Syu’uban Artinya Bangsa, Inilah Makna Terdalamnya!

Dalam kosa kata bahasa Arab, terdapat istilah yang digunakan dalam penggalan kata di Al-Qur’an, yaitu syu’uban. Mungkin Anda bertanya-tanya, syu’uban artinya apa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa membaca artikel berikut sampai habis.

Sebagai umat muslim bangsa Indonesia, kita perlu mengetahui ada begitu banyak kosa kata bahasa Arab yang melekat dalam sehari-harinya. 

Mempelajari bahasa Arab juga merupakan kewajiban bagi setiap orang muslim sebagai salah satu modal atau persiapan untuk memahami perintah dan larangan dari Allah SWT kepada hamba-Nya.

Keutamaan dari bahasa Arab sendiri sebagai bahasa penjelas aturan dari Islam juga terdapat dalam firman Allah SWT di surah Az-Zumar ayat 27-28.

“Sesungguhnya telah kami buatkan bagi manusia dalam Al-quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (ialah) Al-quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

Syu’uban Artinya Dalam Bahasa Indonesia?

Syu'uban Artinya
Sumber: pexels.com

Sebelum kita mengupas tuntas mengenai syu’uban artinya apa, mari simak terlebih dahulu kutipan dari ayat berikut.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Qs. al-Hujurat/ 49: 13).

Kata شُعُوْبًا berikut yang digaris bawahi dibaca dengan syu’uban dan jika ditelaah artinya adalah bangsa. 

Lafaz syu’uban juga digunakan untuk menyiratkan perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam kehidupan manusia karena seluruh manusia terlahir dari nafs yang sama yaitu Adam dan Hawa.

Syu’uban artinya juga adalah berbangsa-bangsa dan memiliki sinonim qaba-il atau bersuku-suku. 

Tafsir Surat Al Hujurat Ayat 13

Mengutip dari situs Iqra.id, mengambil dari tafsir Al-Mukhtashar bahwa makna ayat tersebut memberikan penegasan. Sesungguhnya Allah SWT menciptakan manusia dari seorang laki-laki dan seorang perempuan yaitu Adam dan Hawa.

Keduanya diciptakan sebagai penyatu bapak dan ibu, sehingga tidak ada alasan kuat untuk membanggakan nasab dan garis keturunan yang berbeda. Sebab semua orang memiliki nenek moyang yang sama.

Sementara itu, Tafsir Ringkas Kemenag RI menjelaskan bahwa ayat berikut ingin menegaskan bahwasanya tidak ada perbedaan antara satu suku antara suku lainnya.

Allah SWT menciptakan manusia dengan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar dapat saling mengenal satu sama lain dan membantu satu sama lain. Bukanlah untuk saling mengolok-olok maupun saling memusuhi antara satu kelompok dengan lainnya. 

Allah SWT tidak menyukai pula orang yang memperlihatkan kesombongan dengan keturunan, kekayaan atau kepangkatan. Karena yang mulia disisi-Nya hanyalah orang-orang yang bertakwa.

Sehingga Allah SWT memperkenankan setiap hamba-Nya untuk berlomba-lomba menjadi takwa di hadapan-Nya.

Contoh Penggunaan Kata Syu’uban

Kata Syu’uban artinya juga sekumpulan besar manusia yang terdiri dari beberapa kabilah.

Sebagai contoh, pada masa zaman Nabi terdapat kabilah Mudhar dan Rabi’ah, atau Muhajirin dan Anshar. 

Adapun kata qabilah sendiri memiliki makna bangsa atau suatu kaum yang penduduknya lebih kecil dari seperti Bani Bakar dari bangsa Mudhar, Bani Tamim dari bangsa Rabi’ah.

Contoh lainnya juga dapat kita sematkan pada bangsa atau suku orang-orang selain Arab. 

Berbeda dengan qabilah sendiri yang merupakan suku orang-orang Arab. 

Demikianlah penjelasan syu’uban artinya berbangsa-bangsa yang dapat Tim Evermos sajikan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Dalam Islam, untuk mendapatkan rezeki tidaklah cukup dengan berdoa saja akan tetapi memerlukan ikhtiar yang maksimal.

Jangan khawatir, bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan ikhtiar minimal dapat mencoba bergabung jadi reseller produk lokal berkualitas di aplikasi Evermos.

Hanya dengan modal hp, tidak sampai satu menit Anda sudah bisa bergabung jadi reseller Evermos TANPA MODAL alias GRATIS.

Yuk, bergabung sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88