Inilah 5 Teknologi Ramah Lingkungan Untuk Kehidupan Masa Depan

teknologi ramah lingkungan

Teknologi saat ini semakin berkembang, salah satunya adalah teknologi ramah lingkungan. Hal ini sangat penting untuk mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan. Sebenarnya apa saja contoh dari teknologi ramah lingkungan itu? Mari simak ulasan berikut ini.

Saat ini banyak orang dari seluruh penjuru dunia sedang menggencarkan Gerakan teknologi ramah lingkungan. Hal ini bermanfaat untuk menjaga lingkungan.

Pada dasarnya teknologi ramah lingkungan merupakan inovasi yang tidak membahayakan manusia dan lingkungan. Bisa dimulai dari penerapan konsep zero waste atau bebas limbah.

Teknologi ini biasanya berkaitan dengan sumber daya alam yang dapat diperbarui dan saat pemanfaatannya tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan. Adapun pengembangan teknologi ramah lingkungan ini dimulai saat ilmuwan-ilmuwan menyadari bahwa penggunaan energi seperti minyak bumi berdampak buruk bagi lingkungan.

Teknologi ramah lingkungan harus memenuhi persyaratan terhadap regulasi dan efisiensi berbagai penggunaan sumber daya itu sendiri seperti air, energi, penggunaan bahan baku, dan bahan kimia.

Baca Juga : 10 Cara Menghemat Listrik di Rumah | Efektif Kurangi Uang Bulanan

Fungsi Teknologi Ramah Lingkungan

Adapun inovasi ini memiliki beberapa fungsi yakni sebagai berikut:

  1. Menjaga kelestarian alam dan kerusakan alam
  2. Menjaga lingkungan tetap bermanfaat untuk menjaga Kesehatan
  3. Meminimalkan limbah sehingga mencegah pencemaran lingkungan
  4. Memanfaatkan barang yang tidak berguna menjadi produk yang berguna bagi kelangsungan hidup manusia
  5. Memudahkan dan pemenuhan kebutuhan manusia.

Penerapan teknologi ramah lingkungan ini sudah berada di beberapa bidang seperti energi, industri, transportasi, dan bahkan skala rumah tangga.

Penasaran apa saja yang merupakan teknologi ramah lingkungan? Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Baca Juga:  1 Ton Berapa Kg? Lengkap dengan Contoh Soal

Baca Juga : Wajib Ada! Inilah 15 Peralatan Dapur yang Tak Boleh Terlewatkan di Rumah Anda

Biogas

teknologi ramah lingkungan

sumber : google/bersosial

Tidak akan ada yang menyangka bahwa kotoran hewan dapat dijadikan sebuah energi. Mengapa bisa? Karena kotoran ini mengandung banyak gas karbondioksida dan metana.

Biogas ini salah satu teknologi ramah lingkungan yang popular. Teknologi biogas ini bisa jadi bahan bakar alternatif bagi kebutuhan rumah tangga.

Sebenarnya apa itu Biogas?

Biogas ini dihasilkan aktivitas fermentasi tercipta dari proses fermentasi bahan organik bakteri anaerob yang mana bakteri tersebut mengubah zat organik menjadi gas metana sebesar 75 persen.

Selain dari kotoran hewan, biogas juga bisa diproduksi dari limbah domestik. Jadi selain hemat biaya, biogas ini ramah lingkungan dan menjadi solusi bagi permasalahan pengelolaan limbah.

Kincir Angin

teknologi ramah lingkungan

sumber : unsplash.com

Siapa yang tidak tahu kincir angin? Sebagian dari kita tentu permah melihatnya. Namun tahukah Anda bahwa keberadaan kincir angin adalah bukan hiasan dan bukan tanpa sebab.

Kincir angin ternyata merupakan sebuah teknologi yang banyak digunakan di negara maju karena Angin yang bisa dijadikan alternatif pengganti bahan bakar fosil.

Energi angin yang digunakan dalam menggerakan kincir tersebut yang kemudian menghasilkan energi listrik.

Sistem inilah yang menjadi solusi ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi udara. berbeda dengan energi listrik fosil yang memberikan dampak buruk bagi atmosfer.

Mobil Listrik

teknologi ramah lingkungan

sumber : unsplash.com

Kelangkaan bahan bakar fosil membuat kita perlu berinovasi untuk masa depan. Hasil inovasi dari ilmuwan adalah mobil listrik yang lebih lingkungan ini bisa menjadi salah satu solusinya. Ditambah dengan gaya hidup elektrifikasi ini pun sedang digencarkan oleh pemerintah.

Meskipun jumlahnya masih tidak sebanding dengan mobill konvensional, diharapkan pengguna mobil listrik ini terus meningkat setiap tahunnya. Selain ramah lingkungan, perawatannya pun lebih mudah.

Baca Juga:  Inilah 4 Rekomendasi Produk Laris Evermos Pada Minggu Ini

Mobil listrik ini memiliki beberapa macam jenis yaitu mobil listrik yang menggunakan pengisian daya, dan juga ada yang menggunakan generator listrik

Panel Surya

teknologi ramah lingkungan

sumber : unsplash.com

Teknologi satu ini juga mungkin sudah sering Anda lihat sekaligus digunakan di berbagai macam kebutuhan baik pribadi maupun umum.  Panel surya ini adalah suatu teknologi yang mampu mengubah cahaya menjadi aliran listrik. Inovasi ini juga disebut sebagai photovoltaic.

Listrik tersebut nantinya dialirkan dan disimpan dalam baterai, untuk bisa digunakan saat mendung atau malam hari. Panel surya memiliki keunggulan, yakni tidak menghasilkan emsisi gas rumah kaca namun tetap menghasilkan energi yang besar. Nantinya, energi ini bisa dipasang, dipindahkan dan  dikembangkan.

Kendaraan hidrogen

teknologi ramah lingkungan

sumber : google/bersosial

Kendaraan ramah lingkungan ini menggunakan gas hidrogen sebagai bahan bakarnya. Istimewanya, inovasi ini tidak hanya bisa diterapkan mobil, namun juga pada pesawat. Pada dasarnya kendaraan ramah lingkungan tidak menggunakan bahan bakar minyak yang bisa menimbulkan polusi.

Demikianlah ulasan mengenai teknologi ramah lingkungan untuk masa depan. Semoga kita bisa terbiasa menggunakannya dan ikut andil dalam menjaga lingkungan untuk kelangsungan hidup anak dan cucu kita.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambahkan khazanah pengetahuan kita. Untuk membaca artikel menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×