Rekomendasi dan Cara Memulai Usaha yang Bagus untuk Pemula

Usaha yang bagus untuk pemula Mau buka bisnis tapi bingung harus mulai dari mana? Apa yang harus dipersiapkan? Tenang, artikel ini akan memberikan rekomendasi dan cara usaha yang bagus untuk pemula.

Memiliki bisnis sendiri memang impian semua orang, apalagi di era yang serba digital ini, kemudahan untuk membuka bisnis sangat besar.

Kemunculan berbagai macam aplikasi jual beli online dan semakin berkembanganya media sosial di Indonesia menjadi sesuatu yang memudahkan bagi siapapun yang ingin membuka bisnis secara online maupun offline.

Namun tak jarang banyak orang yang kebingungan dan tak tahu harus melakukan apa ketika akan membuka suatu usaha, apalagi bagi pemula.

Artikel ini akan membahas tuntas tentang rekomendasi dan cara usaha yang bagus untuk pemula.

Usaha yang Bagus untuk Pemula? Ini Rekomendasinya

usaha yang bagus untuk pemula
Sumber: pexels.com

Bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis, berikut ini adalah rekomendasi jualan atau usaha untuk pemula.

1. Makanan dan minuman

Anda bisa menjual produk makanan atau minuman yang sedang ramai digandrungi dan berpotensi untuk bertahan lama.

2. Produk kecantikan

Selain itu Anda juga bisa berjualan produk kecantikan. Tren glowing pada kulit saat ini adalah hal yang sedang ramai diperbincangkan, Anda bisa mencari peluang di sana.

3. Pakaian

Kemudian Anda bisa berjualan pakaian secara online, pilihlah jenis pakaian yang Anda ingin jual.

4. Alat rumah tangga

Produk lainnya yang bisa Anda jual adalah alat-alat rumah tangga atau perabotan. Itu menjadi peluang yang besar karena produk seperti ini yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

5. Jastip barang

Jika Anda sering berlibur atau sering berkunjung ke pusat perbelanjaan, tidak ada salahnya mengambil keuntungan dari bisnis ini. Anda bisa menawarkan produk seperti pakaian, makanan, aksesori, kosmetik, dekorasi furniture, atau barang lainnya.

Keuntungannya cukup besar, apalagi Anda mematok biaya jasa titip yang cukup besar untuk setiap barang yang ditawarkan. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis ini agar Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

6. Menjadi seorang freelance

Keahlian alias skill seperti desain grafis, content writing, content creation, web design, fotografi, dan sebagainya cukup diminati saat ini. Banyak orang membutuhkan keahlian Anda untuk bisnis, acara, atau kegiatan tertentu.

Modal usahanya juga tidak besar, apalagi bisnis ini dapat dilakukan di manapun secara fleksibel. Anda bisa mendapatkan keuntungan besar hanya bermodalkan skill yang dimiliki. Tingkatkan juga skill Anda agar makin mumpuni dan berpeluang mendapatkan lebih banyak proyek.

7. Mau Bisnis dari Rumah dan Tanpa Modal? Yuk Gabung Jadi Reseller Evermos!

Nah, bagi Anda para pemula dan ingin punya bisnis online tapi tak punya modal, tenang saja, jangan khawatir, karena ada Evermos!

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini, ya.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Itulah beberapa rekomendasi usaha yang bagus untuk pemula yang bisa Anda coba dari sekarang.

Bagaimana Cara Memulai Usaha yang Bagus untuk Pemula?

usaha yang bagus untuk pemula
Sumber: google.com/bersosial

Selain Anda mengetahui apa saja jenis usaha yang bagus untuk pemula, Anda juga perlu tahu bagaimana cara memulai bisnis dari nol.

Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika ingin membuka usaha dari nol sampai sukses:

1. Tentukan apa yang akan dijual

Sebelum berjalan lebih jauh, berangkatlah terlebih dahulu dengan menentukan apa yang akan Anda dijual.

Hal itu penting karena jika berjualan tanpa produk sama seperti melihat telinga sendiri tanpa cermin, mustahil.

Oleh karena itu Anda perlu menentukan produk apa yang harus Anda jual. Misalnya jual produk yang berkaitan dengan hobi Anda.

Karena sesuatu yang berangkat dari hobi akan berjalan dengan mudah dan menyenangkan. Selain itu Anda juga bisa riset apa yang sedang dibutuhkan orang saat itu dan masa nanti.

2. Cari tahu kompetitor yang akan dihadapi

Setelah menemukan dan menentukan produk yang akan dijual, cara memulai bisnis dari nol berikutnya adalah riset kompetitor.

Ini penting sekali, Anda bisa mencari apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan yang dari pesaing Anda.

Anda bisa mengadopsi apa yang menjadi keunggulan kompetitor, selain itu Anda bisa menggembangkan ide agar yang menjadi kelemahan pada kompetitor menjadi keliebihan pada produk Anda.

Oleh karena itu sangat penting sekali meriset calon pesaing yang akan dihadapi ketika memulai bisnis online.

3. Mencari pemasok produk

Setelah melakukan dua langkah di atas, Anda harus mencari pemasok barang yang akan Anda jual.

Carilah supplier yang cocok dan dapat diandalkan. Selain itu carilah pemasok yang harganya sesuai dengan harga jual Anda.

Karena jika Anda mencari supplier yang memasang harga cukup tinggi, maka keuntungan yang Anda dapatkan akan sangat tipis.

Oleh karena itu carilah pemasok yang harganya sesuai dengan harga jual di bisnis online Anda agar keuntungan yang didapatkan tidak terlalu kecil.

4. Buat merek sendiri dan memiliki ciri khas

Kemudian sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memiliki nama atau merek sendiri yang menjadi ciri khas atau ikonik pada bisnis Anda.

Cara  ini adalah senjata pamungkas selain kualitas barang. Merek yang akan Anda gunakan bisa berasal dari identitas diri atau sesuatu yang unik yang Anda sukai.

Selanjutnya perlu diingat juga nama yang Anda gunakan harus mudah diingat dan mudah diterima di telinga masyarakat agar melekat dalam kepala mereka.

Dengan begitu orang-orang akan mudah menemukan bisnis Anda dan kemungkinan besar akan mendatangkan banyak pelanggan.

5. Membuat akun media sosial dan toko online

Setelah menentukan produk, supplier, dan merek, maka Anda harus membuat akun media sosial dan toko online di marketplace sebagai identitas bisnis online Anda.

Ini menjadi penting, apalagi promosi yang dilakukan untuk jenis bisnis online dilakukan serba digital lewat media sosial.

Toko online pun sangat penting karena itu adalah tempat yang menjadi lapak produk yang Anda jual.

Bayangkan jika Anda tak memiliki media sosial dan toko online, mau promosi dan berinteraksi dengan pelanggan lewat apa?

6. Promosi

Berikutnya adalah melakukan promosi. Anda bisa melakukannya secara  gratis atau berbayar.

Promosi ini sangat penting karena bisnis online Anda butuh dikenal banyak orang, akun media sosial Anda perlu banyak pengikut, begitupun toko online yang Anda miliki.

Dengan melakukan promosi baik gratis maupun berbayar, itu akan mendatangkan pelanggan-pelanggan yang akan membeli produk Anda.

Maka jangan takut untuk membakar uang sebagai bentuk promosi, karena promosi berbayar lebih banyak mendatangkan pelanggan dibanding promosi secara gratis.

7. Pertahankan pelanggan

Jika Anda sudah melakukan semua cara di atas, yang harus Anda lakukan berikutnya adalah mempertahankan pelanggan.

Caranya dengan memberikan pelayanan yang baik, memberikan banyak promo dan diskon, serta memberikan banyak keuntungan bagi pelanggan.

Dengan begitu, maka bisnis online Anda akan sukses dan terus berkembang. Jangan lupa untuk selalu berinovasi dan berbenah diri. Jangan sampai puas diri jika sudah besar.

Jadi itulah beberapa rekomendasi dan cara memulai bisnis untuk pemula yang bisa Anda lakukan, semoga bermanfaat!

Kunjungi selalu situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya di sini.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)