Home » Rekomendasi 6 Taman Hiburan Terbaik untuk Liburan Akhir Tahun

Rekomendasi 6 Taman Hiburan Terbaik untuk Liburan Akhir Tahun

by Siti Choerunnisa
0 comment

Liburan akhir tahun identik dengan waktu berwisata dengan keluarga. Bagi anda yang bosan berwisata alam seperti pantai dan gunung, berikut kami berikan rekomendasi taman hiburan yang tidak kalah seru.

Taman hiburan bisa jadi pilihan destinasi wisata yang tidak kenal usia dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Semua yang mengunjunginya pasti merasa terhibur.

Kita kerap kali melihat bahwa tempat hiburan yang bagus hanya terletak di luar negeri, namun jangan salah Indonesia pun memiliki banyak taman hiburan yang tidak kalah bagusnya.

Penasaran Ingin tahu apa saja taman hiburan terbaik di Indonesia? Yuk, kita simak rekomendasi 6 Taman hiburan terbaik untuk liburan akhir tahun Anda.

Baca Juga : Inilah 5 Tempat Wisata di Bogor yang Sudah Buka di Era New Normal

6 Taman Hiburan Terbaik untuk Liburan Akhir Tahun

1. Taman Impian Jaya Ancol

taman hiburan

sumber : instagram.com

 

Taman  hiburan yang satu ini bisa dibilang merupakan pionir berdirinya taman hiburan di Indonesia. Tempat ini berlokasi di Kelurahan Ancol dan sudah dibangun sejak tahun 1996 oleh PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk atas penunjukkan langsung dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

taman hiburan

sumber : instagram.com

Taman Impian Jaya Ancol ini sangat luas sampai Anda bisa berkeliling dengan menggunakan Gondola di wilayahnya. Tempat wisata Ancol ini banyak menyajikan jenis rekreasi yang berkualitas. Berbentuk sebuah komplek yang terdiri dari beberapa tempat wisata beragam mulai dari pantai Ancol, Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure (Atlantis), Sea World, Ocean Dream Samudra (Samudra), dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, Taman Impian Jaya Ancol sangat populer di kalangan masyarakat Jakarta dan masih menjadi destinasi favorit masyarakat.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Bandung Terbaru dan Terfavorit 2020

2. Dunia Fantasi (Dufan)

taman hiburan

sumber : instagram.com

Siapa yang tidak kenal dengan dufan? Sebuah taman hiburan yang sangat popular di Indonesia; Tempat ini merupakan bagian dari taman impian jaya ancol berbentuk theme park dengan berbagai wahana menarik.

Dufan terbagi menjadi beberapa kawasan dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah masing-masing. Terdapat berbagai wahana permainan seperti komidi putar, tornado, kicir-kicir, halilintar, ombang ambing, arum jeram, niagara, kora-kora dan lainnya.

taman hiburan

sumber : instagram.com

Jangan khwatir, Dufan juga banyak memiliki fasilitas umum demi kenyamanan pengunjung seperti free drinking water, gratis pinjam stroller bayi dan kursi roda. Terdapat pula free wifi, charger point, toilet, baby care room, masjid, ambulance, dsb.

Untuk harga tiketnya dibanderol mulai dari Rp. 200 ribu hingga Rp. 550 ribu tergantung jenis tiketnya.

3. Trans studio

sumber : instagram.com

Taman hiburan yang satu ini terbilang unik karena memiliki konsep Indoor. Jadi, bagi Anda  yang tidak ingin kepanasan atau kehujanan cocok untuk berlibur di tempat ini. Bahkan, tempat ini digadang-gadang sebagai salah satu taman hiburan indoor terbesar di dunia.

Konsep indoor yang ditawarkan pun sangat menarik. Pengunjung disambut dengan kemilau lampu yang mengagumkan yang dibuat serasa berada di Broadway.

sumber : instagram.com

Trans Studio ini memiliki beberapa cabang di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Makassar, dan Ciburur.

Berbagai wahana penuh adrenalin dihadirkan ada di tempat ini. Konsep wahananya pun unik, bahkan ada yang terinspirasi dari program acara Trans TV dan juga Trans 7.

Wahana  di Trans Studio Bandung antara lain Yamaha Racing Coaster dan Giant Swing, Rimba Express, dsb. Anda  juga berkesempatan untuk diberi kesempatan seolah-olah terlibat dalam program TV dari TransTV dan Trans7 seperti Dunia Lain dan Si Bolang.

Untuk tiket masuknya sendiri dibanderol dari 300.000- 400.000 tergantung hari weekdays/weekend.

4. Taman Mini Indonesia Indah

taman hiburan

sumber : instagram.com

 

Sesuai dengan namanya,, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyuguhkan  replika dari berbagai rumah adat dan  kebudayaan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Tempat wisata yang satu ini terletak di daerah Jakarta Timur. TMII adalah taman hiburan yang cocok untuk wisata edukasi keluarga untuk  mengenalkan betapa kayanya kebudayaan dan tradisi Indonesia.

taman hiburan

sumber : instagram.com

Selain tentang kebudayaan,  TMII juga menyediakan hiburan lainnya dengan menyediakan 10 taman berisi flora dan fauna, dan 16 museum untuk menambah wawasan. Bahkan selain menyediakan wisata edukasi, TMII juga menyediakan wahana rekreasi seperti Snowbay Waterpark, Kereta Gantung, , Istana Anak Indonesia, Teater Imax Keong Mas, Teater 4 Dimensi, danau, pemancingan, dsb.

Jadi, tunggu apalagi segera ajak keluarga Anda ke sini. Harga tiket masuknya pun tidak terlalu mahal, hanya 90 ribu rupiah.

5. Jungleland

taman hiburan

sumber : instagram.com

Selain dufan dan TMII, ada taman hiburan baru yang terletak di sekitar Kawasan jabodetabek, yakni Jungleland.

JungleLand ini cocok dijadikan tempat wisata bagi anda yang memiliki jiwa adventure dan ingin seru-seruan. Tempat ini berlokasi di Kawasan Sentul Nirwana, Bogor dan memiliki luas 35 hektar.

taman hiburan

sumber : instagram.com

JungleLand menyediakan lebih dari 35 wahana super seru. Semua wahana ini terbagi menjadi empat zona berbeda yaitu Mysteria, Carnivalia, Tropicalia, dan Explora.

Selain wahana bermain, JungleLand juga menyediakan fasilitas lengkap lainnya seperti restoran dan pusat perbelanjaan. Terdapat juga fasilitas loker, toilet, kereta bayi, kursi, tenda, dsb.

6. Jatim Park

Seperti namanya, Jatim Park terletak di provinsi jawa timur lebih tepatnya di Kota Batu. Uniknya, taman hiburan jatim park ini terdiri dari tiga cabang yang disebut Jatim Park 1, 2 dan 3. Setiap cabang dari Jatim Park ini konsep dan keunikan tersendiri yang ditawarkan.

Jatim Park 1

taman hiburan

sumber : instagram.com

Taman hiburan Jatim park 1 ini menawarkan konsep rekreasi yang kuat. Jatim Park 1 berisi berbagai wahana bermain yang memacu adrenalin hingga waterpark. Terdapat berbagai wahana yang ditawarkan seperti Superman Coaster, Waterboom, Science Center, Volcano Coaster, Sky Ride, dsb.

Jatim Park 1 berlokasi di Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Harga tiket masuknya di kisaran 90.000 rupiah untuk weekdays dan 130.000 rupiah untuk weekend.

Jatim Park 2

taman hiburan

sumber : instagram.com

Sedangkan Jatim Park 2 yang menyajikan konsep wisata edukasi kebun binatang interaktif seperti Museum Satwa, Secret Zoo, dan Eco Game Park. Anda juga bisa melihat satwa-satwa air di Zona Aquarium, maupun beraneka reptil di Reptile Garden.

Uniknya, di Jatim Park 2 ini semua satwa ditata secara artistik dengan desain tempat yang keren dan instagrammable. Kamu juga bisa melihat satwa-satwa air di Zona Aquarium, maupun beraneka reptil di Reptile Garden

Jatim Park 2 terletak di Jl. Oro-oro Ombo 9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu. Harga tiket masuknya beragam dimulai dari 105.000 – 150.000 rupiah tergantung paket yang dipilih.

Jatim Park 3

taman hiburan

sumber : instagram.com

Selanjutnya ada Jatim Park 3 yang mengusung konsep wisata keluarga masa kini. Jatim Park 3 merupakan destinasi wisata dimana Anda bisa belajar kehidupan hewan purbakala seperti dinosaurus.  Tersedia Beberapa wahana di Jatim Park 3 meliputi Museum Dino, 5 Zaman, The Rimba, Live with Dino, Ice Age, 6D Animasi, dsb.

Tempat ini berlokasi di Jl. Ir. Soekarno 144, Beji, Junrejo, Kota Batu dengan harga tiket mulai dari Rp. 75.000 – 170.000.

6 Taman Hiburan Terbaik di Indonesia

Demikianlah ulasan mengenai 6 taman hiburan terbaik di Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi untuk liburan akhir tahun Anda.

Selamat berlibur, ya. Namun tetap jangan lupa terapkan protokol kesehatan dengan baik.

Untuk membaca rekomendasi tempat wisata menarik lainnya, anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Related Posts