Home » Inilah 10 Taman di Bandung yang Jadi Favorit Warga Lokal Maupun Luar

Inilah 10 Taman di Bandung yang Jadi Favorit Warga Lokal Maupun Luar

by Risma Novianti
0 comment

Sudahkah Anda mengunjungi taman di Bandung yang menjadi favorit masyarakat lokal maupun luar kota? Sebenarnya ada banyak sekali taman yang unik di kota Bandung. Jangan sampai terlewatkan, berikut akan dijelaskan satu per satu!

Coba list taman mana saja yang akan Anda kunjungi, siapa tahu Anda dan keluarga atau kerabat bisa merencanakan refreshing ke taman-taman ini.

Baca juga: Yuk, Kunjungi 11 Tempat Wisata di Lembang Paling Hits dan Memorable

Taman di Bandung yang Jadi Favorit 

1. Taman Lansia

Taman di Bandung

Sumber: google/bersosial

Hadirnya taman lansia ini yang semakin tertata dan terurus menjadi semakin ramai dikunjungi. Uniknya walaupun bernama Taman Lansia, tapi tidak hanya orang-orang yang berumur lansia yang datang ke taman ini.

Taman ini juga di datangi oleh berbagai kalangan umur yang sengaja datang untuk menikmati asrinya taman lansia, walau sekedar berjalan-jalan, rekreasi, dan makan bersama keluarga karena disekitar taman lansia ini dikelilingi dengan berbagai tempat makan.

Taman lansia juga ramai dikunjungi saat hari sabtu dan minggu, biasanya digunakan untuk mereka yang ingin berolah raga pagi sambil menikmati sejuknya udara Bandung.

2. Taman Vanda

Taman di Bandung

Sumber: google/bersosial

Salah satu taman di Kota Bandung yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Taman Vanda. Taman ini termasuk taman yang populer di Bandung. Hampir setiap hari taman ini ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sekadar sambil menikmati suasana di sekitaran taman ini.

Taman Vanda sendiri merupakan sebuah taman yang bisa dikatakan cukup unik dan menarik. Taman ini memiliki bentuk segitiga dengan luas lahannya sekitar 2.000 m2. Hampir di sekeliling taman ini di tembok dan di bagian tengahnya ditanami berbagai macam tanaman hias dan juga kolam air mancur.

Namun seiring berkembangnya zaman, taman ini sekarang menjadi taman yang bersih dan nyaman untuk dipakai liburan bersama keluarga. Lokasinya yang strategis dan juga mudah diakses akan memudahkan Anda sampai ke tempat ini.

3. Taman Musik Centrum

Taman di Bandung

Sumber: google/bersosial

Taman Musik ini luas areanya sekitar 4.200 meter dan diperuntukkan untuk anak muda yang gemar main musik.

Selain itu, taman ini bisa jadi tempat bagi band yang ingin tampil dan bisa digunakan dengan gratis.

Dengan adanya taman musik ini, bisa menjadi wadah untuk yang hobi main musik. Jika ingin tampil atau menggelar acara musik di taman ini, cukup koordinasi dan mengajukan perizinan pada Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam).

Tidak hanya untuk tampil, taman ini juga dapat dijadikan tempat nongkrong yang asyik bagi siapa pun.

Rimbunnya pepohonan dan taman yang ditata apik akan membuat pengunjung betah berlama lama nongkrong di sana.

4. Taman Lalu Lintas

Taman di Bandung

Sumber: google/bersosial

Tempat ini banyak sekali diminati oleh wisatawan lokal terutama pada akhir minggu atau masa libur anak sekolahan.

Keberadaan Taman Lalu Lintas yang udah berdiri sejak tahun 1958 ini tentu memiliki tempat tersendiri dalam kenangan masa kecil warga Bandung.  Mungkin hampir semua orang Bandung pernah dateng ke sini minimal sekali seumur hidupnya.

Apalagi zaman dulu tempat rekreasi belum banyak seperti  sekarang. Walaupun sudah punya banyak saingan, salah satu alasan yang membuat tempat ini masih diminati mungkin karena tiket masuknya yang bisa dibilang murah meriah.

Baca juga: 11 Tips Aman Travelling Sendirian Agar Uang dan Barang Anti Hilang

5. Taman Sejarah

Taman di Bandung

Sumber: google/bersosial

Taman Sejarah tersebut masih dalam satu kompleks dengan area gedung kepemerintahan kota Bandung. Bahkan lahan yang kini menjadi tempat wisata merupakan bekas tempat parkir gedung DPRD Bandung.

Untuk menuju ke destinasi wisata tersebut sangat mudah sebab terletak di pusat kota Bandung. Jadi dapat memanfaatkan fasilitas transportasi umum maupun pribadi.

Yang paling unik dari taman sejarah ini adalah adanya relief dari seluruh wali kota bandung. Selain itu terdapat mini pool.

Karena hanya dengan melihat berbagai macam relief, stiker yang menggambarkan sejarah kota Bandung tidak begitu menarik perhatian bagi anak-anak. Dengan adanya kolam renang anak, dapat membantu mengurangi rasa bosan dan jenuh, anak-anak pun dapat bermain sepuasnya.

6. Taman Balai Kota

Taman di Bandung

Sumber: google/bersosial

Taman Balai Kota Bandung atau juga dikenal sebagai Bandung City Hall Park yang berdiri tepat di pusat kota Bandung.

Apabila kalian datang dengan membawa anak kecil, maka tak usah khawatir si kecil akan merasa bosan. Sebab di Bandung City Hall Park telah menyediakan ayunan serta papan jungkat-jungkit yang aman buat anak kecil.

Para orang tua juga bisa mengawasi kegiatan si buah hati di area tunggu yang telah dilengkapi dengan kursi-kursi.

Disini juga telah tersedia arena untuk olahraga bagi orang dewasa yang sudah dilengkapi dengan berbagai alat-alat olahraga sederhana seperti pada pusat kebugaran.

7. Taman Film

Taman di Bandung

Sumber: google/bersosial

Pengunjung akan disajikan dengan layar besar di taman film ini. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di taman ini, diantaranya menonton film, tempat olahraga, bahkan piknik.

Dengan konsep bioskop terbuka dengan luas 1.300 m2 ini, selain sebagai tempat pertunjukan film secara singkat, sudah menjadi tempat rekreasi yang murah bahkan gratis di Bandung.

8. Cikapundung River Spot

Taman di Bandung

Sumber: google/bersosial

Area sekitar Cikapundung River Spot ini sering dipakai oleh berbagai event di Bandung. Ada yang menyebut taman ini sebagai Taman Cikapundung Timur juga, karena terletak di Jl. Cikapundung Timur dan berubah nama menjadi Jalan Dr. Ir Soekarno.

Lokasinya yang strategis, membuat Cikapundung River Spot ini mudah dikenali dan banyak dikunjungi dengan tujuan hiburan murah meriah.

9. Teras Cikapundung

Taman di Bandung

Sumber: google/bersosial

Teras Cikapundung lokasinya berada di kawasan hutan kota Babakan Siliwangi. Green area ini dibuat oleh pemkot bandung di bawah arahan wali kota Ridwan Kamil, yang sekarang telah menjadi Gubernur Jawa Barat.

Tempat ini berkonsep Urban dan Ekologi tepat di aliran sungai Cikapundung. Tujuan dibangun Teras Cikapundung ini adalah menyediakan ruang umum terbuka untuk masyarakat kota bandung dan sekitarnya, yaitu akan difungsikan sebagai tempat untuk bersosialisasi, bercengkrama di kawasan hijau kota yang nyaman untuk ditinggali

10. Pet Park

Taman di Bandung

Sumber: google/bersosial

Sesuai namanya, ruang terbuka ini merupakan taman yang mengusung tema hewan peliharaan. Di sini, para pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa dengan leluasa berekreasi dan menikmati fasilitas yang ada.

Fasilitas permainan ketangkasan serta pepohonan yang rimbun, dijamin akan membuat hewan-hewan betah bermain di ruang terbuka.

Nah, itulah rekomendasi taman di Bandung yang mempunyai ciri khas dan menjadi daya tarik tersendiri. Selamat mengunjungi taman-taman yang ada di kota Bandung!

Related Posts