UKM & UMKM Sebagai Ujung tombak Ekonomi Indonesia

by admin
0 comment
UMKM

Tanpa sadar semua kegiatan jual beli dilingkungan kita tidak lepas dari kreasi para pelaku UKM dan UMKM, dimulai dari kebutuhan pangan hingga pakaian.

Maka tidak heran jika UKM & UMKM menjadi tombak dari Ekonomi Indonesia, walaupun peran mereka terasa kecil namun mereka memiliki kontribusi yang besar dalam perekonomian Negara.

UMKM

Tahun 2019 lalu Kementerian Koperasi dan UKM RI melaporkan bahwa secara jumlah unit, UMKM memiliki pangsa sekitar 99,99% (62.9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia (2017), sementara usaha besar hanya sebanyak 0,01% atau sekitar 5400 unit.

Usaha Mikro menyerap sekitar 107,2 juta tenaga kerja (89,2%), Usaha Kecil 5,7 juta (4,74%), dan Usaha Menengah 3,73 juta (3,11%); sementara Usaha Besar menyerap sekitar 3,58 juta jiwa.

UMKM

Artinya secara gabungan UMKM menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional, sementara Usaha Besar hanya menyerap sekitar 3% dari total tenaga kerja nasional. (ukmindonesia.id, 29/07/2019)

Baca Juga: Evermos Dukung UKM dan UMKM Berdiri Saat Pandemi

Bagaimana dengan saat pandemi ini? Apakah tombak ini tetap runcing atau malah menumpul?

Tercatat ada sekitar 37.000 pelaku UKM & UMKM yang melapor ke Kementerian Koperasi karena merasakan dampak adanya virus corona atau Covid-19 pada usaha mereka.

UMKM

Dari data laporan tersebut, sebanyak 56 persen UMKM melapor karena terjadi penurunan penjualan, 22 persen mengaku kesulitan permodalan, 15 persen melapor terjadi distribusi yang terhambat, dan 4 persen melaporkan kesulitan bahan baku. (money.kompas.com, 17/04/2020)

UMKM

Maka dari itu apabila ekonomi Indonesia ingin cepat pulih maka yang paling tepat adalah mendorong dan membantu sektor UMKM, karena mayoritas pelaku usaha di Indonesia itu diserap oleh UMKM.

Berangkat dari dampak tersebut Evermos sebagai Platform Sosial Commerce Produk Muslim lokal mendukung penuh bangkitnya UKM dan UMKM Indonesia dari keterpurukan akibat Virus Corona. 

UMKM

“Semakin banyak yang berkolaborasi, dari UKM, UMKM maupun individu di platform kita untuk dapat berbisnis produk muslim, kita berikan jalur penjualan, maka semakin besar impact ekonominya untuk Indonesia dan untuk memajukan perekonomian umat bersama-sama” ungkap Iqbal Muslimin CEO Evermos.

Gerakan nyata yang dilakukan oleh Evermos dalam upayanya mendukung para pelaku UKM & UMKM adalah  keikutsertaannya dalam program haruspeduli.com/produklokal/.

Program ini mendukung peningkatan awareness brand-brand lokal di masyarakat Indonesia.

You may also like