Niat dan Tata Cara Shalat Idul Adha Serta Keutamaannya

tata cara shalat idul adha

Tata Cara Shalat Idul Adha — Sebentar lagi kita akan memasuki bulan dzulhijah dimana ada peristiwa penitng yakni hari raya idul adha yang dinanti-nanti seluruh umat muslim. Idul Adha jatuh  juga dikenal sebagai hari raya Qurban yang kaitannya dengan kisah Nabi Ibrahim a.s dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

Para muslim akan menyembelih hewan kurban. Daging hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada orang-orang sekitar, terutama bagi mereka yang tidak mampu dan membutuhkan.

Selain itu, Hari raya idul Adha ini juga kerap disebut sebagai “lebaran haji” karena tepat pada bulan Dzulhijjah umat Islam di seluruh dunia sedang menjalankan rukun Islam ke lima yaitu ibadah haji yang berada di Masjidil Haram.

Pada 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan Idul Adha inilah umat Islam yang menunaikan ibadah haji sedang melakukan puncak dari rukun haji terakhirnya yakni dengan penyembelihan hewan qurban.

Oleh karena itu, sebagiamana hari raya lainnya, ada sebuah ibadah sunnah yang harus Anda tunaikan yakni Shalat Idul Adha yakni merupakan shalat sunnah dua rakaat yang dikerjakan umat muslim di pagi hari saat Hari Raya Idul Adha.

Meskipun sunnah, namun tata cara shalat Idul Adha tentunya harus dilakukan dengan lengkap. Lantas, bagaimana sebenarnya Tata Cara Shalat Idul Adha yang benar? Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tapi sebelum mengetahui tata cara idul Adha, sudahkah Anda memiliki penghasilan tambahan?

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, yuk bisa bergabung menjadi reseller Evermos dengan cara klik di bawah ini.

daftar reseller evermos

Tata Cara Shalat Idul Adha

Pertama-tama yang perlu Anda ingat adalah adanya satu anjuran sebelum melaksanakan Idul Adha yakni tidak makan terlebih dulu.

Selain itu, meskipun sunnah namun begitu besarnya pahala shalat sunnah ini hingga rasulullah memerintahkan para umatnya untuk mengerjakannya.

Oleh karena itu, hendaknya kita bersungguh-sungguh dalam menunaikan ibadah ini sebagaimana tata caranya berikut ini :

  1. Membaca Niat Shalat Idul Adha.

Adapun bacaan Niat Shalat Idul Adha adalah sebagai berikut

“Ushalli sunnata li ‘idil adha rak’ataini imaaman/makmuuman lillaahi ta’ala.”

Artinya: “Aku berniat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

  1. Takbiratul ihram.
  2. Membaca Doa Iftitah.

“Kabiiraw walhamdu lilaahi katsiran wa subhaanallaahi bukrataw wa’ashiila, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin, Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiin, Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.”

Artinya: “Segala puji yang sebanyak banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang orang yang menyekutukanNya. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagiNya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang orang yang berserah diri.”

  1. Pada Rakaat pertama ini bacalah Takbir sebanyak tujuh kali dan boleh mengangkat tangan ketika takbir. Di antara setiap takbir, bacalah kalimat tasbih berikut ini :

“Subhanalloh wal hamdulillah wa laa ilaha illalloh wallohu akbar.”

Artinya: “Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada ilah kecuali Allah, Allah Maha Besar”.

Namun, selain bacaan di atas, Anda juga bisa membaca bacaan lainnya tentang pujian yang ditujukan pada Allah SWT.

  1. Setelah akhir takbir ke tujuh, bacalah surat Al Fatihah.
  2. Kemudian lanjutkan dengan membaca surat lainnya. Jika Anda seorang makmum, maka cukuplah menyimak surat lainnya yang dibacakan oleh imam
  3. Lanjutkan mulai dari ruku hingga sujud seperti biasa hingga bangkit dari sujud dan melakukan takbir rakaat kedua
  4. Pada rakaat ke dua, bacalah takbir lagi sebanyak lima kali, di antara takbir membaca kalimat tasbih sama seperti sebelumnya
  5. lanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah
  6. Dilanjutkan dengan membaca surat lainnya. Jika Anda seorang makmum, cukuplah menyimak bacaan dari imam
  7. Lanjutkan seperti biasa mulai dari ruku hingga tahiyat akhir
  8. Ucapkan Salam seperti biasa
  9. Mendengarkan khotbah.

Tata Cara Khutbah Idul Adha

Setelah melaksanakan shalat Idul Adha, umat muslim diharapkan tidak segera beranjak dari tempat duduk namun disunnahkan untuk mendengarkan khutbah.  Pasalnya, khutbah Idul Adha merupakan kesempurnaan shalat Idul Adha.

Khutbah setelah shalat Idul Adha dilaksanakan dengan dua khutbah, yaitu dilaksanakan dengan berdiri dan di antara keduanya dipisahkan dengan duduk sejenak.

Selain itu, khutbah pertama dimulai dengan takbir sebanyak 9 kali, sedangkan pada khutbah kedua dimulai dengan takbir 7 kali.

1. Khutbah Pertama

Adapun tata cara khutbah pertama dilakukan sebagai berikut:

  1. Membaca takbir sebanyak 9 kali
  2. Memuji Allah dengan membaca “alhamdulillah”
  3. Membaca shalawat Nabi SAW, sebagai berikut: “allahumma shalli ala sayyidina muhammad”
  4. Berwasiat tentang takwa
  5. Membaca ayat Al-Quran.

2. Khutbah Kedua

Setelah melakukan khutbah pertama, kemudian kita lanjutkan dengan khutbah kedua. Adapun tata cara khutbah Idul Adha ialah sebagai berikut:

  1. Membaca takbir sebanyak 7 kali
  2. Memuji Allah sekurang-kurangnya membaca “alhamdulillah”
  3. Membaca shalawat Nabi Muhammad SAW “allahumma shalli ala sayyidina muhammad”
  4. Berwasiat tentang takwa
  5. Menutup dengan mendoakan kaum muslimin.

Demikianlah ulasan mengenai tata cara shalat idul Adha ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memajukan semangat Anda dalam berbisnis.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos dan Anda bisa langsung mulai berjualan. Dengan cara klik tombol di bawah ini

mulai jualan sekarang

Sekian artikel mengenai Cara memulai usaha kecil kecilan di rumah dengan modal minim. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×