Ingin Sukses Memulai Usaha Toko Baju? Yuk, Pahami Dulu 10 Tips Ini!

by Risma Novianti
0 comment
Usaha Toko Baju

Masih bingung dalam menentukan jenis bisnis yang akan kamu jalani? Yuk, buka usaha toko baju aja, bisa jadi peluang besar dalam menjalankan bisnis yang sukses.

Alasan mengapa buka usaha toko baju berpeluang besar yaitu dunia fashion yang selalu berkembang dari zaman ke zaman. Memang bidang fashion ini tidak ada matinya dan tak lekang oleh waktu. Jadi, suatu keputusan yang tepat jika kamu memilih buka usaha toko baju jika ingin meraih keuntungan yang fantastis.

Baca juga: 6 Cara Menjadi Reseller Online Shop Tanpa Modal

Nah, supaya bisnis toko bajumu sukses, alangkah baiknya kamu pahami dulu 10 tips ini ya!

  1. Menentukan Jenis Pakaian yang Akan Dijual

Usaha Toko Baju

Sumber: pexels.com

Kamu perlu memutuskan jenis pakaian apa yang akan dijual dan sesuaikan dengan target marketmu. Untuk bisa mengambil keputusan tersebut, kamu perlu melakukan survey terlebih dahulu ataupun mencari ide.

Cara untuk memperoleh ide tersebut yaitu memahami jenis pakaian yang sedang trend saat ini atau jenis pakaian yang laris di pasaran. Maka kamu harus memahami betul trend fashion seperti apa. Pastikan pakaian yang akan kamu jual nanti, banyak yang tertarik dan ingin memilikinya.

  1. Mempelajari Aneka Jenis Pakaian Beserta Bahannya

Usaha Toko Baju

Sumber: pexels.com

Sangat penting untuk mempelahari jenis kain atau bahan serta model pakaian yang akan kamu jual. Jika kamu kurang mengetahuinya dan suatu saat ketika sudah menjual salah mendeskripsikan barang, maka konsumenmu akan kecewa karena pakaian yang mereka pesan tidak sesuai dengan harapannya.

Kerapkali hal demikian terjadi jika membuka usaha toko baju secara online. Maka harus dipastikan kamu tidak melakukan kesalahan tersebut ya. Pelajarilah product knowledge sebaik mungkin.

  1. Mencari Supplier Bisnis Pakaian

Usaha Toko Baju

Sumber: pexels.com

Perlu dilakukan ketekunan untuk mencari supplier bisnis pakaian ini, sebaiknya cari supplier yang meyakinkan dan terpercaya. Supplier yang terpercaya yaitu yang mampu menjelaskan secara detail tentang barang dan pasti sudah terjamin juga kualitasnya.

  1. Menentukan Sistem Berjualan

Usaha Toko Baju

Sumber: pexels.com

Jika kamu seorang pemula dengan modal yang minim, maka kamu bisa berjualan sebagai dropshipper. Artinya hanya mempromosikan barang orang melalui namamu sendiri. Selain itu, kamu juga bisa memutuskan untuk menjadi reseller. Sebenarnya sistemnya sama-sama menjual barang. Akan tetapi reseller perlu melakukan stocking barang terlebih dahulu.

  1. Melakukan Branding

Usaha Toko Baju

Sumber: pexels.com

Kamu bisa memanfaatkan media sosial dalam melakukan branding. Tujuannya adalah untuk mempertahankan eksistensi bisnismu. Apalagi bisnis di bidang fashion ini terbilang cukup banyak. Maka persaingan pun akan semakin ketat. Jadi, fokuslah untuk meningkatkan branding pada bisnismu agar bisnismu tidak tenggelam.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Jika Ingin Sukses Bisnis Online Reseller

  1. Membuka Toko

Usaha Toko Baju

Sumber: pexels.com

Ketika modal kamu sudah dirasa mencukupi, maka sebaiknya mulailah untuk membuka  toko secara offline sebagai tempat transaksi lainnya. Pada saat membuka usaha toko baju, jangan lupa untuk memperhatikan desain interior yang menarik untuk menarik minat calon konsumen.

  1. Memperluas Bisnis Pakaian

Usaha Toko Baju

Sumber: pexels.com

Cara ini cukup efektif untuk mengembangkan bisnismu. Kamu bisa menentukan pilihan apakah akan menjadi distributor ataukah ingin memproduksi produk sendiri. Sebaiknya kamu bisa memproduksi sendiri karena akan lebih hemat dari segi biaya. Akan tetapi, semua keputusan berada ditanganmu.

  1. Melipatgandakan Profit (Keuntungan)

Usaha Toko Baju

Sumber: pexels.com

Dalam berbisnis yang diharapkan ingin dapat keuntungan, kan? Kamu bsia melipatgandakan keuntunganmu dengan membuka peluang untuk para reseller. Apabila kamu punya toko offline, maksimalkan juga ya. Pilihlah lokasi tokomu di tempat yang strategis.

  1. Menawarkan Promosi yang Menarik

Usaha Toko Baju

Sumber: pexels.com

Siapa sih yang tak suka promo atau diskon? Para calon konsumen pasti akan menyukainya dan menjadi moment yang ditunggu-tunggu untuk membeli suatu produk yang diinginkannya. Nah, untuk meningkatkan penjualanmu, kamu bisa menawarkan promosi yang menarik untuk produk baju yang dijual.

  1. Selalu Konsisten dan Up To Date

Usaha Toko Baju

Sumber: pexels.com

Kamu perlu konsisten dalam mempertahankan kualitas bisnismu. Karena kalau tidak konsisten akan berdampak buruk pada perkembangan bisnismu. Selain itu, kamu harus up to date mengikuti tren yang sedang hype untuk bisnis baju ini.

Nah, itulah 10 tips yang bisa kamu lakukan jika ingin sukses dalam membuka usaha toko baju. Jika kamu ingin mengembangkan bisnismu ataupun ingin menjadi reseller di bidang fashion, kamu bisa gabung bersama Evermos. Yuk, raih kesempatan untuk bisa sukses dalam berbisnis.

Dari banyaknya tips di atas, ada hal yang tidak kalah penting ketika memulai berbisnis yaitu jangan pernah menyerah dan terus bekerja keras. Nikmatilah prosesnya, karena proses tidak pernah mengkhianati hasil. Let’s trying and goodluck!

 

 

You may also like