Tahap Tahap Melakukan Bisnis Untuk Menghindari Kegagalan

tahap tahap melakukan bisnis

Tahap tahap melakukan bisnis — Saat ini trend menjadi wirausaha atau entrepreneur semakin berkembang dan diminati oleh banyak orang, khususnya bagi kalangan millennial.

Banyak dari generasi ini berharap bisa mendapatkan kebebasan baik dari segi waktu maupun finansial melalui wirausaha.

Ditambah lagi, dengan adanya kemajuan teknologi saat ini yang berkembang pesat yang tentunya semakin mendatangkan banyak kemudahan.

Namun, untuk membangun suatu usaha tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan beberapa hal dan strategi agar usaha Anda nantinya bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Saat memutuskan untuk memulai bisnis atau menjadi entrepreneur, seseorang harus memiliki pondasi yang kuat dan melakukan berbagai langkah agar usaha yang dijalankan bisa bertahan dan bertumbuh. Pasalnya, tidak sedikit pelaku usaha berhenti di tengah jalan karena berbagai alasan.

Untuk itu, berikut kami sajikan tahap tahap memulai bisnis menuju kesukesan untuk pemula

Jelaskan Bagaimana tahap tahap melakukan bisnis

tahap tahap melakukan bisnis

sumber : pexels.com

1. Buat Perencanaan Matang Terhadap Ide Bisnis

Membuka sebuah usaha sama halnya seperti kita berpergian ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi.

Pastinya ada beberapa persiapan yang matang untuk mengantisipasi apa saja kemungkinan yang bisa terjadi dan mengganggu jalannya bisnis nantinya.

Ada banyak cara yang bisaAnda pelajari untuk membuat perencanaan ini dari studi kelayakan bisnis sampai yang saat ini cukup popular adalah Business Model Canvas. Anda bisa cari di internet bagaimana menggunakan tools ini.

2. Melakukan Riset Bisnis

Kemungkinan besar seorang yang akan memulai usaha sudah mengidentifikasi bisnis apa yang akan dijalankan.

Baca Juga:  Ikuti Kiat-Kiat Sukses Berikut dalam Cara Mencari Uang Tambahan

Namun, sebelum ide tersebut direalisasikan, maka lakukan riset kecil-kecilan mengenai seberapa besar bisnis tersebut akan berhasil.

Salah satu alasan mengapa sebuah usaha gagal dan tidak bisa berlanjut adalah karena ternyata produk atau jasa yang dihasilkan tidak terlalu dibutuhkan pasar atau tidak tepat sasaran.

Bahkan ini menjadi alasan terbesar mengapa sebuah usaha gagal bertahan.

Tujuan kita dalam menciptakan produk tentunya adalah agar bisa digunakan oleh banyak orang dan kita mendapatkan pemasukan sebagai timbal baliknya. Nah seringkali kita terlalu percaya diri sehingga mengabaikan step ini.

Buatlah survey kecil-kecilan untuk mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh calon konsumenmu.

3. Perbanyak Networking

Salah satu kunci keberhasilan dari seorang entrepreneur biasanya adalah ketika ia memiliki banyak relasi atau kenalan.

Mulai saat ini, Anda harus terbiasa untuk bertemu dengan banyak orang.

Buatlah kartu nama yang terlihat profesional dan jangan lupa untuk bertukar kartu nama ketika bertemu dengan orang baru.

Hadirilah kegiatan yang dihadiri oleh banyak pelaku usaha lainnya dan berbaurlah. Jangan lupa untuk terus menjaga hubungan baik.

Kita tidak pernah tahu bagaimana jalan rezeki bisa terbuka

4. Rencanakan keuangan

Sebelum mengaplikasikan ide bisnis  lakukanlah perencanaan bisnis yang matang karena itu akan menuntun Anda untuk menjalankan bisnis mulai dari tahap awal hingga pembentukan sampai rencana pengembangan.

Jika ingin mencari dukungan pendanaan dari investor atau lembaga keuangan, membuat plan bisnis tersebut menjadi sebuah keharusan. Karena dari situlah mereka dapat memvalidasi ide Anda sekaligus melihat prospek usaha yang Anda jalankan.

5. Bangun Tim yang Solid

Modal utama bagi entrepreneur pemula adalah kekompakan kerja sama tim.

Karena bisnis jika dilakukan sendiri akan memiliki berbagai macam keterbatasan, maka mulai dari sekarang carilah partner yang bisa mendukung bisnis ke arah yang lebih baik.

Tidak mungkin kamu bisa menjalankan usaha sendirian karena pasti memiliki keterbatasan.

Baca Juga:  Cek, Ini Dia Kriteria Nama Usaha Yang Bagus dan Artinya

Untuk itu, Carilah co-founder yang memiliki visi yang sama dan juga karyawan yang dapat mengakselerasi langkahmu dalam mendirikan usaha baru.

6. Menguasai Konsep Sumber Daya Manusia

Banyak dari pebisnis masih menyepelekan hal ini. Mereka berpikir bahwa tidak penting untuk mengerti konsep  SDM pada tahap awal.

Namun, jika dilihat ternyata masalah SDM ini juga menjadi alasan terbesar mengapa sebuah usaha mengalami kegagalan.

Jadi penting bagi kamu untuk mengerti kenapa kita pebisnis harus mengerti akan hal ini.

Karena hal ini tidaklah mudah dan terkadang akan menguras banyak energi dan waktu.

Bayangkan kalau kamu harus mengurus masalah absen karyawan, pembayaran gaji, pajak, BPJS, ijin, lembur dan lain sebagainya.

7. Pilih dan Daftarkan Brand Bisnis Anda

Nama usaha atau brand yang dipilih memiliki peranan yang penting dalam setiap aspek bisnis.

Pastikan Anda memikirkan semua implikasi potensial ketika memilih nama usaha atau brand.

Setelah itu, periksa merek dagangnya, dan Anda bisa juga untuk mendaftarkan nama usaha tersebut.

Anda juga bisa segera membuat website agar usaha tersebut juga dikenal secara online. Segeralah beli nama domain untuk usaha yang ingin Anda kembangkan.

8. Dapatkan Lisensi dan Izin Usaha

Dokumen merupakan bagian penting dari proses ketika akan mulai menjalankan bisnis.  Terdapat beberapa lisensi dan izin usaha kecil yang bisa Anda pilih yang disesuaikan dengan kondisi usaha yang dijalankan saat ini.

9. Pilih Sistem Akuntansi Keuangan

Usaha kecil berjalan paling efektif ketika memiliki sistem.

Salah satu sistem terpenting untuk bisnis kecil adalah sistem akuntansi untuk membuat dan mengelola anggaran, menetapkan tarif dan harga, melakukan bisnis dengan orang lain, dan mengajukan pajak.

Anda dapat mengatur sendiri sistem akuntansi atau menyewa seorang akuntan.

10. Promosikan Bisnis Kecil Anda

Setelah bisnis berjalan maka Anda harus mulai menarik klien dan pelanggan yang banyak dan tetap, maka saatnya untuk membuat rencana pemasaran.

Jelajahi ide-ide pemasaran bisnis kecil sebanyak mungkin sehingga Anda dapat memutuskan bagaimana cara mempromosikan bisnis yang paling efektif.

Baca Juga:  Ingin Bisnis Diberkahi Allah? Pahami Dulu Ciri-Ciri dan Prinsip Bisnis Syariah Berikut

Demikianlah ulasan mengenai tahap tahap melakukan bisnis. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menumbuhkan semangat Anda untuk berikhtiar mencari rezeki yang halal.

Jika Anda ingin mencari bisnis yang halal dengan keuntungan yang potensial, maka Anda bisa coba bergabung dengan Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel mengenai tahap tahap melakukan bisnis ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×