70+ Ucapan untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2024 yang Menyentuh Hati

Bulan Ramadhan 1445 H akan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024. Agar makin berkah, yuk berikan ucapan menyambut bulan Ramadhan yang menyentuh kepada keluarga, teman hingga kerabat.

Memberikan ucapan menyambut Ramadhan akan memperkuat hubungan tali silaturrahmi serta saling memaafkan antara kamu dengan orang terdekat di bulan yang penuh berkah ini.

Jika kamu sedang mencari inspirasi kata-katanya, mari simak artikel ini karena akan menyajikan kumpulan ucapan menyambut Ramadhan yang menyentuh hati.

Baca juga: 50+ Kata Mutiara Ramadhan Lucu dan Bikin Ngakak, Bikin Puasa Tak Terasa.

Kumpulan Contoh Ucapan Menyambut Ramadhan 1445 H

Ucapan Selamat Menyambut Ramadhan 2024

ucapan menyambut ramadhan
Sumber: Dokumentasi Evermos

1. “Marhaban yaa Ramadhan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan, puasa Ramadhan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat Menunaikan Ibadah puasa.”

2. “Bulan berkah hampir tiba, jiwa dan hati akan kembali bersih di bulan suci ini. Mohon maaf lahir dan batin.”

3. “Ya Allah, berikanlah ilmu kepada kami, jagalah hati kami, indahkan wajah kami di bulan suci yang penuh berkah ini.”

4. “Siang diisi kebaikan, malam belajar Alquran. Ramadhan menjadi penerang hari yang mulai remang-remang.”

5. “Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”



6. “Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini dan tiada bulan seberkah ini. Ramadhan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

7. “Di zaman penjajahan para pahlawan berjuang mati-matian melawan kompeni dan tentara Jepang. Sementara di bulan Ramadhan ini kita umat Muslim berperang sekuat tenaga melawan hawa nafsu. Semoga Ramadhan kali ini kita semua dapat mengalahkan hawa nafsu dan menuju kemenangan hati dalam Idul Fitri.”

8. “Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.”

9. “Fajar Ramadhan akan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Taala. Amin ya rabbalalamin.”

10. “Gersang bumi dikala tanpa hujan, pula gersang di hati tanpa adanya iman. Gersang akal di kala tanpa ilmu, pula gersang di jiwa tanpa adanya amal. Selamat menyambut ibadah puasa, Marhaban ya Ramadhan.”

Ucapan Maaf Menyambut Ramadhan 2024

ucapan menyambut ramadhan
Sumber: Dokumentasi Evermos

11. “Marhaban ya Ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

12. “Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

13. “Alam yang indah adalah anugerah-Mu, masih Engkau berikan bulan nan suci. Semoga dilimpahkan berkah-Mu, di bulan puasa ini. Marhaban Ya Ramadhan.”

14. “Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, mohon maafkan lahir dan juga bathin.”

15. “Daku rindu bulan Ramadhan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, semoga dilimpahkan banyak rahmatmu.”

16. “Wahai Zat Yang Mulia, Siramlah kami dengan ilmu dunia. Jagalah hati dengan noda, cemerlangkan penampilan dengan iman. Selamat menjalankan Ibadah Puasa.”

17. “Alhamdulillah, kita bertemu lagi dengan bulan puasa Ramadhan, bulan penuh mutiara hikmah. Ini semua berkat nikmat-Mu ya Allah. Semoga Ramadhan ini kita bisa lebih baik dari Ramadhan sebelumnya.”

18. “Jika hati seputih awan jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan hiasi dengan senyuman, Semoga tetaplah demikian. Selamat menyambut ibadah puasa, mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahirian dan batiniah. Marhaban ya Ramadhan.”

19. “Ibarat roda yang berputar, tak terasa debu dan kerikil mengotori pula menggoresnya. Begitulah perjalanan hidup kita tak pernah luput dari berbagai kesalahan dan menjadi noda. Maka di bulan yang suci dan penuh rahmat ini, mari kita maksimalkan ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.”

20. “Dengan segala ketulusan dan kerendahan hati. Kuucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadhan kawanku.”

Baca juga: 20+ Kata Mutiara Menyambut Bulan Ramadhan Bahasa Sunda.

Kata Kata Mutiara Menyambut Ramadhan 2024

ucapan menyambut ramadhan
Sumber: Dokumentasi Evermos

21. “Kemarau rindu hujan, akal rindu ilmu, jiwa rindu iman, dan setiap insan rindu Ramadhan. Selamat berpuasa untuk sahabat Muslimku.”

22. “Selamat puasa. Semoga kuat puasanya tidak ada bolongnya, dilancarkan rejekinya, diampuni semua dosanya dan semoga dimudahkan jodohnya. Amin Ya Rabbalallamin.”

23. “Semoga puasaku, puasamu dan semua ibadah dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Taala, dan semua dosa kita diampuni oleh-Nya. Amin.”

24. “Sahabatku, dengan datangnya Ramadhan tahun ini, marilah kita syukuri dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Semoga kebaikan selalu Allah limpahkan untuk kita semua. Selamat menunaikan Ibadah puasa.”

25. “Secara fitrah manusia itu bersih dan suci. Kedengkian dan kebencian membuat manusia menjadi kotor. Maka di bulan suci ini, mari kembali kita membersihkan jiwa, agar kita dapat kembali kepada fitrah.”

26. “Kalau lihat putus cinta bikin galau, status yang lucu bikin ketawa. Meskipun puasa di musim kemarau, tetap semangat dan tak putus asa!”

27. “Sebelum cahaya padam, sebelum hidup akan berakhir. Sebelum pintu taubat tertutup, dan sebelum Ramadhan datang. Mohon maafkan lahir dan juga batin, Marhaban ya Ramadhan.”

28. “Ya Allah, perkayalah saudaraku ini dengan keilmuan. Hiasi hatinya dengan kesabaran. Muliakan wajahnya dengan ketakwaan. Perindahlah fisiknya dengan kesehatan. Serta terimalah amal ibadahnya dengan kelipatgandaan, karena hanya Engkau zat penguasa seluruh alam. Amin ya rabbalalamin. Marhaban Ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.”

29. “Tiada amal tanpa keikhlasan, tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang Ramadhan.”

30. “Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga, saatnya kembali kepada-Nya, mensyukuri indahnya kemurahanNya. Saatnya merenenungi diri bersama kita leburkan kekhilafan, dengan shaum dan amalan shalih dan keikhlasan dalam jiwa.”

Baca juga: 30+ Kata Kata Menyambut Ramadhan Bahasa Inggris Penuh Inspiratif.

Kata Ucapan Menjelang Ramadhan Penuh Berkah

ucapan menyambut ramadhan
Sumber: Dokumentasi Evermos

31. “Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT.”

32. “Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

33. “Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan.”

34. “Ya Allah, muliakan dan sayangilah saudariku ini. Berikanlah kebahagiaan baginya dan keluarganya. Berkahi rizkinya dan kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. Amin yaa rabbal’alamin. Ahlan Wasahlan Ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan.”

35. “Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadhan 1441 H. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

36. “Sucikan hati, sucikan jiwa dan bersihkan pikiran. Marhaban Ya Ramadhan. Selamat berpuasa.”

37. “Kalau yang segar dan manis itu sirup pandan, ditambah gula dan sebagainya. Selamat datang bulan Ramadhan. Selamat puasa teman-teman semua!”

38. “Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

39. “Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadhan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

Ucapan Menyambut Ramadhan untuk Keluarga

ucapan menyambut ramadhan
Sumber: Dokumentasi Evermos

40. “Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

41. “Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

42. “Satu tahun tak terasa, Ramadan pun telah kembali. Semoga yang dilalui dan dilakukan menjadi kebaikan di bulan suci ini. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

43. “Tiada kemenangan tanpa zikrullah. Tiada amal tanpa keikhlasan dan tiada ampunan tanpa maaf sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

44. “Dalam kesakitan, teruji kesabaran. Begitu pula dalam perjuangan, teruji keikhlasan. Dalam ukhuwah, teruji ketulusan dan dalam tawakal, teruji keyakinan. Hidup ini indah jika Allah menjadi tujuan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

45. “Bulan suci Ramadan sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Perlu kesiapan mental yang matang dan kejernihan hati tuk menyambutnya. Sudilah kiranya, membuka pintu hati tuk menerima ucapan kami, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita diberi kekuatan dan keringanan dalam menjalankan ibadah shaum.”

46. “Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

47. “Bila hati saling terpaut, rasa cinta terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

48. “Mengingat kata yang salah, hati yang berprasangka, janji yang terlupakan, sikap dan sifat yang menyakitkan, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

Ucapan Menyambut Ramadhan Bahasa Arab

49. “Ramadan Kareem, A’idahu Allahu ‘Alaykum bilyumn wal barakat.” (Selamat datang Ramadan, semoga Allah memberkahi Anda dengan kebaikan dan berkah.)

50. “Taqqabal Allahu minna wa minkum salih al a’mal fi shahr al rahma wal ghufran.” (Semoga Allah menerima dari kita dan dari Anda amal shalih di bulan rahmat dan ampunan.)

51. “Ramadan shahr al siyam, wal qiyam, wal qur’an. Falyaj’aluhu shahran lil-tawba wal ‘itq min annar.” (Ramadan adalah bulan puasa, shalat malam, dan Al-Qur’an. Mari jadikan ini bulan untuk bertaubat dan terbebas dari neraka.)

52. “Bidayat shahr Ramadan tadhkurna bittaqwa wa tasamuh wal ‘ata.” (Awal Ramadan mengingatkan kita akan taqwa, toleransi, dan kemurahan hati.)

53. “Ramadan ya’ti li-yughsil al-qulub wa-yunir al-‘uqul, falyaj’aluhu bidayat jadida li-hayat afdal.” (Ramadan datang untuk membersihkan hati dan menerangi pikiran, mari kita jadikan ini awal yang baru untuk kehidupan yang lebih baik.)

54. “Fi zhillal shahr Ramadan, natabadala al hubb wassalam wa tasamuh ma’a ba’dina al ba’d.” (Di bawah bayang-bayang Ramadan, mari kita bertukar cinta, kedamaian, dan pengampunan satu sama lain.)

55. “Ramadan shahr aljud wal karam, falnusharik al khayr wal baraka ma’a al akhareen bi kull sakha.” (Ramadan adalah bulan kemurahan hati dan kebaikan, mari kita berbagi kebaikan dan berkah dengan orang lain dengan penuh sukacita.)

56. “Ramadan huwa fursa li tajdid aniyya wa taqarrub ila Allah bissalat wa dhikr”. (Ramadan adalah kesempatan untuk memperbaharui niat dan mendekatkan diri kepada Allah melalui shalat dan dzikir.)

57. “Falyastaqbil Ramadan bi qulub mutma’inna wa arwah mutma’inna, mul’aha al iman wal tasamuh.” (Mari kita sambut Ramadan dengan hati yang tenteram dan jiwa yang damai, penuh dengan iman dan pengampunan.)

58. “Ramadan shahr al ‘itq min annar, falnatasabbaq fil ta’at wal a’mal assalihah. (Ramadan adalah bulan pembebasan dari neraka, mari kita berlomba-lomba dalam ketaatan dan amal shaleh.)

Baca juga: 35+ Kata Mutiara Bulan Ramadhan Bahasa Arab.

Ucapan Menyambut Ramadhan Bahasa Inggris

ucapan menyambut ramadhan
Sumber: Dokumentasi Evermos

59. “Happy Ramadhan! Wishing a blessed Ramadhan that will inspire you with courage and strenght that will help you to win every challenge of life!”

60. “May this Ramadan be a month of blessings, forgiveness, and guidance for all of us.”

61. “Wishing you a peaceful and fulfilling Ramadan filled with love and prosperity.”

62. “As the holy month of Ramadan begins, may Allah bless you with happiness and grace your home with warmth and peace.

63. “May the spirit of Ramadan illuminate the world and bring us closer to each other in kindness and compassion.”

64. “Welcome the month of Ramadan with a heart filled with gratitude and a soul eager for spiritual growth. Ramadan Mubarak!”

65. “May this Ramadan bring joy to your heart and light to your path. Ramadan Kareem!”

66. “As we embark on this sacred journey of Ramadan, may our prayers be answered, our sins forgiven, and our hearts filled with humility and gratitude.”

67. “Ramadan is a month of Allah. Whose beginning is mercy. Whole middle is forgiveness. Whose end is freedom from fire. Ramadan Mubarak.”

68. “Wishing you 1 month of Ramadan, 4 weeks of barkat, 30 days of forgiveness, 720 hours of guidance, 43200 minutes of purification, 2592000 seconds of noor. Ramadan Mubarak.”

69. “Wishing you a blessed Ramadan filled with peace, prosperity, and spiritual growth.”

70. “May this holy month of Ramadan bring joy, harmony, and blessings to you and your family.”

Demikianlah informasi mengenai kata-kata ucapan menyambut Ramadhan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Yuk, bagikan artikel ini kepada teman atau keluarga untuk persiapan menyambut Ramadhan.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya pada blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)