14 Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Modal kecil untung Banyak

Usaha makanan ringan serba 2000 dapat menjadi alternatif usaha kecil-kecilan yang bisa Anda lakukan saat bersantai di rumah. Hanya dengan modal yang minim, jika Anda dapat menekuni dan mengembangkan bisnis berikut dengan baik maka dapat berpotensi menguntungkan. 😁

Usaha makanan ringan serba 2000 juga dapat menjadi alternatif usaha yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan setiap harinya.

Dalam menjalankan usaha ini, Anda bisa menggunakan dua metode untuk memulainya.

Yang pertama, yaitu dengan memproduksi makanan tersebut dengan memanfaatkan dapur di rumah Anda.

Atau melalui cara membeli makanan jajan serba 2000 tersebut dalam harga grosir dengan kemasan yang besar, lalu Anda kemas ulang ke dalam wadah yang lebih kecil.

Dengan kedua cara tersebut Anda dapat menjalankan bisnis camilan serba 2000 dengan keuntungan yang besar.

Artikel berikut akan membahas apa saja daftar usaha makanan ringan serba 2000 hanya dengan modal kecil untung banyak.

Tips Memulai Usaha Makanan Ringan Serba 2000

usaha makanan ringan serba 2000
Sumber: pixabay.com

Agar mendapatkan keuntungan yang maksimal kita perlu mengetahui tips untuk memulai bisnis makanan ringan kemasan kecil berikut.

Yaitu dengan memperoleh bahan baku dalam jumlah yang besar namun dengan harga yang terjangkau.

Ingat, kemasan atau tampilan makanan merupakan kunci yang penting dalam memasarkan produk bisnis camilan serba 2000 berikut.

Agar lebih jelasnya, yuk simak tips memulai bisnis jajan serba 2000 di bawah ini.

1. Tentukan Makanan Ringan yang Ingin Dijual

Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu selera pasar, manakah makanan ringan yang diminati oleh target pasar? Apakah cita rasa camilan yang gurih dan pedas ataukah rasa yang lembut dan manis?

2. Lakukan Riset Modal

Setelah mengetahui jenis makanan ringan yang akan Anda produksi atau Anda tekuni, lakukan riset mengenai modal yang dibutuhkan.

Anda dapat mencari informasi tersebut melalui googling, atau bertanya langsung melalui pebisnis yang menjalankan usaha camilan makanan ringan.

3. Beli Bahan Baku Harga Grosir

Salah satu kunci agar memulai usaha berikut tidak mengalami kerugian adalah dengan memaksimalkan mencari bahan baku yang terjangkau namun berisi banyak.

Anda dapat berkeliling untuk menemukan toko grosir makanan ringan dan menawarkan kerjasama untuk mendapatkan harga terbaik.

4. Ukuran Tidak Lebih dari 100 Gram

Dengan harga jual jajan serba 2000, maka untuk pengukuran kemasan tidak boleh lebih dari 100 gram.

Agar bisa mendapatkan keuntungan maka kita perlu menimbang ukuran kemasan makanan ringan yang tidak terlalu banyak namun senilai untuk kita jual seharga 2000.

5. Siapkan SDM untuk Mengerjakannya

Bisnis camilan tidak dapat mengalirkan banyak keuntungan apabila dari segi produksi terbatas.

Keuntungan yang bisa Anda raih mulai dari Rp1.100-1.500 dapat terkumpul banyak dengan kemampuan produksi dalam jumlah banyak. Siapkan SDM untuk menangani kuantitas produk berikut.

6. Jalin Kerjasama dengan Pemilik Warung atau Rumah Makan

Strategi pemasaran untuk memulai usaha berikut adalah menjual sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya.

Pastikan Anda memiliki relasi dengan pemilik warung atau rumah makan untuk menitipkan jualan Anda dan bekerjasama dalam bisnis Anda.

7. Berikan Sampel kepada Target Pasar

Anda juga dapat menggunakan cara pemasaran yaitu dengan memberikan sampel kepada target pasar.

Selain mereka tertarik mencobanya, ajaklah mereka untuk menawarkan bisnis camilan Anda kepada orang-orang terdekatnya.

8. Manfaatkan Pemasaran secara Online

Tips menjalankan bisnis makanan ringan ini adalah dengan memanfaatkan pemasaran secara online melalui toko online, media sosial seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp.

Anda dapat membuat katalog online atau membuat toko online sendiri di Evermos. Mau coba? Yuk bergabung jadi reseller Evermos sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik lainnya!

Rekomendasi Usaha Makanan Ringan Serba 2000

usaha makanan ringan serba 2000
Sumber: pexels.com

1. Keripik Singkong Pedas

Makanan ringan yang satu ini paling pas dikonsumsi ketika sedang berkumpul bersama orang-orang terdekat, atau menjadi camilan pendamping saat mengerjakan tugas-tugas atau kerjaan. Anda dapat memproduksi camilan singkong dengan memperoleh singkong utuh dan peralatan dengan harga yang murah. Kemudian siapkan bumbu tabur yang sudah jadi yang dapat Anda peroleh secara grosir untuk varian produk Anda.

2. Keripik Basreng

Basreng kerap menjadi makanan khas kota Bandung. Siapa yang tidak suka dengan makanan Basreng? Pasalnya olahan keripik basreng juga memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan. Terdiri dari olahan bakso ikan yang digoreng sampai kering. Untuk membuatnya Anda bisa mengiris-iris kecil berbentuk keripik. Kemudian tambahkan bumbu tabur di atasnya.

3. Keripik Mi

Camilan keripik mi kerap menjadi makanan ringan yang cukup nostalgia pada anak-anak kelahiran 90-an. Mi juga dapat dibuat menjadi keripik dalam versi ukuran lebih kecil. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan mi dengan adonan terigu lalu digoreng. Jangan lupa beri bumbu tabur varian jagung manis atau balado.

4. Keripik Talas

Salah satu umbi-umbian lainnya selain singkong yang dapat dijadikan sebagai camilan adalah talas. Talas dapat Anda olah sebagai camilan keripik talas yang memiliki rasa gurih dan unik. Anda dapat memproduksi atau membeli keripik talas secara grosir untuk memulai bisnis camilan berikut.

5. Keripik Ikan

Bisnis camilan serba 2000 rasanya tidak lengkap apabila tak menambahkan keripik ikan sebagai daftar makanan ringan. Untuk pemilihan bahan bakunya sendiri, Anda dapat menggunakan ikan tenggiri. Cita rasa dari keripik ikan ini adalah memiliki aroma khas yang sedap serta rasanya yang gurih.

6. Usus Krisipi

Usus ayam juga dapat menjadi salah satu camilan yang dapat Anda jual dengan harga 2000 saja. Camilan satu ini kerap menjadi favorit bagi anak-anak. Cara membuatnya yaitu dengan mengolah usus ayam dengan baluran tepung bumbu kemudian digoreng hingga garing. Sajikan lengkap dengan sausnya.

7. Mi Lidi

Makanan ringan Mi Lidi menjadi kegemaran di berbagai kalangan termasuk dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Anda dapat menambahkan berbagai macam varian rasa dalam bisnis mi lidi berikut misalnya rasa coklat, green tea, keju, hingga rasa gurih pedas. 

8. Keripik Kentang

Belum lengkap apabila tidak mengulas keripik kentang sebagai makanan ringan yang cocok untuk Anda jual seharga 2000an. Anda bisa memproduksi keripik kentang maupun membelinya dalam jumlah banyak dengan harga yang murah. Sajikan dengan berbagai varian rasa seperti jagung manis, balado, sapi panggang, keju, dan sebagainya.

9. Keripik Pangsit

Pangsit kerap dijadikan sebagai bahan baku utama dalam pendamping bakmi, batagor dan sebagainya. Anda dapat mengkreasikan pangsit sebagai salah satu camilan yang digemari oleh masyarakat. Cita rasa pangsit yang gurih cocok untuk dijadikan sebagai camilan atau pendamping lauk saat makan.

10. Keripik Pisang

Olahan pisang menjadi keripik yang memiliki berbagai cita rasa dari gurih hingga varian manis, cocok untuk Anda masukan ke dalam daftar usaha makanan ringan serba 2000.

Anda dapat memproduksi keripik pisang dengan membeli bahan baku ke pasar atau membeli dari produsen langsung secara grosir. Pasarkan dengan berbagai macam varian dari asin dan gurih hingga manis dan lumer.

11. Stik Bawang

Makanan ringan yang patut Anda coba berikutnya adalah stik bawang. Stik bawang memiliki cita rasa asin dan gurih, serta menjadi inspirasi camilan yang laris manis.

Cara membuatnya yaitu dengan mengiris-iris tipis pangsit goreng, kemudian Anda goreng seperti stik panjang.

Anda bisa menitipkan bisnis camilan stik bawang melalui warung-warung atau usaha rumah makanan terdekat.

12. Stik Balado

Jika sebelumnya mengulas makanan yang gurih dan asin, ada pula stik balado yang menawarkan cita rasa asin pedas manis sebagai camilan.

Stik balado juga merupakan salah satu camilan yang cukup banyak peminatnya.

Cara memulai bisnis berikut adalah dengan menemukan produsen langsung stik balado untuk mendapatkan harga terbaik kemudian Anda kemas dalam bentuk lebih kecil lagi.

13. Makaroni Goreng

Berbicara camilan, belum lengkap kalau tidak memasukkan makaroni sebagai salah satu ide camilan serba 2000 yang menarik.

Makaroni adalah sejenis pasta yang bisa kita olah menjadi makanan ringan yaitu dengan cara digoreng dan ditambahkan sedikit tepung dalam mengolahnya.

Sajikan dengan bumbu tabur dalam berbagai varian rasa.

14. Popcorn

Pernahkah Anda membeli popcorn dengan kemasan cup kecil? Ide berikut dapat menjadi salah satu bisnis camilan yang laris manis di kalangan anak-anak.

Popcorn terbuat dari olahan jagung manis yang digoreng api sedang sehingga mengembang dan memiliki cita rasa gurih ataupun manis.

Anda bisa membeli popcorn langsung ke grosir dengan jumlah yang banyak dan harga yang murah. Kemudian tambahkan beberapa varian rasa seperti rasa coklat, asin, rasa keju, balado.

Apakah Anda sudah menemukan ide camilan serba 2000 sebagai ide jualan titip warung? Apapun pilihan Anda tetaplah semangat untuk berikhtiar mencari rezeki.

Sebarkan juga artikel Blog Evermos berikut kepada keluarga, saudara, kerabat dan orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya sebagai inspirasi bisnis camilan.

Mau bisnis online hanya dengan modal HP saja? Mari bergabung menjadi reseller Evermos untuk menjual berbagai produk lokal yang berkualitas.

Klik button daftar di bawah ini untuk siap-siap jadi reseller hebat di Evermos! Pendaftaran GRATIS tidak dipungut biaya apapun. 🤑

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88