Tips Sukses Abdurrahman Bin Auf | Sahabat Nabi Yang Menjadi Pebisnis Sukses

Tips Sukses Abdurrahman Bin Auf — Kesuksesan dalam bisnis tentu menjadi impian banyak orang. Berbagai macam cara dilakukan untuk bisa membangun jalan menuju kesuksesan.

Salah satu cara mendapat keuntungan ialah dengan berdagang sebagaimana anjuran dari rasulullah SAW.

Bahkan saat zaman Rasulullah pun, berdagang merupakan salah satu bisnis yang mampu mengantarkan para Sahabat untuk menuju kesuksesan hidup di dunia.

Jika Anda ingin sukses dalam berdagang, maka bisa mencobatips kesuksesan berdagang satu ini.

Ada seorang sahabat nabi yang sangat terkenal karena kepandaiannya dalam berdagang yaitu Abdurrahman bin Auf Radhiallahu’anhu.

Kita bisa belajar bisnis dari Abdurrahman bin Auf karena kisah suksesnya tidak perlu diragukan lagi.

Abdurrahman bin ‘Auf adalah salah satu contoh cerminan keberhasilan seseorang dalam menjalankan bisnis.

Memulai kembali petualangannya setelah sempat down oleh keadaan demi mempertahankan keimanan dan keyakinannya, ia berhasil membalikkan semua persepsi dan keadaan yang sebelumnya sama sekali tidak memihak ke dalam hidupnya.

Dengan kiat-kiat bisnis di atas, ia menjelma menjadi seorang saudagar kaya dengan hati yang mulia. Kekayaannya sama sekali tidak membuat beliau jumawa.

Abdurrahman bin ‘Auf, adalah salah satu sahabat nabi dengan harta kekayaan yang sangat luar biasa. Bahkan harta kekayaannya diyakini telah melampaui tokoh pebisnis sukses di dunia saat ini.

Akan tetapi di balik kekayaannya tersebut tidak ada tersirat dalam hati beliau untuk ingkar dan diperbudak oleh harta hasil kerja kerasnya.

Ia selalu menyisihkan kekayaannya untuk disedekahkan

Sebenarnya bagaimana tips sukses ala Abdurrahman bin Auf’? Apa saja sih kiat-kiat sukses yang diterapkan oleh Abdurrahman bin’Auf hingga meraih kesuksesan yang luar biasa.

Bagi Anda yang penasaran bisa menyimak ulasan dari Kasensor yang dibawakan oleh Ustadz Rayk Manggala. Kasensor adalah singkatan dari Kajian Senin Sore yang merupakan program rutin dari Evermos yang berisikan kajian islam mengenai niaga.

Langsung saja kita simak ualsan artikel berikut ini.

Tips Sukses Abdurrahman Bin Auf

1. Melihat pasar yang dituju

Langkah bisnis yang harus dilakukan terlebih dahulu yakni Tentukan target pasar.

Abdurrahman bin ‘Auf mencoba untuk mempelajari seperti apa profil konsumen yang ada di Kota Madinah atau Yastrib. Sehingga beliau mampu menargetkan konsumen yang dituju dan menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memulai geliat bisnisnya.

Nah jika Anda ingin memulai bisnis, sebagai langkah awal kamu wajib untuk menargetkan pasar yang akan dituju. Sehingga Anda bisa terfokus terhadap pengembangan objek bisnis untuk menyasar target market

Setelah mengetahui lokasi pasar, Abdurrahman Bin Auf melakukan riset, mencari tahu produk apa yang paling laku di pasar Yastrib, dia menemukan bahwa cangkul adalah produk yang laris di pasar Yastrib.

Masyarakat Yastrib memiliki pekerjaan utama berkebun, maka cangkul adalah produk yang paling banyak dicari.

Cara pertama yang harus dilakukan jika anda hendak memulai bisnis tanpa modal adalah mulailah melihat kebutuhan pasar, cari tahu kebutuhan masyarakat, temukan produk yang tepat dengan kebutuhan pasar.

2. Negosiasi

Abdurrahman Bin Auf mencari pedagang besar produk cangkul untuk diajak kerjasama. Kemampuan negosiasi membuat dia bisa melakukan bayar mundur cangkul yang diambilnya. Beliau memulai dari 5 cangkul perhari, sampai akhirnya memiliki kios di pasar yastrib.

Cara kedua, memiliki kemampuan negosiasi. Anda bisa mencari distributor sebuah produk untuk anda jual kembali kemudian diajak kerjasama. Untuk Memiliki kemampuan negosiasi, anda harus menjadi pribadi yang jujur dan tanggung jawab.

3. Menciptakan Pasar 

Abdurrahman Bin Auf melihat lahan di pasar Yastrib sudah penuh dengan pedagang, dia memiliki ide untuk menciptakan pasar yang berdekatan dengan pasar utama untuk memenuhi permintaan pembeli.

Cara ketiga, melihat peluang dan menciptakan pasar, jika anda sudah tahu apa yang sangat dibutuhkan pembeli, maka segeralah membuat pasar. Di zaman yang serba digital, anda bisa menciptakan pasar sendiri dengan memanfaatkan media sosial, dan website.

4. Tidak menjual barang dalam kondisi Hutang

Dalam berbisnis, Abdurrahman bin ‘Auf tidak pernah menjalankannya dalam kondisi berhutang.

Dengan kemampuan negosiasi dan komunikasi yang baik, ia berhasil menjalankan metode bisnis yang sangat efektif dan tidak terbebani oleh hutang.

Nah Anda bisa coba untuk menerapkannya. Jika kamu memang mau mencoba untuk berbisnis, tidak perlu mencari biaya untuk berhutang atau semacamnya,

5. Mengambil Keuntungan Secukupnya

Dalam berbisnis Abdurrahman bin ‘Auf tidak mengambil keuntungan yang banyak. Beliau lebih mementingkan kuantitas barang yang terjual dalam proses transaksi dibandingkan dengan kuantitas profit yang diperoleh dari satu kali transaksi jual beli. Karena dengan metode tersebut maka mobilitas bisnis akan stabil serta mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen.

6. Menjual barang yang berkualitas

Bagi saya pribadi, kualitas barang yang kita jual adalah bagian dari sikap tanggung jawab seorang pebisnis. Antara penjual dan pembeli pada dasarnya saling menguntungkan dan membutuhkan.

Mereka para konsumen menyiapkan uang untuk hal yang mereka butuhkan dan kita selaku produsen atau penjual menyediakan semua kebutuhan tersebut dan mendapatkan imbalannya.

Sebagai implementasi atas rasa tanggung jawab kita sebagai pebisnis, sangat terlihat dari upaya kita dalam menyediakan barang yang berkualitas. Abdurrahman bin ‘Auf tak ketinggalan untuk menerapkan kiat yang satu ini. Beliau sama sekali tidak pernah menjual barang-barang dengan kualitas rendah atau cacat sekali pun.

Demikianlah ulasan mengenai Tips sukses ala Abdurrahman bin Auf. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Jangan lewatkan episode kasensor lainnya di Youtube Evermos setiap Hari Senin Sore. Simak Artikel  menarik lainnya di situs Blog Evermos

×