang Islam kita harus melaksanakan segala hal yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi segala larangannya.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang hamba yang di ridhoi oleh Allah adalah dengan bekerja untuk menghindari segala sesuatu yang haram.

Rezeki yang halal adalah rezeki yang datang dari Allah SWT, sedangkan rezeki yang haram pasti didapatkan hanya dari nafsu semata. Lalu apakah sulit seorang muslim mencari rezeki dengan cara yang halal?

Jika bertanya demikian maka jawabannya adalah sangat mudah. Allah akan membukakan jalan yang penuh rahmat kepada semua orang yang mau beriman kepada Allah, bahkan dengan rezeki yang halal hidup seseorang akan lebih tenang dan indah.

Bekerja apapun itu pangkatnya jika sesuai dengan jalan Allah pasti akan mendapatkan kesenangan di dunia maupun di akhirat.

Lalu jika seseorang menjadi seorang wirausahawan dan pengusaha muslim bagaimana cara yang tepat agar bisa sesuai dengan ajaran Allah?

Inilah Cara Menjadi Wirausahawan dan Pengusaha Muslim

Nah, jika kebetulan Anda adalah seorang wirausahawan dan pengusaha muslim yang sedang mencari jalan agar bisa sesuai dengan ajaran Allah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah tips tepat yang bisa membawa Anda menjadi seorang wirausahawan dan pengusaha muslim yang baik akhlaknya dan sesuai dengan petunjuk Allah.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut kami memiliki beberapa cara tepatnya!

1. Niat yang Benar

Menjadi seorang wirausahawan dan pengusaha muslim memang banyak sekali macamnya.

Apapun posisi pekerjaan Anda sekarang yang terpenting adalah adanya niat yang kuat. Niat yang kuat disertai benar adalah hal yang sangat mempengaruhi hasilnya.

Salah satu tujuan dari niat yang benar adalah untuk memberikan manfaat kepada diri sendiri dan juga orang lain, serta membangun sebuah pekerjaan dengan cara yang halal.

Perlu kita ketahui bahwa niat merupakan perdagangan orang-orang yang berilmu.

Jadi sebuah amal yang dilakukan seseorang bisa memiliki nilai yang berlipat jika pelakunya memiliki niat yang baik dalam menjalankannya.

Jika Anda wirausahawan dan pengusaha muslim milikilah niat yang kuat agar Allah memberikan jalan yang terbaik.

2. Akhlak yang mulia

Salah satu yang menjadikan sebuah usaha berhasil adalah akhlak yang mulia.

Baik akhlak terhadap sesame manusia maupun akhlak kepada Allah SWT. Seseorang yang memiliki akhlak yang mulia secara otomatis dalam berbisnis juga akan jujur, dapat dipercaya, dan bisa diandalkan.

Memiliki akhlak yang baik adalah sebagian dari iman, buahnya dari ibadah, dan jangan sampai dilanggar agar segala amal perbuatan tidak dihapus oleh Allah.

Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah, Rosululloh SAW bersabda : “Semoga Allah mencurahkan rahmatNya kepada seorang yang memiliki sikap mudah ketika menjual, membeli dan menagih hutang” ( HR Bukhari no 1970).

3. Berbisnis sesuai Aturan Allah

Selanjutnya adalah menjalankan segala bisnis sesuai dengan perintah dan aturan Allah.

Tidak semua barang, tidak semua perlakuan, dan tidak semua kesempatan yang ada adalahh jalan yang baik untuk berbisnis.

Ada beberapa jalan yang menjadikan seseorang jauh dari Allah karena berbisnis. Jadi berusahalah untuk berbisnis sesuai dengan aturan yang diberikan oleh Allah saja.

Sebagai contoh adalah jika Anda berbisnis sebuah makanan maka hal yang tidak boleh Anda jadikan bahan usaha adalah khamr, daging babi, bangkai, hewan yang diharamkan lainnya, makanan hasil curian, dan lain sebagainya.

meskipun pembeli tidak tahu akan rahasia yang Anda lakukan, namun Allah adalah dzat yang tahu akan segala sesuatu. Jadi jangan pernah Anda melanggarnya.

4. Menunaikan kewajiban

Akhlak yang harus dimiliki oleh wirausahawan dan pengusaha muslim lainnya adalah dengan menunaikan kewajiban dari sebagian harta yang telah didapatkan.

Perlu kita ketahui bahwa ada 3 golongan manusia yang akan menjadi musuh Allah pada hari kiamat diantaranya adalah :

  1. Seorang yang berjanji dengan menyebut nama Allah namun ternyata hanyalah berkhianat atau hanya mempermainkan janji tersebut
  2. Seseorang yang menjual orang merdeka lalu menikmati hasil penjualannya dengan senang
  3. Seseorang yang tidak memberikan gaji kepada pekerjanya padahal pekerjaan yang dilakukan pekerjanya sangatlah baik

Ciriciri pengusaha yang tidak sesuai dengan ajaran Allah diatas sangat tidak patut untuk dicontoh. Semoga kita tidak termasuk salah satu golongan yang disebut diatas.

5. Hindari riba atau bunga

Nah, ini adalah salah satu hal yang sangat sering dilakukan oleh wirausahawan dan pengusaha muslim.

Setiap pengusaha yang tidak mengenal agama pasti yang dipikirkan adalah bagaimana cara yang tepat agar dia bisa mendapatkan untung yang banyak. salah satu caranya adalah riba.

Padahal Allah sangat melarang hamba Nya berbisnis dengan riba.

Sebagaimana yang tertera dalam alquran yang intinya sebagai umat muslim kita tidak boleh mengambil jalan rezeki dengan cara riba.

Karena selain dilarang oleh Allah riba juga merugikan orang lain. seseorang yang melakukan perbuatan riba akan mendapatkan siksa dari Allah yang berat.

6. Komitmen

Menjadi seorang pengusaha pasti memiliki karyawan yang diatur bukan?

Nah, jika Anda memiliki komitmen yang kuat menjadi wirausahawan dan pengusaha muslim maka seluruh karyawan akan bekerja dengan baik dan sesuai dengan aturan.

Namun jika Anda sendiri tidak bisa mentaati peraturan yang telah ada maka tidak lama perusahaan Anda akan kehabisan karyawan.

Jadi akhlak pengusaha yang wajib dilakukan adalah menjaga komitmen sesama pekerja.

Nah, apakah Anda sebagai wirausahawan dan pengusaha muslim sudah melakukan tips diatas dalam bekerja?

Kita sebagai umat muslim memang disarankan agar selalu mengingatkan terhadap kebaikan kepada sesama muslim, jadi jika selama ini Anda masih kurang tepat dalam menjalankan bisnis mulailah untuk berbenah diri dari sekarang.

Semoga dengan berbisnis sesuai dengan aturan Allah, akhlak yang baik terhadap Allah, bisnis yang dilakukan menjadi bisnis yang barokah.

Sifat Wirausahawan dan Pengusaha muslim yang Berakhlak

Tahukah Anda sifat wirausahawan dan pengusaha muslim yang memiliki akhlak yang baik terhadap Allah? Diantaranya adalah :

  1. Taqwa dan tawakal
  2. Selalu berdzikir dan bersyukur terhadap segala pemberian Allah
  3. Memiliki pikiran yang positif
  4. Memiliki motivasi dan optimis
  5. Niat nya berbisnis adalah untuk beribadah kepada Tuhan
  6. Menjalankan pekerjaan sebagai wirausahawan dan pengusaha muslim sebagai amanah
  7. Mampu melayani orang lain dengan baik
  8. Tidak memberatkan karyawan dan baik terhadap sesama pekerja
  9. Ridho dengan ketentuan Tuhan

Nah, itulah ciri-ciri seorang muslim yang memiliki akhlak baik dalam melaksanakan amanah sebagai wirausahawan dan pengusaha muslim .

Ayo kita berlomba-lomba dalam kebaikan agar mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Jika masih banyak jalan yang baik untuk menuju kesuksesan mengapa susah-susah mengambil jalan yang buruk?

Mungkin sekian dulu artikel yang dapat kami informasikan kepada Anda pada kesempatan kali ini.

Semoga bermanfaat!

Demikianlah ulasan tentang menjadi wirausahawan dan pengusaha muslim. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda dan bisa menumbuhkan semangat juang di diri Anda untuk berikhtiar mencari rezeki yang halal.

Jika Anda mencari peluang usaha online tanpa modal, maka Anda bisa mencoba bergabung dengan Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel mengenai cwirausahawan dan pengusaha muslim. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×