Hai, Bapak. Inilah Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui. Sampaikan Pada Istri Ya!

Hallo bapak-bapak dan ibu sekalian. Bagaimana, masih semangat puasanya? Pada saat bulan ramadan ini, Tentu para ibu kerap bingung dan khawatir akan keadaannya yang mengharuskan untuk berpuasa di tengah-tengah proses menyusui. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana sebenarnya dampak kesehatan dari puasa bagi ibu menyusui. Apakah masih aman untuk dilakukan? Sangat aman dan bisa namun tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Untuk itu, mari kita simak tips puasa bagi ibu menyusui pada artikel berikut ini.

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

tips puasa bagi ibu menyusui
sumber : shutterstock.com

Bulan Ramadan ini memberikan dilema tersendiri bagi para ibu menyusui. Di satu sisi, mereka ingin ikut berpuasa sebagaimana mestinya, namun di sisi lain ibu menyusui juga khawatir akan tidak tercukupinya pasokan ASI lantaran harus menahan lapar dahaga.

Apakah Anda salah satu ibu menyusui yang sedang merasakan kondisi dilema tersebut? Jangan sedih dan khawatir berbagai penelitian dan medis mengatakan bahwa ibu menyusui boleh menjalankan ibadah puasa.

Meski begitu, Ibu menyusui tidak bisa serta merta melakukannya. Ibu menyusui perlu memikirkan berbagai pertimbangan maupun persiapan agar puasa dan proses menyusui sama-sama berjalan dengan lancar.

Meski diperbolehkan berpuasa, sebenarnya secara agama mereka diberikan kelonggaran untuk tidak berpuasa. Namun kelak harus menggantinya di lain waktu atau membayarkan fidyah sesuai banyak hari yang ditinggalkan.

Ibu menyusui diberikan kelonggaran karena mereka bisa saja mengalami dehidrasi saat harus menyusui secara eksklusif. Namun tidak perlu khawatir, coba terapkan tips ini agar puasamu tetap lancar Ya. Simak disini!

1. Perhatikan Usia Bayi

tips puasa bagi ibu menyusui
sumber : shutterstock.com

Sebelum memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi Anda pada dokter. Dengan begitu, dokter bisa melihat kondisi kesehatan si bayi dari usianya.

Jika bayi masih berada di bawah usia 6 bulan, maka bayi akan bergantung pada asi sebagai asupan gizi utama. Jika bayi telah memasuki usia 6 bulan, biasanya Anda akan diperbolehkan berpuasa karena di masa ini bayi sudah mendapatkan makanan pendamping asi.

2. Jaga Pola Makan dan Asupan Nutrisi 

tips puasa bagi ibu menyusui
sumber : shutterstock.com

Saat puasa, pola makan seseorang memang cenderung berubah. Makanan yang kurang sehat seperti gorengan dan minuman manis, justru bisa mendominasi asupan harian saat berbuka puasa.

Padahal, agar ibu menyusui dapat menjalani puasa dengan sehat, Anda tetap perlu memperhatikan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Agar lancar berpuasa, pastikan bahwa nutrisi harian ibu menyusui selama berpuasa harus selalu terpenuhi. Ini artinya adalah Anda wajib mengonsumsi menu sehat yang bergizi seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah.

Karbohidrat, protein, dan lemak ini memiliki peran yang penting karena merupakan komponen dari ASI. Sedangkan sayur dan buah wajib dikonsumsi karena mengandung vitamin dan mineral.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan 

tips puasa bagi ibu menyusui
sumber : shutterstock.com

Tidak hanya nutrisi saja, hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kecukupan cairan tubuh yang sangat penting untuk produksi ASI. Ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan cairan tersebut saat berbuka puasa hingga sahur.

Untuk mengatasinya, usahakan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari, dengan pembagian 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas  malam hari sebelum tidur.

Namun, bukan berarti Anda diharuskan untuk minum sebanyak-banyaknya saat sahur.Terlalu banyak minum saat sahur justru akan membuat kandung kemih penuh yang mana Anda akoan mengeluarkannya sebagai urine tidak lama setelah itu. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih haus setelahnya.

Sebaliknya, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum secukupnya, sedikit demi sedikit, dalam frekuensi yang lebih sering dari waktu berbuka puasa, hingga sahur. Dengan begitu, kebutuhan cairan Anda juga dapat terpenuhi dengan baik.

4. Jangan Lewatkan Sahur

cara menghindari lapar
sumber : shutterstock.com

Ibu menyusui tidak boleh melewatkan sahur. Makanan yang dikonsumsi saat sahur akan menjadi cadangan nutrisi dan kalori selama menjalani puasa seharian. Oleh karena itu, jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur juga perlu diperhatikan agar nutrisi Bunda tercukupi dan tetap bertenaga sepanjang hari.

Baca Juga : 10 Tips Puasa Untuk Ibu Hamil, Insya Allah Aman dan Lancar Selama Ramadhan

Demikianlah ulasan mengenai tips puasa bagi ibu menyusui. Semoga dengan adanya artikel ini, Bisa bermanfaat bagi Anda.

Penuhi koleksi kebutuhan perlengkapan ibu dan anak dengan produk-produk di Aplikasi Evermos. Ada banyak bonus menguntungkan apalagi di transaksi pertama, loh.

Selain untuk pengggunaan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan produk-produk ini sebagai peluang usaha dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, para ibu menyusui yang bekerja dari rumah pun masih bisa

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

 

Sekian artikel mengenai Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×