Home » Wajib Tahu! 6 Cara Kerja Bisnis Online Agar Bisnis Anda Berkembang

Wajib Tahu! 6 Cara Kerja Bisnis Online Agar Bisnis Anda Berkembang

by Risma Novianti
0 comment

Ingin memulai berbisnis online tapi masih bingung dengan cara kerja bisnis online? Jangan khawatir! Pada artikel ini akan dijelaskan secara detail mengenai cara kerja bisnis online dan dampaknya akan menguntungkan untuk Anda.

Selain bekerja, banyak orang yang memutuskan untuk berbisnis online sebagai usaha sampingan. Bisnis online salah satu yang dipilih karena dinilai sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Pernyataan seperti itu belum tentu dirasakan oleh para pebisnis online. Nyatanya masih banyak yang belum mengenal cara kerja bisnis online, sehingga dampak yang dirasakan belum terlalu menguntungkan.

Makannya, simak artikel berikut ini hingga tuntas yaitu mengenai cara kerja bisnis online.

Baca juga: 10 Cara Bisnis Online Mulai Dari Nol Untuk Pemula

6 Cara Kerja Bisnis Online

1. Membangun Mindset yang Benar

Cara Kerja Bisnis Online

Sumber: pexels.com

Dalam melakukan sesuatu tentu perlu membangun mindset yang benar. Alasannya agar sesuatu yang kita tuju dapat terealisasi dengan baik.

Mindset yang benar ketika memutuskan untuk berbisnis online yaitu dapat menerima dalam berbagai macam keadaan.

Dalam melakukan bisnis online, ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Diantaranya keberhasilan, kegagalan, mendapatkan keuntungan maupun kerugian.

Seorang pebisnis sukses tidak serta merta langsung merasakan keberhasilan. Mereka pun pasti pernah merasakan kegagalan. Hanya saja mindset mereka dikelola secara benar.

Kenapa bisa berhasil? Karena ketika dihadapkan kegagalan, akan bangkit dan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan selama berbisnis online.

Mindset seperti itulah yang harus dimiliki oleh para pebisnis.

2. Menentukan Target Market

Cara Kerja Bisnis Online

Sumber: pexels.com

Cara kerja bisnis online berikutnya adalah menentukan target market. Kerapkali orang terlalu cepat memutuskan apa yang akan dijual. Tanpa menentukan terlebih dahulu siapa saja yang menjadi target marketnya.

Padahal point ini sangat penting sebelum melangkah pada cara yang berikutnya. Jika dalam penentuan target market saja tidak tepat, maka perkembangan bisnismu akan tidak jelas.

Maka disarankan bahkan diwajibkan bagi Anda menentukan target market sebelum menentukan produk yang akan dijual. Supaya Anda dapat memaksimalkan produk yang dijual sesuai target market.

Misalnya, target market Anda itu wanita millennials dengan usia kisaran 17-25 tahun-an. Berarti Anda bisa menjual produk sesuai kebutuhan mereka, seperti di bidang fashion.

Anda bisa menjual berbagai produk dari ujung kepala hingga ujung kaki pada bidang tersebut. Misalnya produk hijab, baju, celana, aksesoris, sepatu dengan berbagai macam model yang banyak diminati.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam menentukan target pasar, yaitu:

  • Demografi: data berupa usia, jenis kelamin, tempat tinggal hingga pekerjaan.
  • Minat: data berupa hobi atau pun hal yang disukai dari target pasar.
  • Perilaku: data berupa sosial media yang digunakan, smartphone yang digunakan dan lain-lain.
  • Goal: data berupa keinginan yang harus dipenuhi target pasar, biasanya ada masalah yang harus diberi solusi.

3. Menentukan Model Bisnis yang Tepat

Cara Kerja Bisnis Online

Sumber: pexels.com

Hasil dari penentuan target market yaitu dapat menentukan model bisnis yang tepat. Pastikan Anda telah menganalisis data dari target market dengan tepat, sehingga tidak salah dalam menentukan model bisnisnya.

Hal yang harus Anda tanamkan dari penentuan model bisnis yaitu nantinya dapat memberikan solusi dari permasalahan atau kebutuhan dari target market. Bukankah suatu produk yang sedang dibutuhkan akan cepat dicari?

Setelah konsumen mendapatkan produk Anda, pastikan pula akan ada manfaat atau kepuasan yang didapatkan. Begitupun dengan masalah yang sedang mereka hadapi, dapat segera diatasi.

Adapun beberapa macam model bisnis online yang bisa kamu lakukan diantaranya Digital Agency, Affiliate Marketing, Jualan Online, Konsultasi Online, Endorse, Advertising/Display Ads dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih model bisnis online tersebut, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Contohnya jika Anda memiliki kemampuan bermedia sosial, Anda bisa menjalankan bisnis Digital Agency.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Bisnis Online Tanpa Modal? Lakukan 6 Hal Penting Ini!

4. Menyiapkan Sebuah Produk/Layanan

Cara Kerja Bisnis Online

Sumber: pexels.com

Inilah yang akan diterima oleh calon konsumen Anda, bisa berupa produk atau jasa yang Anda jual. Apabila Anda ingin berjualan produk, maka yang harus dipersiapkan adalah membuat produk sendiri ataupun membeli produk dari orang lain kemudian menjualnya lagi.

Apabila Anda ingin membuka bisnis layanan jasa seperti Digital Agency, maka yang harus dipersiapkan adalah mencari client atau pelanggan yang ingin mengembangkan usahanya lewat media sosial. Client targetan Anda bisa para UMKM.

Anda bisa menyiapkan berbagai macam kebutuhan client, seperti membuatkan content di berbagai macam platform seperti Instagram, Facebook, Website dan lain-lain. Dengan begitu, client akan merasakan pertumbuhan bisnisnya dengan menggunakan jasa Digital Agency ini.

Untuk menjalankan Digital Agency, pastikan kamu memiliki partner karena pasti akan mengerjakan job pada berbagai bidang. Seperti ada bagian content creator, copywriter, designer, dan lain sebagainya.

5. Mempromosikan Melalui Berbagai Macam Platform Media Sosial

Cara Kerja Bisnis Online

Sumber: pexels.com

Tujuan dari membuat akun dan mempromosikannya melalui berbagai macam  platform media sosial ini adalah untuk memperluas jangkauan. Agar bisnis online Anda baik berupa produk atau layanan jasa dapat dikenal oleh target market.

Di dalam akun bisnis, Anda bisa menampilkan tentang produk atau jasa yang dijual. Pastikan tampilan atau isi dari akun bisnis Anda dibuat semenarik mungkin. Selain itu, Anda juga bsia membuat akun marketplace untuk menjual produkmu.

6. Mendatangkan Traffic

Cara Kerja Bisnis Online

Sumber: pexels.com

Bisnis online yang Anda jalani pasti ingin berkembang pesat, bukan? Semakin banyak orang yang menyukai produk/jasa Anda, otomatis traffic pada bisnis akan meningkat.

Sebenarnya cara mendatangkan traffic ada 2 macam, yaitu cara organik dan cara berbayar.  Cara organik berarti mendatangkan traffic secara alami alias tidak berbayar. Anda bisa menerapkan teknik SEO untuk cara organic ini.

Sedangkan cara berbayar sudah pasti menggunakan sejumlah uang untuk mendatangkan traffic. Anda bisa menggunakan  Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads.

Bagaimana sudah paham dengan cara kerja bisnis online di atas? Anda bisa lakukan cara kerja bisnis online tersebut dengan seoptimal mungkin agar bisnis online Anda dapat berkembang.

Nah, jika Anda tertarik untuk berbisnis online dengan berjualan berbagai produk sebagai reseller, bisa langsung daftar di Evermos! Dengan modal minim, Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil jualanmu.

Tunggu apalagi? Yuk, segera bergabung bersama Evermos untuk menjadi reseller hebat dalam berbisnis online!

Related Posts