8 Usaha Ternak Modal 300 Ribu dengan Untung Besar!

Ingin memiliki usaha yang untungnya berkali-kali lipat dengan modal ratusan ribu rupiah saja? Anda bisa coba usaha ternak modal 300 ribu, siap-siap raih omzet jutaan ya!

Apalagi sejak masa pandemi, usaha peternakan kerap menjadi incaran masyarakat guna mengatasi kerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Tidak perlu berlama-lama lagi, bagi Anda yang penasaran apa saja sih usaha ternak menguntungkan meski dengan modal 300 ribu rupiah saja, baca tuntas artikel ini sampai habis.

Daftar Ternak Usaha Dengan Modal 300 Ribu 

1. Ternak Ayam Modal Kecil

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Sumber: pexels.com

Yang pertama, adalah ternak ayam kampung. Jenis usaha ternak ini cocok dilakukan baik bagi Anda yang ingin memulai bisnis ternak pertama kali, sebab dengan modal yang irit Anda dapat berpenghasilan.

Ayam kampung memiliki pasar yang cukup tinggi, selain pakan ternaknya dapat terbuat dari pakan alami, dan terjangkau tetapi ayam kampung juga relatif aman untuk dikonsumsi.

Hal yang Anda butuhkan dalam usaha ternak ayam kampung dengan menyediakan tempat tinggal atau kandang yang cukup baik dan terawat. Kandang ayam yang Anda gunakan dapat terbuat dari bambu atau menyesuaikan dengan budget Anda.

Langkah awal untuk memulai budidaya ayam kampung dengan menempatkan banyaknya ayam betina daripada ayam jantan. Hal ini agar telur yang bisa ayam tersebut hasilkan berjumlah banyak.

Untuk perawatan ayam kampung, Anda bisa memberi pakan sebanyak 3 kali sehari dengan jenis pelet ayam, jagung giling atau jagung pipilan. 

Setelah ayam kampung betina melewati proses perkawinan dengan jantan, ayam betina setidaknya akan menetaskan telur secara alamiah dengan jangka waktu 25-35 hari.

Sementara jika Anda menggunakan penetasan secara manual dengan kotak lampu, maka akan menetas 10 hari lebih cepat. 

Untuk pendistribusiannya Anda juga bisa untuk mencari target konsumen yang biasa menjual telur secara grosir. Dengan begitu, cukup mudah bukan budidaya ayam kampung yang satu ini?

2. Ternak Ayam Broiler

Usaha Ternak Modal 300 Rib
Sumber: pexels.com

Membangun usaha ternak ayam potong memang cukup menggiurkan. Pasalnya, kebutuhan pasar makin meningkat setiap harinya, banyak yang mencarinya.

Tidak perlu khawatir dengan modal yang Anda miliki. Sebab, jika Anda memilki perencanaan yang tepat dan matang tentu bisa untuk membangun usaha ternak dari nol.

Memulai usaha ternak ayam broiler atau ayam potong, Anda bisa lakukan dengan skala yang kecil terlebih dahulu.

Anda bisa memulainya dengan membeli bibit ayam potong yang unggul dan menempatkannya pada kandang yang terbuat dari semi jaring, atau dengan membuat pagar dari kayu-kayu kecil selama ayam tersebut tetap aman.

Apalagi jika Anda memiliki wilayah perkarangan yang luas tentu tidak perlu khawatir lagi untuk memanfaatkannya sebagai tempat hidup si ayam broiler ini.

Sama halnya dengan perawatan ayam pada umumnya, jaga intensitas pemberian pakan dan perhatikan juga kondisi kesehatan ayam, ya!

Mau usaha yang lebih mudah lagi? 

Coba dengan mendaftarkan diri sebagai reseller di Evermos hanya dengan Rp0 saja! Tertarik?

DAFTAR DISINI SEKARANG

3. Ternak Ayam Petelur

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Sumber: pexels.com

Prospek usaha ayam petelur saat ini sangat luas. Alasannya sebagai bahan baku utama dari masak, pembuatan kue, untuk pengobatan juga menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini dengan memanfaatkan modal yang Anda miliki sebaik-baiknya.

Perlu untuk Anda ingat, jenis ayam petelur ini tergolong berbeda daripada ternak ayam jenis lainnya. Sebab, yang menjadi hasil produk dari ayam petelur adalah telurnya, bukan ayamnya sehingga Anda harus memperhatikan proses dan hasil dari ternak ini.

Belum tahu bagaimana cara memilih bibit unggul dari ayam petelur? Ini dia kiat-kiatnya dan simak baik baik.

  1. Ayam dalam kondisi sehat dan tidak cacat.
  2. Merupakan hasil anakan dari induk yang berkualitas baik.
  3. Pertumbuhan fisik ayam normal.
  4. Tidak memiliki kekurangan bulu atau sebagian.
  5. Bobot massa ayam ideal serta memiliki nafsu makan yang baik.

Anda harus memperhatikan dalam pemilihan bibit yang unggul, agar telur yang bisa ayam hasilkan berkualitas. Pilihan ras ayam petelur ini terbagi menjadi dua yaitu ayam ras putih dan ayam ras cokelat.

4. Modal Usaha Ternak Lele

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Sumber: pexels.com

Menjelang malam hari, banyak tukang pecel lele yang bisa Anda temui di jalanan. Kenapa tidak, kuliner Indonesia yang satu ini selalu laris di pasaran dan banyak peminatnya.

Harganya yang sangat terjangkau di pasaran, serta memiliki beragam manfaat gizi dan kesehatan membuat masyarakat tertarik untuk membelinya.

Daya tahan tubuhnya yang kuat dari pantangan berbagai iklim, serta habitatnya di air yang tawar menjadi salah satu kemudahan dalam perawatan biaknya.

Maka dari itu, karena permintaan ikan lele yang tinggi tentunya Anda bisa mempertimbangkan usaha budidaya jenis ikan yang satu ini.

Sebagai salah satu jenis usaha ternak 300 rb yang murah termasuk dalam perawatannya tentu Anda tidak boleh melewatkan peluang usaha satu ini.

Ketika Anda memulainya dalam skala kecil, sediakan kolam terpal.

Cara yang satu ini mengandalkan media alternatif selain media lahan, sehingga cocok bagi pemula yang ingin mempraktikkannya.

Sediakan lahan yang cukup pada kolam terpal, kemudian isi dengan air secukupnya untuk menjadi tempat tinggal bagi ikan air tawar tersebut.

Untuk memilih bibitnya, sudah jelas Anda harus menyediakan yang terbaik dan ini bisa Anda dapatkan melalui toko ikan, atau memilih toko online sebagai opsinya.

Mau belanja lebih mudah sekaligus dapat Anda pasarkan juga? 

YUK, GABUNG DISINI!

Yuk temukan kemudahannya dengan join sebagai reseller di Evermos.

5.Ternak Belut

belut
Sumber: pinterest.com

Berikutnya Anda bisa menjadikan ternak belut sebagai salah satu opsi berbisnis Anda.

Selain karena harga belut yang murah, belut juga sehat dan aman untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pangan.

Untuk pertama kali memulai bisnis ini, Anda harus mempertimbangkan lokasi pembibitan dan budidaya yang mumpuni untuk menampung sekitar 50-100 belut dalam ukuran bak satu meter persegi.

Belut bisa berkembang biak pada ekosistem yang berlumpur dan minim air, oleh karena itu Anda tidak perlu membutuhkan pengairan dan sanitasi air yang deras seperti budidaya ikan lele pada umumnya.

Media yang dapat Anda gunakan untuk budidaya sama seperti ketika Anda budidaya ikan lele pada umumnya, yaitu dengan kolam terpal.

Kemudian jika persiapan dengan media budidaya belut sudah siap, saatnya Anda mempersiapkan bibit belut yang murah namun kualitasnya tetap unggul.

Seperti apa ciri-ciri bibit unggul belut? Simak cirinya dibawah ini.

  • Ukuran belut sekitar 10-12 cm. Serta menempatkan ukuran yang seragam amat penting, mengingat sifat belut bisa saja kanibal satu sama lain. 
  • Pergerakan belut lincah.
  • Sehat dan tidak memiliki cacatnya di tubuh.

Untuk perawatannya Anda memerlukan pakan yang berkualita serta bergizi. Hal ini penting untuk pertumbuhan belut. Anda juga bisa menggunakan pakan alami berupa ikan, belatung, bekicot dan katak. Sementara untuk belut berukuran kecil Anda bisa memberikan makanan berupa kecebong, kutu air, larva, ikan dan cacing.

Ingin dapat kemudahan penjualan dengan modal Rp0? Mau dapat tips trik dan panduannya? Dapatkan selengkapnya hanya dengan jadi reseller di Evermos, mulai jualan sekarang!

MULAI JUALAN SEKARANG

6. Ternak Ikan Cupang

ikan cupan
Sumber: pexels.com

Anda tentunya tidak asing dengan ternak yang satu ini bukan? Selain fisiknya yang menarik, Anda bisa memulai usaha yang satu ini pasalnya cukup banyak yang memiliki hobi mengoleksi cupang,lho.

Ikan hias yang satu ini memiliki nama lain yaitu Siamese Fighting Fish atau Betta Splendens adalah salah satu ikan air tawar yang berasal dari bagian beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan negara lainnya.

Tubuh ikan ini yang memiliki warna indah nan mencolok kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengoleksinya.

Dalam tahapan budidaya sama seperti ternak hewan yang lainnya, siapkan kondisi lokasi yang nyaman namun dari segi budget tetap terjangkau.

Anda bisa menyiapkan akuarium kecil sebagai lokasi budidaya ikan cupang, sementara ketika memilih bibit unggul tidak perlu bingung menentukan jenis apa sebab Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu jenis apa yang sedang tren saat ini.

Ingin tahu kriteria bibit unggul ikan cupang tersebut, langsung saja ini dia:

  • Ikan sehat
  • Tidak memiliki cacat tubuh
  • Berumur dewasa atau sekitar 4 bulan
  • Corak warna yang menarik

Untuk pemberian pakannya sendiri, Anda dapat menggunakan cacing sutra atau pelet ikan hias pada umumnya. Pemberian pakan bisa Anda lakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore.

Anda harus memberikan pelet sesuai takaran, sehingga pakan yang Anda berikan langsung habis dan  tidak menimbulkan residu yang mengendap kemudian dapat mengotori kebersihan air.

7. Ternak Ikan Guppy

Ikan guppy
Sumber: google.com/bersosial

Selain ikan cupang, ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat yaitu peluang usaha ternak ukan guppy.

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang banyak digemari oleh orang-orang, terutama untuk mengisi akuarium.

Ikan guppy memiliki varian harga yang beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

hal itu tergantung pada grade atau kualitas ikan guppy tersebut, ada yang biasa saja dan ada juga yang bagus untuk kontes.

Cara ternaknya pun cukup mudah, yakni hanya menaruh satu ekor guppy jantan dan dua ekor guppy betina yang sudah siap melahirkan (tandanya perut sudah buncit).

Sekali melahirkan ikan guppy bisa menghasilkan anak yang banyak, dan merawatnya pun cukup mudah. Yakni hanya perlu menjaga kualitas air dan memberik pakan.

8. Usaha Modal 300 Ribu? Coba Ternak Puyuh Modal Kecil

puyuh
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian Anda bisa mencoba ternak puyuh modal kecil namun untung besar. Usaha ternak modal 300 ribu ini sangat bisa dilakukan dengan mudah.

Selain itu keuntungan yang akan didapatkan pun bisa berkali-kali lipat. Anda sangat disarankan untuk mencobanya.

Jadi, modal 300 ribu usaha apa? Coba ternak puyuh modal kecil dengan untung yang besar!

Nah itu dia kiat-kiat apa saja bisnis ternak yang dapat Anda lakukan meski dengan modal 300 ribu rupiah saja, semoga dapat bermanfaat, ya!

Ingin artikel menarik lainnya? Kunjungi Blog Evermos.

Selain itu Anda juga bisa berjualan tanpa harus menggunakan modal dan pasti akan mendapatkan hasil yang besar, caranya sangat mudah. Langsung saja bergabung menjadi reseller Evermos dan dapatkan keuntungannya.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)