5 Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok, Catat!

Bagi Kamu yang sedang bersekolah, setidaknya saat pelajaran SD atau sekolah dasar pernah mempelajari usaha ekonomi yang dikelola kelompok.

Kamu perlu mengetahui apa saja jenis usaha kelompok sebelum nantinya memasuki lingkup kerja atau berbisnis.

Berbicara tentang kegiatan usaha sendiri, kamu juga perlu mengetahui apa pengertian dari kegiatan usaha.

Usaha adalah kegiatan yang dilakukan dengan mengerahkan tenaga, pikiran atau badan untuk mencapai tujuan dan maksud dari pekerjaan.

Simpelnya sama seperti melakukan kerja di sebuah perusahaan yaitu untuk mendapatkan penghasilan itu sendiri.

Lalu apa saja jenis usaha kelompok yang dimaksud serta contohnya di Indonesia? Yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Pengertian Usaha Menurut Para Ahli

Sebelum memasuki lingkup usaha dan kegiatan bisnis, kita perlu melakukan usaha. Lalu apakah yang dimaksud dengan usaha? Berikut ini adalah pengertian usaha dari beberapa ahlinya.

1. Wasis dan Sugeng Yuli Urianto

Definisi usaha menurut Wasis dan Sugeng adalah sebuah upaya manusia untuk melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

2. Harmaizar

Pengertian usaha atau perusahaan menurut Harmaizar adalah bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus-menerus agar mendapatkan keuntungan. Baik dilakukan individu ataupun kelompok yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, didirikan dan berkedudukan di suatu tempat.

3. Nana Supriatna, Mamat Ruhimat, dan Kosim

Menurut mereka, usaha adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. 

Pengertian Usaha Kelompok

Menurut Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI Kelas V yang ditulis oleh Nur Hasanah, pengertian usaha kelompok adalah salah satu jenis usaha yang dikelola bersama-sama, baik dalam modal, pengelolaan, keuntungan hingga bagi hasil. Usaha kelompok adalah usaha gabungan dari beberapa orang. 

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok

Dalam lingkup ekonomi, jenis usaha kelompok dikelola secara bersama-sama oleh berbagai individu untuk mencapai sebuah tujuan. Setiap individu mengambil peranan penting untuk menyukseskan usaha tersebut. Modal yang digunakan untuk menjalankan jenis usaha kelompok juga berasal dari patungan, kemudian keuntungannya juga dibagi dengan bagi hasil.

Agar Kamu bisa mengetahui apa saja usaha kelompok, berikut adalah ciri dan jenisnya wajib Kamu tahu. Catat ya!

1. Usaha Kelompok Firma

Jenis Usaha Kelompok
Sumber: google.com/bersosial

Firma yaitu badan usaha yang terdiri dari beberapa orang dengan nama yang sama untuk dapat menjalankan usaha bersama-sama. Dalam konteksnya, usaha firma dijalankan oleh dua orang atau lebih yang sudah mengenal antara satu sama lainnya dan punya hubungan kerabat dekat. Dalam jenisnya, firma terbagi menjadi empat macam.

  • Firma dagang yang bergerak di bidang perdagangan yaitu perusahaan yang menjual berbagai jenis produk untuk didagangkan. Misalnya perusahaan tas, perusahaan baju, perusahaan camilan dan sebagainya.
  • Firma non dagang atau firma jasa yang bergerak di bidang jasa seperti firma hukum, konsultasi bisnis, firma akuntansi dan jasa lainnya. Contohnya firma pengacara, firma konsultan bisnis, firma asuransi dan sebagainya.
  • Firma terbatas adalah firma yang anggotanya punya kekuasaan terbatas untuk menjalankan usaha. 
  • Firma umum adalah firma dimana anggota yang ada di dalamnya punya kuasa tidak terbatas. Berbeda dengan firma terbatas, anggota yang di dalamya punya tanggung jawab yang sama rata dengan operasional perusahaan tersebut.

2. Usaha Kelompok CV

Jenis Usaha Kelompok
Sumber: google.com/bersosial

CV adalah kepanjangan dari Commanditaire Vennootschap (CV) adalah perusahaan yang didirikan oleh satu orang pengusaha atau lebih dengan modal dari pengusaha dan beberapa penanam modal atau saham.

Pendiri perusahaan dengan badan usaha CV bertanggungjawab terhadap perusahaannya dengan modal yang ditanamkan para investor. Sebelum menjadi CV biasanya adalah perusahaan firma yang sudah berkembang dan mendapatkan dana dari investor.

3. Usaha Kelompok PT

Jenis Usaha Kelompok
Sumber: google.com/bersosial

PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas adalah bentuk badan usaha yang besar dan diatur sesuai undang-undang negara dalam perseroan. Misalnya, di Indonesia sendiri punya peraturan yang berbeda mengenai perseroan terbatas dan diatur dalam Undang-Undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan terbatas.

PT memiliki ciri-ciri perusahaan yang berorientasi mendapatkan keuntungan sangat besar. Selain itu, PT punya peran yang penting terhadap fungsi ekonomi dan komersial, modalnya berasal dari saham dan obligasi, tidak difasilitasi oleh negara.

3. Usaha Kelompok BUMN

Jenis Usaha Kelompok
Sumber: google.com/bersosial

BUMN merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Negara adalah usaha yang seluruh modalnya milik negara. Beberapa jenis usaha BUMN yang terdapat di Indonesia seperti Perusahaan Jawatan, Perusahaan Umum dan Perusahaan Perseroan (POS). 

BUMN punya ciri-ciri antara lain perusahaannya berada penuh di tangan pemerintah, resiko ditanggung oleh pemerintah, sebagai salah satu pemasukan negara, melayani kepentingan umum dan pelayanan publik serta dapat dimiliki oleh masyarakat.

4. Usaha Kelompok Koperasi

Jenis Usaha Kelompok
Sumber: google.com/bersosial

Terakhir, ada jenis usaha koperasi yaitu badan usaha yang dibangun untuk memakmurkan dan membantu anggota koperasi. Asas koperasi didasari tujuan kekeluargaan, dan dapat memenuhi kebutuhan ekonomi anggota koperasi dan punya jenis usaha kelompok.

Di bawah ini adalah beberapa jenis koperasi dari Indonesia.

  • Koperasi Simpan Pinjam,
  • Koperasi Produksi,
  • Koperasi Konsumsi,
  • Koperasi Jasa
  • Koperasi Serba Usaha

Penutup

Diantara beberapa usaha kelompok yang dijalankan tersebut seluruhnya merupakan fundamental untuk membangun perusahaan. Jika Kamu ingin membuat perusahaan, perlu mengetahui jenis struktur hukum yang akan dipilih untuk perusahaan. 

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang usaha dan bisnis lainnya dengan membaca artikel di Blog Evermos berikut. 

Demikian ulasan jenis usaha kelompok yang dapat Tim Evermos sampaikan. Semoga dapat membantu Kamu ya!

×