6 Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian

Di masa pandemi seperti saat ini membuat orang-orang harus memutar otak dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya dengan coba usaha yang berhubungan dengan pertanian.

Usaha yang berhubungan dengan pertanian cukup berpotensi baik, mengingat masyarakat Indonesia kerap mengkonsumsi makanan dari hasil pertanian.

Sehingga dengan semakin banyaknya usaha yang berhubungan dengan pertanian yang subur dan tumbuh di suatu tempat, tentunya dapat bermanfaat banyak bagi sekitarnya.

Sebagai negara agraria yang banyak kekayaan alam, saatnya Anda memanfaatkannya dengan mencoba usaha yang berhubungan dengan pertanian.

Daftar Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian

 

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian
Sumber: pexels.com

Peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian saat ini peluangnya cukup menjanjikan. Tidak ada salahnya untuk Anda coba. Sebelumnya inilah beberapa daftar usaha yang berhubungan dengan pertanian, simak artikel ini sampai habis, ya.

1. Jual Bibit Tanaman

Kebutuhan bahan pangan di masa pandemi saat ini tentunya menarik minat masyarakat untuk menikmati aktivitas berkebun.

Pasalnya, beberapa tanaman yang lazim menjadi bumbu dapur seperti tanaman cabai, selalu berada dalam permintaan tinggi setiap waktunya.

Nah, apalagi saat ini harga bahan pangan tersebut marak terjadi kenaikan, terlebih bagi IRT (Ibu Rumah Tangga) yang tidak mau mendapatkan rugi adakalanya mereka membutuhkan bibit-bibit tanaman tersebut.

Meski begitu Anda juga bisa mencoba untuk mensupply beberapa bibit tanaman sesuai hasil analisis pasar yang sedang membutuhkan saat ini. Tidak lupa untuk selalu mempromosikan produk-produk bibit yang Anda jual agar laris manis dipasaran melalui social commerce. 

YUK, GABUNG DISINI!

Salah satunya, bisa melalui aplikasi Evermos.

2. Jual Pupuk Tanaman

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian
Sumber: pexels.com

Selanjutnya Anda juga bisa untuk menjual produk jenis pupuk tanaman. 

Karena aktivitas berkebun cukup diminati oleh masyarakat selain dapat mengisi waktu luang, hasil tanaman yang tentunya bisa melimpah.

Anda bisa menyediakan pupuk tanaman yang berkualitas, karena setiap jenis tanaman dalam masa perawatannya membutuhkan pupuk yang tepat.

Tidak hanya di daerah perdesaan saja, akan tetapi menyediakan dan menjual pupuk tanaman juga mendapatkan permintaan yang lumayan dari kalangan perkotaan.

Sehingga, yang Anda butuhkan hanyalah sedikit modal dan keterampilan sederhana dalam marketing yang tidak lain tidak bukan bisa Anda dapatkan melalui bergabung bersama Evermos.

MULAI JUALAN SEKARANG

3. Budidaya Tanaman Obat dan Rempah

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian
Sumber: pexels.com

Meski terdengar asing, namun salah satu peluang berbisnis yang tidak kalah menggiurkan lainnya adalah budidaya tanaman obat dan rempah.

Memang sebagian besar dalam keterampilan berbisnis ini, Anda perlu memahami bagaimana mengolah dan mengesktrak tanaman obat tersebut menjadi tanaman herbal.

Obat dan rempah seperti jahe, kencur, lengkuas, lada pada dasarnya selalu memiliki permintaan yang tetap di pasaran. 

Selain harganya murah, bisa terjangkau oleh pembeli menjadi salah satu kelebihan dari budidaya ini. Anda perlu alat-alatnya seperti sekop, penyiram tanaman, polybag, pot, dll.

Yuk manfaatkan lahan perkarangan rumah agar tetap subur selain itu juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan Anda. Minat?

4. Usaha Tanaman Hidroponik

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian
Sumber: pexels.com

Ingin tahu bercocok tanaman dengan metode yang lebih baik sekaligus mendapatkan keuntungan lainnya? Maka metode menanam hidroponik ini jawabannya.

Selain karena hasil yang Anda peroleh lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan metode lainnya, sayuran yang dihasilkan jauh higenis serta laku untuk pasaran.

Keunggulannya yaitu tanpa menggunakan pestisida karena tanaman jenis hidroponik ini tidak akan mudah terserang hama.

Meski begitu, setidaknya Anda harus menyiapkan pasukan air yang cukup demi perawatan tanaman hidroponik ini, karena tidak membutuhkan lahan tanah yang cukup banyak. Praktis, kan?

Sehingga hasil tanaman yang Anda dapatkan jauh lebih bagus, harganya dapat bervariatif maupun bersaing dengan produk yang biasa Anda temukan di supermarket.

Usaha yang berhubungan dengan pertanian

5. Jual Tanaman Hias

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian
Sumber: pexels.com

Tentunya usaha yang satu ini sudah tidak lazim bahkan sejak sebelum musim pandemi.

Kegiatan berkebun juga bisa menjadi rutinitas yang menyenangkan, bahkan memiliki efek meningkatkan mood yang baik, yang selanjutnya juga bisa menjadi salah satu peluang Anda untuk jual tanaman hias.

Bagi Anda yang pemula dengan tanaman hias, Anda cukup mencoba untuk menyediakan beberapa tanaman yang tidak lazim Anda temukan dalam perkarangan rumah.

Misalnya seperti tanaman kaktus, lidah mertua, monstera, spider plant, pakis maupun tanaman lidah buaya.

Dalam perawatannya pun tidak membutuhkan biaya yang mahal, oleh karena itu usaha menjual tanaman hias seperti ini cocok bagi Anda yang memiliki minat dalam bidang pertanian atau perkebunan.

6. Jual Alat Perkebunan

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian
Sumber: pexels.com

Disamping Anda membuka usaha pertanian seperti diatas, Anda juga bisa untuk mencoba menyediakan alat-alat bercocok tanam.

Bermodalkan biaya, tentunya Anda tidak perlu pusing dalam memikirkan keterampilan atau skill untuk bercocok tanam dengan usaha yang satu ini.

Alat-alat yang bisa Anda jualkan misalnya seperti cangkul, sekop, pot tanaman, vas tanaman, hingga alat penyiram tanaman.

Itulah beberapa daftar usaha penghasil uang berhubungan pertanian yang Anda patut coba.

Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu ketika akan memulai usaha ini, karena setiap usaha yang akan dijalankan mesti memiliki perencanaan yang matang dan tepat.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Salah satunya dengan memiliki panduan-panduan mengenai strategi marketing yang wajib Anda ketahui, yang akan Anda pelajari bersama Evermos. 

Nah, udah siap untuk berbisnis ala rumahan di masa pandemi ini?

Raih kesempatan untuk mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah, bisnis yang bisa dijalankan kapan saja dan di mana saja.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Bisa jualan di Marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Jangan lewatkan artikel terbaru dari situs kami, selengkapnya di Blog Evermos

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)