Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh | Beserta Keutamaannya

sholat sunnah sebelum subuh

Shalat 5 Waktu merupakan ibadah yang menjadi kewajiban utama dan tidak boleh ditinggalkan sama sekali. Selain shalat wajib, tentunya ada sholat Sunnah yang menunjang ibadah yang wajib yang mestinya juga kita amalkan. Hal ini tidak terlepas dari besarnya manfaat dan keutamaan yang bisa kita dapatkan dari sholat sunnah tersebut. Salah satu Sholat sunnah yang dianjurkan adalah sholat sunnah sebelum subuh.

Sholat Sunnah sebelum subuh ini memiliki keistimewaan tersendiri bahkan hingga Rasulullah SAW selalu menjaga amalan sunnah yang satu ini sebagaimana dikatakan pada hadist berikut bahwa

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- لَمْ يَكُنْ عَلَى شَىْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مُعَاهَدَةً مِنْهُ عَلَى رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الصُّبْحِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah menjaga shalat sunnah yang lebih daripada menjaga shalat sunnah dua raka’at sebelum Shubuh” (HR. Muslim no. 724)

Keutamaan sholat sunnah sebelum subuh ini sayang sekali jika dilewatkan begitu saja meskipun hanyalah amalan sunnah. Karena kebaikan yang akan kita dapatkan setelah mengerjakannya lebih baik dari dunia dan seisinya.

Adapun dalil yang menunjukkan keutamaan shalat sunnah sebelum Shubuh ini adalah hadits dari ‘Aisyah di mana Nabi Muhammad SAW bersabda,

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

Oleh karena itu, mari langsung saja kita simak bagaimana bacaan niat, tata cara, dan keutamaan dari sholat sunnah sebelum subuh pada ulasan berikut ini.

Baca Juga : Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Beserta Manfaatnya

Sholat Sunnah Sebelum Shubuh

sholat sunnah sebelum subuh

sumber : shutterstock.com

Sholat sunnah yang satu ini disebut juga sunnah qobliyah yakni dua raka’at sebelum pelaksanaan shalat Shubuh yang termasuk sholat sunnah rawatib. Arti dari shalat rawatib adalah shalat sunnah yang dirutinkan sebelum atau sesudah shalat wajib.

Sholat sunnah yang satu ini punya keutamaan yang besar, sampai-sampai ketika safar pun, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terus menerus menjaganya.

Oleh karena itu, mari langsung saja kita simak niat dan tata cara melaksanakan sholat shubuh berikut ini

1. Membaca niat

Hal yang pertama perlu Anda lakukan tentunya adalah membaca niat. Adapun bacaan niatnya adalah sebagai berikut :

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

2. Membaca surat Al-Fatihah dan surat-surat Alquran

Tata cara shalatnya adalah seperti sholat pada umumnya. Namun, ada beberapa anjuran yang perlu kita lakukan seperti Membaca surat Al-Fatihah dan kemudian kemudian membaca surat pendek Al-Kafirun.

Sedangkan pada rakaat yang kedua setelah membaca surat Al-Fatihah, kemudian membaca surat pendek Al-Ikhlas.

Hal ini didasarkan pada hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Abu Hurairah Ra,

عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم “قرأ في ركعتي الفجر قل يا أيها الكافرون وقل هو الله أحد

Artinya: “Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Saw membaca al-Kafirun dan al-Ikhlas pada saat shalat fajar dua rakaat.”

3. Dzikir salat sunah qobliyah subuh

Setelah sholat sunnah selesai, kemudian membaca zikir. Menurut dalil hadis riwayat Ibnu Sinni dan Al-Hakim, zikir yang dibaca setelah selesai mengerjakan salat sunah sebelum subuh adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْمَائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Allahumma rabba jibrila wa israfila wa mika-ila wamuhammadinin-nabiyyi, a’udzubika minan-nar (dibaca 33 x)

Artinya: Ya Allah, wahai Tuhan dari Jibril, Israfil, Mikail, dan Nabi Muhammad. Aku berlindung diri dengan Engkau dari Neraka. (HR. Ibnu Sinni dan Al-Hakim).

Sholat sunnah ini dianjurkan untuk tidak dilakukan berlama-lama agar nantinya, setelah melaksanakan sholat sunnah ini waktunya bisa dipakai berzikir sebelum menunggu waktu shubuh. Bacaan zikirnya adalah sebagai berikut :

  1. Ya Hayyu ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta (40x)
  2. Surat Al Ikhlas (11x),
  3. Surah Al Falaq (1x),
  4. Surat An Naas (1x).
  5. Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil ‘adhim, astaghriullah (100 kali).

Sempurnakan Nilai Ibadah Anda dengan Bertadarus. Miliki Alquran Ini di Aplikasi Evermos 

Protokol Keimanan 3M

Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh

sholat sunnah sebelum subuh

sumber : shutterstock.com

1. Lebih dari Dunia dan Seisinya

Sholat sunnah ini memiliki keutamaan besar yang lebih besar dari dunia dan isinya. Sebagaimana hadist dari ‘Aisyah dimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

Jika keutamaan shalat sunnahnya saja seperti ini, bisa kita bayangan bagaimana keutamaan sholat subuh itu sendiri.

2. Jalan Masuk Surga

Kita bisa melihat betapa istimewanya kedudukan sholat sunnah sebelum subuh ini. Tentunya setiap amalan baik yang dicontohkan oleh Rasulullah akan membawa ke surga.

Termasuk sholat sunnah sebelum subuh ini yang merupakan teladan Rasulullah. Bagi Anda yang bisa melaksanakan tentunya akan menjadi tabungan amal baik serta dijauhkan dari penyakit hati.

3. Dilindungi di Hari Kiamat

Ada sebuah hadits dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma yang berbunyi : 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam dua rakaat shalat sunnah subuh membaca ayat قُولُواْ آمَنَّا بِاللّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا  ( Al-baqarah: 136) pada rakaat pertama  dan membaca آمَنَّا بِاللّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ  (Ali Imran 52) pada rakaat kedua” ( HR. Muslim 727).

Setiap yang melakukan sholat sunnah subuh dan shalat subuh dengan tepat waktu dan istiqomah, InsyaAllah di hari kiamat nanti akan mendapat syafaat dari Rasulullah sehingga ia terlindungi dari segala bahaya di hari kiamat.

4. Diampuni Dosa Dosanya dan Terhindar dari Keburukan

Dari Qais bin Qahd radhiyallahu’anhu, bahwasanya ia shalat shubuh bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan belum melakukan shalat sunnah dua rakaat qabliyah subuh. Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah salam maka ia pun salam bersama beliau, kemudian ia bangkit dan melakukan shalat dua rakaat qabliyah subuh, dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat perbuatan tersebut dan tidak mengingkarinya. (HR. At Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan At Tirmidzi: 1/133).

Sholat sunnah sebelum subuh ini keutamaannya InsyaAllah dapat terlaksanakan oleh siapa saja karena termasuk amal ibadah yang ringan untuk dilakukan namun memiliki pahala yang luar biasa besar sebagaimana amalan penghapus dosa besar.

Ibadah Sholat sunnah sebelum subuh yang dilanjutkan dengan berdzikir kepada Allah tentunya akan menjadi jalan untuk pengampunan dosa dan menjadi jalan untuk lebih banyak melakukan kebaikan sehingga terlindung dari segala keburukan.

Sholat Sunnah Qobliyah Subuh

Demikianlah artikel mengenai sholat sunnah sebelum subuh ini. Semoga bisa menjadi wawasan islami yang bermanfaat untuk anda yang bisa meningkatkan nilai iman dan kualitas ibadah.

Lengkapi koleksi perlengkapan ibadah Anda dengan produk kebutuhan muslim sehari-hari terlengkap yang bisa Anda dapatkan di Evermos.

Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjadikannya sebagai peluang usaha. Anda bisa menjadi reseller produk muslim dengan menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!Persiapan Menyambut Ramadhan

Loyalty Program Reseller Evermos

Setelah mendaftar jadi reseller, khusus pendaftaran dari blog akan langsung mendapatkan subsidi transaksi pertama, lho!

Anda akan mendapatkan potongan langsung dari transaksi pertama, dengan rincian sebagai berikut:

Belanja Rp100.000 akan dapat Rp50.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA100

Belanja Rp50.000 akan dapat Rp20.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA50

Sedangkan khusus untuk produk digital jika berbelanja Rp100.000 maka akan dapat Rp5.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMADG

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian artikel mengenai Sholat Sunnah sebelum subuh ini Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×