Perhatikan 11 Tips Aman Berkendara Saat Hujan Demi Keselamatanmu

Saat ini musim hujan sedang melanda. Jangan sampai cuaca buruk tersebut sampai mengganggu rutinitasmu. Oleh karena itu, hendaknya kamu mengikuti beberapa tips aman berkendara saat hujan agar selamat selama perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan.

Tips Aman Berkendara Saat Hujan

1. Rencanakan Rute Perjalanan

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: pexels.com

Sebelum memulai berkendara, sebaiknya kamu merencanakan rute perjalanan terlebih dahulu.

Selalu update situasi jalan terkini, seperti melalui siaran radio jika kamu pengguna mobil. Begitu pun dengan pengguna kendaraan bermotor, harus ketahui dulu kabar terkini tentang situasi jalan di daerah yang akan kamu tuju.

Pastikan untuk menghindari wilayah yang tergenang banjir di musim hujan. Dengan mengetahui situasi jalan, maka rute jalan yang kamu ambil atau lewati akan tepat dan lancar selama perjalanan.

Tentu saja perencanaan rute perjalanan ini sangat penting di lakukan. Jika kamu tidak merencakan rute terlebih dahulu, mungkin saja rute jalan yang kamu lewati macet atau terjebak banjir?

Hal tersebut cukup menyita waktu banyak, perbandingan antara jarak tempuh dan waktu pun tidak normal seperti biasanya.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Di Musim Hujan Ini Bikin Untung Dan Dompet Jadi Tebal

2. Pastikan Semua Lampu Kendaraan Berfungsi Normal

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: pexels.com

Kamu harus memastikan semua lampu berfungsi normal. Gunakanlah bohlam standar, baik lampu senja, lampu utama, lampur kabut (jika ada) maupun lampu tanda belok /lampu sein.

Saat kendaraanmu melintas saat hujan deras, kamu harus menyalakan semua lampu sesuai fungsinya. Lampu-lampu tersebut bisa menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain.

Dengan begitu, kendaraan lain bisa melihat keberadaan kita. Jangan lupa untuk menggunakan lampu hazard (sein kanan-kiri yang berkedip bersamaan) jika kendaraanmu terpaksa berhenti darurat di pinggir jalan.

3. Periksa Tekanan Angin dan Alur Ban

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: google/bersosial

Periksalah tekanan ban sudah sesuai standar dan alur serta ketebalan ban luar juga masih bagus.

Kamu bisa memeriksa setidaknya seminggu sekali tekanan angin ban kendaraan milikmu. Tekanan ban dan alur ban yang masih baik mengurangi risiko kendaraan melayang diatas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip).

Sebaiknya jangan ambil risiko berkendara menggunakan ban yang sudah tipis. Karena akibatnya akan sangat fatal, bisa saja kamu tergelincir.

4. Pastikan Sistem Kontrol Kendaraanmu Berfungsi dengan Baik

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: pexels.com

Selain memeriksa tekanan angina dan alur ban, kamu juga perlu memastikan sistem kemudi, pedal gas, rem, maupun kopling berfungsi dengan baik.

Selalu beri perawatan ekstra terutama pada musim hujan ini untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan orang lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

Jangan menganggap sepele terhadap sistem kontrol kendaraanmu. Hal tersebut sangat penting demi keselamatan kamu selama berkendara.

5. Kurangi Kecepatan Berkendara Saat Hujan

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: pexels.com

Saat hujan sebaiknya mengurangi kecepatan berkendara. Hal ini bisa mengurangi risiko ban kendaraan tergelincir (slip) akibat jalan yang licin karena air hujan yang bercampur dengan oli.

Selain itu, mengendarai kendaraan dengan kecepatan lebih rendah memastikan semua ban menempel ke jalan dan itu membuat daya cengkram ban lebih kuat.

Jangan nekat untuk mengendarai dengan kecepatan tinggi di saat turun hujan, walau segmenting apapun kamu mengejar waktu untuk sampai tempat tujuan. Utamakanlah keselamatanmu!

6. Jaga Jarak Kendaraan dengan Kendaraan Lain

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: pexels.com

Menjaga jarak aman berkendara sudah seharusnya dipahami dan diterapkan oleh seluruh pengendara.

Peraturan mengenai jaga jarak antara kendaraan sudah diatur di dalam Pasal 62 PP No. 43 tahun 1993 tentang Tata Cara Berlalu Lintas.

Pentingnya menjaga jarak dengan mendaraan lain yaitu agar memiliki ruang lebih banyak saat menghentikan laju kendaraan untuk menghindari menabrak kendaraan lain.

Baca juga: Penting! Lakukan 10 Cara Menjaga Kesehatan yang Baik di Musim Hujan

7. Putaran mesin (RPM)

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: pexels.com

Jangan terlalu dalam menekan pedal gas, untuk memelihara traksi roda tetap optimal saat hujan dan jalan menanjak.

Untuk mesin bensin, jaga putaran di sekitar 2500 rpm dan 1.800 rpm untuk diesel. Hal ini dilakukan untuk menghindari supaya ban mobil tidak slip.

8. Perhatikan Marka Jalan

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: pexels.com

Pasti banyak dari pengendara yang cuek-cuek saja ketika berkendara tanpa memperhatikan dan memikirkan peran marka jalan. Mulai detik ini pastikan untuk meninggalkan perilaku berkendara seperti itu ya.

Marka jalan berfungsi untuk membantumu agar terhindar dari kecelakaan dan tetap berada di dalam jalur yang benar dan aman.

Semakin kamu paham akan peran marka jalan, otomatis keselamatan berkendara akan terwujud.

9. Jangan Memaksa Menerobos Genangan Air yang Dalam

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: pexels.com

Jika kamu memaksakan untuk melewati genangan air dalam dan air sampai terhisap masuk ke dalam mesin melalui saluran udara, mesin mobil akan mati (efek water hammer).

Kamu pun akan terjebak dalam banjir. Jika ini yang terjadi, asuransi mobil tidak menjamin perbaikannya.

Efek paling buruk bila sudah mengalami water hammer adalah turun mesin. Artinya pemilik mobil mau tidak mau harus mengganti seluruh komponen di bagian mesin dengan yang baru.

10. Jangan Menghidupkan Mesin Apabila Terjebak Banjir

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: google/bersosial

Jangan menghidupkan mesin jika terjebak banjir dan mogok. Karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraanmu.

Ketika terjebak banjir, jangan menghidupkan mesin kembali. Lebih baik didorong ke tempat yang aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian kendaraanmu mengalami korsleting dan dapat membuat kendaran terbakar.

11. Gunakan Alas Kaki yang Tidak Licin

Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Sumber: google/bersosial

Saat hujan ketika hendak berkendara, sebaiknya gunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendara.

Selain itu, persiapkan juga jas hujan yang berbentuk baju dan celana, bagi pengendara motor, karena jas hujan seperti itu lebih aman dibandingkan yang berbentuk ponco.

Nah, itulah 11 tips berkendara saat hujan. Sangat penting untuk kamu ketahui, karena hal-hal poin di atas akan menentukan keselamatanmu ketika berkendara, khususnya berkendara di saat hujan.

Semoga informasi tips ini dapat bermanfaat untukmu, jangan lupa untuk share tips aman berkendara saat hujan ini kepada orang-orang tersayang.

Selalu berhati-hati ketika berkendara ya, kapanpun dan di manapun kamu berada.

Be careful on the road!

Temukan informasi menarik lainnya pada artikel di situs blog Evermos.

×