20+ Ucapan Pernikahan Islami Arab yang Menyentuh dan Berkah

Dalam Islam, pernikahan adalah ibadah seumur hidup yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan komitmen. Sehingga, apabila terdapat dua orang yang menikah, kita perlu memberikan ucapan pernikahan islami Arab agar Allah memberkahi perjalanan panjangnya.

Ucapan pernikahan mencakup doa dan harapan untuk kedua pengantin. Biasanya ini disampaikan oleh orang-orang terdekat mereka ketika menghadiri acara pernikahan ataupun melalui media sosial.

Apabila Anda memiliki kerabat atau teman yang akan menikah dalam waktu dekat, coba gunakan ucapan pernikahan yang berkah dalam Islam. Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan berbagai ide kata-kata dan doa untuk orang yang melangsungkan pernikahan.

Ucapan Pernikahan Islami Arab dengan Doa dan Artinya 

1. Ucapan Menikah Bahasa Arab Singkat 

ucapan pernikahan islami arab
Sumber: pexels.com

Anda bisa mengucapkan “Semoga Allah SWT menyempurnakan kebahagiaan kalian dan menjadikan pernikahan kalian sebagai ibadah kepada-Nya”, dan memberikan doa berikut ini. 

بارك الله لكم و بارك عليكم

“Barakallahu lakum wa baraka alaikum.” 

Artinya: Mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan.

Kalimat ucapan pernikahan islami Arab di atas bisa Anda ucapkan secara langsung di pelaminan atau bisa melalui media sosial jika tak bisa menghadiri acara pernikahan tersebut. Namun kesan kebahagiaan tetap tersampaikan.

2. Ucapan Pernikahan Islami Arab Semoga Diberikan Keberkahan

ucapan pernikahan islami arab
Sumber: pexels.com

Berikut doa pernikahan dengan bahasa Arab dan artinya:

بارك الله لك وبارك عليك وجمع بينكما في خير

“Barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoirin.” 

Artinya: Semoga Allah memberkahimu dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.

Selain itu, berikut doa yang serupa.

بارك الله لكما وجمع بينكما في خير

“Barakallahu lakuma wa jama’a bainakuma fii khair.” 

Artinya: Semoga berkah Allah limpahkan kepadamu Dan menghimpun engkau berdua dalam keadaan baik (bahagia).

Kalimat ini adalah doa dan ucapan pernikahan Arab yang bisa Anda ucapkan untuk teman atau saudara Anda yang baru menikah.

Karena sesama saudara seislam wajib untuk saling mendoakan, apalagi pada momen pernikahan tersebut.

3. Doa Pernikahan Bahasa Arab yang Sakinah, Mawadah wa Rahmah

ucapan selamat menikah
Sumber: pexels.com

“Semoga menjadi pasangan yang sejati sampai dunia akhirat, semoga dikaruniai keturunan yang saleh dan salehah, semoga jadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.”\

بارك الله لك وجمع بينكما في خير. بارك الله لكل واحد منكما في صاحبه وجمع بينكما في خير

“Barakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Barakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.” 

Artinya: Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

Kalimat ini adalah doa agar hubungan teman atau saudara Anda yang baru saja menikah agar Allah berikan kelanggengan dan kebahagiaan.

Karena bagaimanapun pernikahan yang diimpikan semua orang adalah pernikahan yang awet dan bahagia serta panjang umur. Oleh sebab itu doakan agar selalu bahagia.

Kumpulan Doa Pengantin Baru Bahasa Arab yang Singkat

  1. Barakallahu Laka” Artinya semoga Allah memberikan berkah kepada kedua mempelai.
  2. Barakallahu laka wa baraka alaika wa jama’a bainakuma fi khairin” Artinya semoga Allah memberkahimu dalam suka dan duka dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan.
  3. “Mubaruk lakum al zawaj!” Artinya selamat atas pernikahanmu.
  4. Atamanni lakumattaufik fi hayatikuma” Artinya berharap agar Allah memberikan taufik pada hubungan suami dan isteri.
  5. “Zifaf maimun damat buyutukum amirah bilafrah” Artinya semoga pasangan selalu bahagia, selalu baik rumah tangga dan penuh dengan kegembiraan.
  6. “Alalkhairi walbarakati, wa’ala khairi thaair” Artinya semoga pernikahan ini mendatangkan kemakmuran, berkah dan membawa pertanda baik bagi pasangan suami dan isteri.
  7. “Alfu mabruki lil’arusi wal’arisi a’la zawajis-sa’idi” Artinya selamat kepada kedua mempelai atas pernikahan yang bahagia.

Ucapan untuk Orang Menikah Secara Islam

kalimat doa pernikahan
Sumber: pexels.com
  1. “Semoga pernikahan ini dapat menjadi dan dapat membawa kebahagiaan keluarga dan orang-orang sekitar. Semoga Allah SWT selalu merahmati dan meridhoi kalian dengan kedamaian dan kebahagiaan dunia dan akhirat.”
  2. “Selamat kepada sahabat baik ku, saat ini engkau telah menempuh kehidupan baru dengan pendamping hidup yang telah Allah pilih untukmu. Semoga rahmat dan kasih sayang Allah selalu menyertai kalian, selalu jadi pribadi yang baik, selalu bersyukur dan semoga pintu rezeki selalu terbuka dengan lancar.”

Ucapan pernikahan Arab ini bisa Anda ucapkan untuk sahabat atau teman dekat Anda. Saat mengucapkannya pasti ada rasa haru ketika Anda melihat sahabat Anda menikah.

Oleh karena itu berilah ucapan yang paling baik untuk sahabat Anda di hari pernikahannya agar sahabat Anda merasa dicintai oleh Anda.

Ucapan Selamat Pernikahan untuk Sahabat

doa pernikahhan
Sumber: pexels.com
  1. “Selamat menempuh hidup baru sahabatku, akhirnya saat yang kau nanti tiba, saat dimana kamu sudah tidak sendiri lagi, semoga melalui pernikahan ini keluarga kalian menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.” 
  2. “Selamat menikah, sahabatku. Luruskan niat dalam menikah, jangan sampai kau anggap pernikahan hanya untuk senang-senang saja. Kemudian banyak hal yang harus kau lakukan setelah ini. Semoga pernikahanmu selalu mendapat ridho Allah SWT dan dimudahkan dalam segala urusan.” 
  3. “Sahabatku, doa pernikahan aku lantunkan untukmu. Semoga pernikahanmu diberkati oleh-Nya. Semoga pula terlahir keturunan yang hebat dari kalian berdua.” 
  4. “Untuk sahabatku yang saat ini sudah tidak seperti dahulu lagi, saat ini kamu sudah bersama dengan pasangan sah. Semoga Allah selalu memberikan rahmat-Nya untuk pernikahan kalian.”

Namun ketika ada sahabat Anda yang menikah, datang ke resepsinya dan mengucapkan ucapan selamat adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Maka cobalah dengan mengucapkan ucapan pernikahan islami Arab seperti di atas agar sahabat Anda semakin bahagia.

Ucapan Pernikahan untuk Saudara yang Baru Menikah

ucapan pernikahan
Sumber: pexels.com
  1. “Barakallahu lakuma wa jama’a bainakuma fii khair. Semoga selalu diberikan kebahagiaan ya kakakku. Dan semoga Allah selalu menuntunmu dan istri beserta anak-anakmu kelak menuju cinta Allah. Dan semoga kakak diberikan anak yang saleh dan salehah yang dapat membahagiakan kedua orang tua dan menuntun ke surga.”
  2. “Selamat menempuh hidup baru, my bro. Saat ini kamu telah menjadi imam yang memiliki sebuah amanah serta tanggung jawab yang amat besar untuk istrimu dan anak-anakmu nanti. Tetaplah semangat untuk senantiasa membahagiakan keluarga. Dan semoga Allah SWT selalu menjagamu dan memberikan keberkahan dalam pernikahanmu.”

Kalimat di atas adalah sebuah doa yang bisa Anda berikan kepada kakak atau saudara Anda yang menikah.

Ucapan Pernikahan Islami Arab Lainnya

Ucapan Pernikahan Islami Arab
Sumber: pexels.com

Selain beberapa doa dan ucapan di atas, Anda juga bisa membacakan ini.

“barakallahu wa baraka alaika wa jama’a bainakuma fi khair” Arab yang artinya adalah,

“Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal, dan mempersatukan kalian berdua dalam keadaan kebaikan.”

Inilah doa yang bisa Anda ucapkan kepada dua mempelai suami istri.

Selamat Menempuh Hidup Baru Bahasa Arabnya Apa?

Untuk ucapan bahasa Arab dari kalimat selamat menempuh hidup baru yaitu Barakallahu lakuma wa baraka ‘alaikuma wa jama’a bainakuma fii khoir.

Itulah ucapan selamat menikah dalam bahasa Arab yang bisa Anda ucapkan ketika ada teman, sahabat, atau saudara Anda yang menikah.

Karena ucapan adalah doa, maka ucapkanlah kalimat yang baik untuk mereka agar Allah SWT selalu memberi kebahagiaan dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Dan doakan agar selalu langgeng.

Selanjutnya jangan lupa untuk terus kunjungi situs Blog Evermos dan dapatkan artikel islami menarik lainnya.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  • Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  • Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  • Akses E-Katalog tanpa batas
  • Belajar bisnis dipandu trainer professional
  • Gratis Ongkir*
  • Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  • Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  • Kesempatan Umroh* tanpa undian

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)