Niat dan Tata Cara Shalat Gerhana. Sunnah Yang Mendekati Wajib

tata cara shalat gerhana

Tata Cara Shalat Gerhana — Pada Hari ini, 26 Mei 2021 akan ada fenomena gerhana bulan total yang terjadi di bumi nusantara. Dalam islam, terdapat satu ibadah yang perlu kita lakukan saat gerhana tiba, yakni shalat gerhana.  Disunahkan bagi umat muslim untuk mengamalkan sholat baik saat gerhana matahari maupun gerhana bulan.

Adapun kesepakatan para ulama (Ijma) menyatakan bahwa hukum sholat gerhana matahari dan gerhana bulan adalah sunah mu’akkadah (sunnah yang mendekati wajib). Pendapat ini didasari sebagaimana oleh firman Allah SWT berikut ini :

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya: “Sebagian tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam, siang, matahari, dan bulan. Jangan kalian bersujud pada matahari dan jangan (pula) pada bulan, tetapi bersujudlah kalian kepada Allah yang menciptakan semua itu, jika kamu hanya menyembah-Nya,” (QS Fushilat: 37)

Sebuah hadits lain juga membahas terkait sholat gerhana matahari, yaitu hadits yang diriwayatkan HR Bukhari-Muslim yang berbunyi:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَا يَكْسِفَانِ لِمَوْتِ اَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ وَلَكِنَّهُمَا آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ تَعَالَى فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَقُومُوا وَصَلُّوا

Artinya: “Sungguh, gerhana matahari dan bulan tidak terjadi sebab mati atau hidupnya seseorang, tetapi itu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah ta’ala. Karenanya, bila kalian melihat gerhana matahari dan gerhana bulan, bangkit dan shalatlah kalian,” (HR Bukhari-Muslim).

Sholat gerhana dilakukan untuk mengingat betapa kecilnya manusia di hadapan Allah SWT. Beberapa hal yang menjadi keutamaan sholat gerhana adalah mengingat kekuasaan Allah SWT dan mendatangkan ridha Allah SWT.

Mungkin sebagian dari kita belum pernah melaksanakan shalat gerhana. Oleh karena itu, mari kita simak ulasan mengenai bacaan niat dan tata cara shalat gerhana bulan berikut ini.

Tata Cara Shalat Gerhana

Pelaksanaan shalat Khusuf untuk gerhana matahari dilakukan saat terjadi gerhana hingga matahari kembali seperti semula atau sampai matahari terbenam.

Sementara untuk shalat Khusuf gerhana bulan dikerjakan dimulai saat terjadi gerhana bulan sampai dengan bulan muncul kembali atau sampai bulan tampak secara utuh.

Jenis gerhana yang terjadi pada tanggal 26 mei 2021 ini adalah termasuk gerhana bulan. Maka laksanakanlah tata cara shalat gerhana ini sesuai dengan ketentuannya. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut.

Tata Cara Sholat Gerhana Bulan

Sholat gerhana bulan dalam Bahasa Arab sering disebut dengan khusuf. Waktu sholat gerhana bulan dimulai sejak awak terjadinya gerhana bulan sampai gerhana tersebut berakhir. Hal ini didasarkan pada sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,

“Oleh karena itu, bila kalian melihatnya, maka berdoalah kepada Allah dan shalatlah sampai kembali terang.”  (Muttafaqun ‘alaihi).

Tata Cara Shalat Gerhana Bulan

Berikut adalah tata cara pelaksanaan shalat gerhana bulan sebagaimana disampaikan oleh kementerian agama,

a. Membaca Niat;

Bacaan niat shalat gerhana bulan:

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامً لله تَعَالَى

Ushalli sunnatal khusuufi rak’ataini lillaaji ta’aalaa

Artinya: Aku niat shalat sunah gerhana bulan dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Niat untuk imam gerhana bulan :

USHOLLI SUNNATAL KHUSUUFI ROKATAINI IMAAMAN LILLAHI TA’ALAA

Artinya: ” Aku niat shalat gerhana bulan dua rakaat sebagai imam karena Allah ta’ala.”

Niat makmum sholat gerhana bulan;

USHOLLI SUNNATAL KHUSUUFI ROK’ATAINI MA’MUUMAN LILLAHI TA’AALAA

Artinya: ” Aku niat shalat gerhana bulan dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

b. Takbiratul ihram, yaitu bertakbir sebagaimana salat biasa;

c. Membaca doa iftitah dan berta’awudz, kemudian membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang (seperti surat Al Baqarah) sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih).

Sebagaimana hal ini terdapat dalam hadits berikut ini

“Nabi SAW. menjaharkan (mengeraskan) bacaannya ketika shalat gerhana.”(HR. Bukhari no. 1065 dan Muslim no. 901).

d. Kemudian ruku sambil memanjangkannya;

e. Bangkit dari ruku (i’tidal);

f. Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama;

g. Kemudian ruku kembali (ruku kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku sebelumnya;

h. Kemudian bangkit dari ruku (i’tidal);

i. Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana ruku, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali;

j. Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya;

k. Salam

Rekomendasi Produk

Lengkapi perlengkapan ibadah Anda dengan menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dan halal di aplikasi Evermos. Seluruh produk di Evermos terjamin kehalalannya karena terdapat dewan pengawas syariah yang selalu meninjau kelangsungan sistem bisnis yang sesuai syariah di Evermos.

Jadi, bagi Anda yang ingin mencari produk ibadah, maka cocok sekali untuk berbelanja di aplikasi Evermos. Belanja di Aplikasi Evermos sangat menguntungkan apalagi ada voucher khusus di transaksi pertama yang bisa Anda gunakan.

Jadi, mari langsung lakukan transaksi pertama sekarang karena ada voucher transaksi pertama di Evermos yang sayang untuk dilewatkan!Revamp Transaksi Pertamaku UNTUKMU 50-100 Evermos

Tidak hanya berbelanja, namun kita juga bisa menjual produk-produk ini dengan menjadi reseller Evermos.

Bagi Anda yang tertarik Untuk menjadi Reseller Berpenghasilan Jutaan Rupiah Perbulannya, Yuk Daftar Disini!

KLIK DISINI UNTUK DAFTAR

Ketentuan Shalat Gerhana

Beberapa hal harus diperhatikan sebelum menjalankan sholat gerhana. Sebelum melakukan sholat gerhana matahari, ada baiknya mengetahui langkah berikut:

1. Memastikan waktu gerhana

Dalam melakukan sholat gerhana, penting untuk memastikan terlebih dahulu kapan tepatnya gerhana matahari atau bulan terjadi, karena sebaiknya sholat ini dilakukan tepat pada saat gerhana terjadi.

2. Bacaan sholat diucapkan lantang

Muslim pria maupun wanita dapat mengikuti ibadah ini. Bacaan sholat disunahkan terdengar keras saat sholat berlangsung, siang maupun malam hari. Disamping itu, pada rakaat pertama bacaan sebaiknya dipanjangkan.

3. Sholat dilakukan tanpa azan dan iqamah

Aisyah RA meriwayatkan bahwa Rasul memerintahkan sholat dengan hanya menyerukan ‘Asshalaatu jaami’ah” sesuai Hadist Riwayat Abu Daud dan Nasa’i. Tidak ada azan dan iqamah karena keduanya hanya untuk sholat wajib lima waktu.

4. Dilakukan 2 rakaat

Sholat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat, setiap rakaatnya terdiri dari dua kali rukuk dan dua kali sujud. Sama seperti yang lain, sholat gerhana diawali niat dan diakhiri salam.

5. Bisa dilakukan sendiri maupun berjamaah

Sholat Gerhana bisa dilakukan sendiri atau berjamaah, meski disarankan untuk melakukan sholat berjamaah di masjid atau tanah lapang.

Rekomendasi Produk

produk quran evermos

Temukan beragam produk perlengkapan ibadah di Aplikasi Evermos. Selain untuk konsumsi pribadi, Anda juga bisa menjadikan produk ini sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Tenang saja, menjadi reseller di Evermos ini gratis tanpa biaya apapun Loh. Anda hanya perlu berjualan tanpa ribet mikirin stok dan pengirjman barang.

Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sampingan dengan penghasilan hingga jutaan rupiah, yuk Daftar Disini Sekarang.

YUK GABUNG DISINI

Amalan di Saat Gerhana

Saat fenomena gerhana muncul tidak hanya sholat dan mendengarkan khutbah saja yang dapat dijadikan amalan bagi para muslim. Namun ada beberapa amalan lain yang dapat dilaksanakan. Adapun beberapa amalan yang dapat dilakukan setelah sholat gerhana adalah

1. Sedekah

Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana, maka perbanyaklah berdoa kepada Allah, bertakbirlah, dirikan sholat dan bersedekahlah” ( HR. Bukhari)

Berdasarkan hadits di atas, umat muslim disunahkan untuk bersedekah ketika gerhana matahari terjadi.

2. Dzikir dan doa

Berdoa juga jadi amalan yang baik apabila dilaksanakan ketika gerhana matahari. Ditambahkan pula dari buku ‘Fiqih Shalat Gerhana’ yang ditulis oleh Isnan Ansort, Lc., M.Ag, tertulis bahwa dzikir dan istigfar juga bisa diperbanyak selama peristiwa gerhana.

Hal ini merujuk pada ayat dan hadits berikut:

“Dari Abu Musa berkata: Rasulullah Saw bersabda: Inilah dua tanda-tanda yang Allah kirimkan, ia tidak terjadi karena hidup atau matinya seseorang, tetapi “(Dia, Allah mempertakuti hamba-hamba-Nya dengannya)” (Qs. Az-Zumar: 16).

Adapun hadist lain yang menyatakan sebagai berikut,

“Maka jika kalian melihat sesuatu padanya (gerhana), maka segeralah untuk mengingat Allah, berdoa dan meminta ampunan.” (HR. Bukhari).

Demikianlah ulasan mengenai tata cara shalat gerhana. Semoga dengan adanya artikel ini bisa meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan kita.

Untuk melengkapi perlengkapan ibadah Anda, maka Anda bisa menemukan berbagai perlengkapan muslim di Aplikasi Evermos. Tersedia berbagai produk kebutuhan muslim mulai dari perlengkapan ibadah, baju muslim, alquran, hingga kurma.

Selain untuk penggunaan pribadi, produk ini pun bisa Anda gunakan sebagai modal usaha.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai tata cara shalat gerhana ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×