Home » Strategi Bisnis Sampingan Modal Kecil Yang Pasti Untung

Strategi Bisnis Sampingan Modal Kecil Yang Pasti Untung

by Eko Ferdiyantho
0 comment

Ingin punya penghasilan tambahan namun bingung harus bagaimana untuk mewujudkannya? Jangan khawatir! Gunakan strategi bisnis sampingan modal kecil berikut ini saja, dijamin pasti untung!

Apakah Anda ingin membuka bisnis sampingan namun modalnya tidak besar? Maka dalam hal ini Anda membutuhkan strategi jitu untuk bisa memulainya dengan efisien dan efektif.

Dalam berbisnis membutuhkan modal, namun jika modal pas-pasan seperti Anda bagaimana cara untuk mendapatkannya?

Berikut ini adalah beberapa strategi bisnis sampingan modal kecil untuk mengatasi berbagai masalah.

1. Memilih Jenis Usaha yang Modal Awalnya Tidak Terlalu Besar

Bisnis Sampingan Modal Kecil

Sumber Gambar: Pexels

Strategi yang pertama yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa menjalankan bisnis sampingan modal kecil yaitu pilihlah jenis usaha yang modal awalnya tidak terlalu besar. Untuk memulai suatu bisnis, maka setidaknya terdapat dua faktor utama yang perlu Anda dahulukan dibandingkan dengan faktor yang lainnya yakni keahlian serta minat.

Namun ketika modal yang Anda butuhkan untuk membangun bisnis sampingan ternyata kurang, maka dua faktor utama yaitu minat dan bakat tersebut bisa Anda kesampingkan terlebih dahulu. Jika sudah dalam kondisi ini maka yang paling penting adalah tekad kuat Anda untuk memulai bisnis.

Dalam hal ini ada banyak sekali jenis usaha yang membutuhkan modal kecil yang bisa Anda pilih. Misalnya seperti berikut ini:

  • Bisnis internet marketing

Bidang internet marketing yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan yaitu agen pemasaran online, agen reseller, jasa buzzer, adsense PPC, dropshipper dan lain sebagainya

Baca juga: Ini Dia 6 Bisnis Halal yang Bikin Untung dan Cepat Kaya

  • Bisnis jasa service panggilan

Bidang bisnis jasa service panggilan yang bisa Anda carikan korupsi antara lain penyedia jasa reparasi sepatu, reparasi barang elektronik, montir mobil panggilan dan lain sebagainya.

  • Jual makanan dan minuman kecil-kecilan

Dalam hal ini Anda bisa memilih menjadi tukang cilok ataupun tukang bakso. Selain itu Anda juga bisa berjualan kue basah yang kemudian Anda titipkan ke toko-toko, produksi camilan atau snack, jualan minuman kemasan dan masih banyak lagi.

  • Bisnis makelaran

Bidang bisnis makanan yang bisa Anda jadikan opsi seperti makelar rumah dan tanah, broker properti, makelar kendaraan bekas dan lain sebagainya.

  • Menjadi biro jasa pengurusan surat

Dalam hal ini Anda bisa menerima pengurusan surat seperti pajak kendaraan, sertifikat, IMB, SIUP dan lain-lain.

  • Membuka tempat kursus les privat

Jika Anda memiliki keahlian khusus, maka Anda bisa membuka kursus les privat seperti les bahasa Inggris, les privat untuk anak SD, SMP, SMA, les mengemudi, kelas memasak dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi usaha-usaha yang basisnya keterampilan yang mana untuk memulainya tidak perlu banyak modal.

Dalam hal ini Anda perlu ingat yaitu untuk mengusahakan memilih jenis usaha yang mana modalnya tidak terlalu besar dan pilih bidang yang Anda kuasai.

Baca juga: Ampuh! Inilah 7 Cara Sukses Bisnis Online untuk Pemula

2. Pintar-pintar dalam Memanaj Alokasi Modal Awal

Bisnis Sampingan Modal Kecil

Sumber Gambar: Pexels

Jika Anda sudah menentukan jenis usaha apa yang akan Anda lakukan, makalah strategi bisnis sampingan modal kecil selanjutnya yang Anda lakukan adalah alokasi modal awal yang mana modal Anda masih pas-pasan.

Sedangkan dalam mengalokasikan modal, maka idealnya harus seimbang dan rata dalam memenuhi semua kebutuhan Anda. Hal tersebut dikarenakan semuanya tentunya penting agar bisa menunjang lancarnya bisnis Anda.

Dalam membantu roda bisnis Anda supaya bisa berjalan, setidaknya ada empat sarana prasarana yang harus Anda siapkan yaitu:

  • Struktur organisasi usaha seperti izin usaha, karyawan serta sistem administrasi
  • Investasi aset tetap seperti membeli mesin peralatan, menyewa tempat dan juga inventaris kantor
  • Model berjalan untuk gaji karyawan, biaya operasional serta membeli bahan baku
  • Safety cash yang digunakan untuk dana cadangan guna menghindari hal-hal yang tak terduga

Sedangkan bagi yang memiliki modal besar, maka keempat hal tersebut tidak menjadi masalah serius. Anda bisa mengalokasikan dana untuk kemudian menyediakan sarana jangka panjang dan pendek.

Namun karena dalam hal ini modal yang Anda miliki pas-pasan, maka Anda harus pintar-pintar dalam memanaj alokasi modal awal.

Bisa dikatakan bahwa dalam hal ini Anda harus pintar dalam menganalisis mana yang perlu didahulukan dan mana yang dikesampingkan.

Misalnya Anda harus bisa menentukan manakah yang lebih diutamakan antara merenovasi tempat atau membeli peralatan lengkap.

Dalam hal ini, maka pastikan jangan sampai Anda mengalami sebuah penumpukan modal usaha yang digunakan hanya pada satu pemenuhan usaha saja.

Lalu selanjutnya kebutuhan yang lainnya yang sebenarnya harus diprioritaskan justru tidak mendapat jatah anggaran dana.

Nah, jadi itulah strategi bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis sampingan modal kecil.

Semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan semoga usaha sampingan Anda lancar setelah Anda menerapkan strategi di atas.

 

Related Posts