Tanggal 15 Agustus Diperingati Sebagai Hari Apa? Ini 7 Peristiwa Penting Dunia!

Tanggal 15 Agustus diperingati sebagai hari – Tahukah Anda tanggal 15 Agustus diperingati sebagai hari apa? Ternyata banyak peristiwa penting yang terjadi pada tanggal tersebut.

Agustus bagi Indonesia adalah bulan spesial karena pada bulan ini masyarakat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya, yakni pada 17 Agustus.

Selain bulan spesial, ternyata banyak peristiwa yang sangat penting dan perlu diingat di tanggal lainnya.

Misalnya pada tanggal  15 Agustus, tercatat ada 7 peristiwa yang perlu Anda ketahui untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Apa saja 7 peristiwa penting tersebut? berikut ini ulasannya untuk Anda.

Tanggal 15 Agustus Diperingati sebagai Hari Lahirnya Kabupaten Bekasi

Tanggal 15 Agustus Diperingati Sebagai Hari
Sumber: google.com/bersosial

Pertama, tanggal 15 Agustus diperingati sebagai hari lahirnya Kabupaten Bekasi. Banyak orang yang belum mengetahui peristiwa soal penetapan hari jadi Kabupaten Bekasi ini. Ada sejarah di balik tanggal ini. Dahulu, Kabupaten Bekasi adalah Kabupaten Jatinegara.

Pada saat itu ada sebuah organisasi yang bernama Panitia Amanat Rakyat Bekasi yang di dalamnya berisi tokoh-tokoh dari Bekasi, seperti KH. Noer Alie, R. Supardi, Mayor Madmuin Hasibuan, Nemin, Aminudin, dan Marzuki Urmaini.

Kelompok ini mengadakan rapat besar-besaran di Alun-alun Bekasi yang dihadiri oleh puluhan ribu rakyat Bekasi, termasuk di dalamnya warga Tambun dan Cikarang, pada 17 Februari 1950.

Salah satu tuntutannya adalah menuntut kepada pemerintah agar Kabupaten Jatinegara diganti menjadi Kabupaten Bekasi.

Akhirnya DPR RIS dan Perdana Menteri, Moh. Hatta, menyetujui perubahan nama tersebut. Kemudian dikeluarkannya Undang-undang No 14 Tahun 1950.

Dan pergantian nama menjadi Kabupaten Bekasi akhirnya resmi ditetapkan pada tanggal 15 Agustus 1950. Hari ini Kabupaten Bekasi sudah berusia 72 Tahun.

Tanggal 15 Agustus Diperingati sebagai Hari Apa? Jepang Menyerah pada Sekutu

Tanggal 15 Agustus Diperingati Sebagai Hari
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian, pada tanggal 15 Agustus ada peristiwa penting yang terjadi, yakni peristiwa vacum of power atau menyerahnya Jepang pada sekutu.

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 15 Agustus 1945, artinya dua hari sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Menyerahnya Jepang diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh Amerika di dua kota besar Jepang, yakni Hirosima dan Nagasaki.

Karena tragedi bom atom tersebut maka ada kekosongan kekuasaan pemerintahan Jepang, dan akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Selain itu, menyerahnya Jepang kepada sekutu menjadi akhir dari perang dunia II.

Tanggal 15 Agustus Soekarno Diculik dan  Didesak untuk Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia

Tanggal 15 Agustus Diperingati Sebagai Hari
Sumber: google.com/bersosial

Berkaitan dengan peristiwa menyerahnya Jepang kepada sekutu, golongan muda Indonesia yakni Sutan Syahrir dkk, mendesak agar Presiden RI pertama, Ir. Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Soekarno diminta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 16 Agustus 1945.

Namun ia menolak karena ingin meminta pendapat terlebih dahulu kepada anggota PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Berangkat dari hal itu, golongan muda melakukan rapat resmi yang dilakukan di Pegangsaan timur Jakarta pada 15 Agustus 1945 yang dihadiri oleh tokoh muda lainnya.

Hasil rapatnya adalah bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hak rakyat bukan harus bergantung pada pihak lain.

Soekarno dan Hatta yang mengetahui hasil rapat tersebut masih kukuh menolak untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dan harus berdiskusi dahulu dengan PPKI.

Akhirnya golongan muda menculik Soekarno ke Rengasdengklok, Karawang, dan didesak untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. 

Dua hari setelah itu akhirnya pada 17 Agustus 1945, Soekarno resmi membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia, dan setiap tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tanggal 15 Agustus Diperingati sebagai Hari Penyerahan Papua Barat ke Indonesia

papua barat
Sumber: google.com/bersosial

Selain tiga peristiwa penting di atas, pada 15 Agustus 1962 ada peristiwa lainnya yaitu penyerahan Papua bagian Barat ke Indonesia oleh Belanda.

Hal ini terjadi karena Indonesia dan Belanda menandatangani Perjanjian New York di New York, Amerika Serikat.

Hasil dari perjanjian tersebut adalah penyerahan wilayah Papua bagian barat kepada United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA) atau Otoritas Eksekutif Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa yang kemudian diserahkan kepada Indonesia.

India Meraih Kemerdekaannya dari Inggris pada 15 Agustus 1947

india
Sumber: google.com/bersosial

Dua tahun setelah Indonesia merdeka, kemudian India menyusul pada 15 Agustus 1947. India berhasil merdeka dari Inggris dan menghapus pemerintahan Inggris di India yang berlangsung selama 190 tahun.

Salah satu tokoh yang paling berperan penting dari kemerdekaan India ini adalah Mahatma Gandhi.

Mahatma Gandhi berhasil menekan pemerintah Inggris untuk memberikan kemerdekaan kepada India.

15 Agustus 2005, GAM dan Indonesia Sepakat Akhiri Konflik

konflik GAM
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya tanggal 15 Agustus diperingati sebagai hari di mana Gerakan Aceh Merdeka atau GAM sepakat berdamai dengan Indonesia.

Sebelum perdamaian ini, GAM bersikeras untuk melepaskan diri dari Indonesia, namun akhirnya ada 15 Agustus 2005 melalui penandatanganan nota kesepahaman di Helsinki, FInlandia, GAM mengakhiri usahanya untuk pisah dari Indonesia.

Selain itu, sebelum terjadi perdamaian ini, konflik antara Indonesia dan GAM berlangsung selama 29 tahun dan menelan banyak korban jiwa hingga 15.000 orang.

Napoleon Bonaparte Lahir pada 15 Agustus 1769

napoleon bonaparte
Sumber: google.com/bersosial

Nama Napoleon Bonaparte mungkin sudah tak asing lagi, ia adalah kaisar Prancis yang memerintah selama 10 Tahun dari 1804 sampai 1814.

Ia lahir di Ajaccio, Corsica, Prancis. Kemudian meninggal dunia pada 5 Mei 1821 karena kondisi kesehatan yang semakin buruk.

Nah, itu tadi 7 peristiwa penting yang terjadi di dunia ini pada tanggal 15 Agustus. Demikianlah ulasan tentang 15 Agustus diperingati sebagai hari apa, semoga bermanfaat!

Jika ingin membaca artikel peristiwa penting lainnya, silahkan untuk selalu mengunjungi situs Blog Evermos.

Selain itu Anda juga bisa berikhtiar bersama Evermos dengan menjadi bagian dari reseller Evermos yang meraih banyak keuntungan dan keberkahan.

Anda bisa mendapatkan uang hanya dengan diam di rumah saja dan modal HP saja. Penasaran? Langsung saja klik tombol di bawah ini, ya.

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88