Sering Bangun Di Malam Hari? Lakukan Ini Agar Tidak Terulang

0

Kegiatan yang dilakukan sepanjang hari membuat badan lelah dan butuh istirahat. Tubuh yang lelah membutuhkan tidur berkualitas agar nyenyak dan kembali segar di esok hari. Namun seringkali banyak orang mengalami terbangun tengah malam setelah berusaha tidur cepat . Ada factor ekternal dan internal yang bisa jadi pemicu kebiasaan terbangun tengah malam.

Factor ekternal dapat berupa cahaya lampu kamar yang terlalu terang, suhu yang kurang tepat (panas atau dingin berlebihan), Kasur dan bantal yang tidak nyaman atau bisa juga suara bising dari jalan dan dengkuran. Untuk factor internal bisa disebabkan oleh kecemasan, gangguan mental dan penyakit atau hal lainnya tergantung pada masing-masing individu.

Biasanya orang yang terbangun di tengah malam, akan kesulitan untuk tidur kembali sehingga mengakibatkan waktu tidur kurang dan badan kurang segar di keesokan harinya. Berikut kami ulas beberapa cara mengatasi kebiasaan bangun di tengah malam dengan cara yang sehat.

Olahraga Sebelum Tidur

Olahraga sebelum tidur akan membantu badan terhindar dari rasa pegal dan membuatnya lebih rileks. Olahraga sebelum tidur juga bertujuan untuk membantu peregangan otot sehingga bisa tidur dengan nyenyak dan terhindar dari bangun tengah malam. Berikut   beberapa exercise atau olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang lelap:

  • Alternating Lungs

Cara melakukan gerakan ini adalah , renggangkan kaki kanan sedikit ke belakang kemudian tekuk kebawah, lakukan secara selama 20 detik

  • Side plank

Cara melakukan gerakan ini adalah ambil posisi seperti push up kemudian berbaring miring dan angkat tangan secara bergantian , lakukan dengan hitungan 2×8

  • Squats

cara melakuakannya adalah, berdirilah dengan tegak kemudian buka kedua kaki selebar pinggul Anda, kemudian genggam tanggan sambil diluruskan ke depan setelah itu turun dan naikkan tubuh secara perlahan. Lakukan suat selama 10 detik

  • Wall sit

Cara melakukannya adalah, hadapkan punggung ke dinding  dan kepala tegak. Kemudian turunkan badan perlahan sampai kaki tertekuk kira-kira 90 derajat. Lakukan gerakan ini selama 10 detik.

Untuk olahraga sebelum tidur sebaiknya dilakukan 3 jam sebelum  menjelang waktu tidur.

Atur Pencahayaan Tempat Tidur Remang-remang atau Sedikit Gelap

Keadaan kamar yang sedikit redup akan membantu Anda untuk lebih cepat tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Karena pencahayaan kamar yang terlalu terang akan menyebabkan mata tetap bereaksi terhadap cahaya sehingga walaupun sudah terpejam sebentar-sebentar akan terbuka kembali, tentunya hal itu sangat tidak nyaman bukan?.

Memutar Musik Yang Menenangkan

Jika Anda suka terbangun di tengah malam, cobalah mendengarkan music yang menenangkan menjelang tidur. Music relaksasi dipercaya dapat menciptakan suasana yang tenang dan damai sehingga akan sangat berguna untuk Membuat Anda terlelap lebih cepat dan mendapatkan tidur yang nyenyak.

Musik selama ini juga sangat telah diterapkan dalam berbagai terapi, karena dengan mendengarkan music yang menenangkan dipercaya dapat menurunkan tingkat stress serta dapat menstimulasi sel-sel otak untuk membentuk resonansi terhadap gelombang music yang bia menghasilkan perasaan berupa kepuasann dan ketenangan. Jadi , mendengarkan music relaksasi atau yang menenangkan diekomendasikan bagi Anda yang punya kebiasaan tebangun di tengah malam

Hindari Memakan Makanan Berat sebelum Tidur

Cara yang berikutnya adalah, jangan memakan makanan yang berat saat And akan tidur karena hal itu akan mmbuat perut terus memproses makanan dan bisa dipastikan akan terbangun di tengah malam karena rasa lapar . Makanan  sebelum tidur juga kurang sehat apabila dilakukan, karena jika sehabis makan langsung tidur akan membuat perut Anda menjadi buncit karena makanan yang masuk masih dalam proses pencernaan di dalam perut.

Untuk itu memakan makanan berat dianjurkan untuk dilakukan sebelum jam 8 malam karena saat itu adalah waktu yang ideal untuk makan malam. Selain itu, jika Anda suka makan berat sebelum tidur akan menyebabkan asam lambung menjadi naik karena makanan belum terproses sempurna dan ketika Anda berbaring akan terasa tidak nyaman.

Atur Pola Tidur Siang Agar tidak Berlebihan

Mengatur lama waktu tidur siang sangat penting karena tidur siang yang berlebihan dapat menyebabkan sleep Apnea yaitu gejala kesulitan tidur di malam hari.  Tidur siang yang berlebih juga bisa menyababkan Anda terbangun di tengah malam karena merasa gelisah akibat badan terlalu letih karena banyak tidur, menurut beberapa penelitian tidur lebih banyak memerlukan kalori daripada berenang jadi tidur siang yang berlebih sangat tidak baik untuk kesehatan.

Anjuran untuk tidur siang yang baik adalah selama 10-20 menit, namun apabila merasa sangat lelah karena kurang  tidur malam biasa dilakukan selama satu jam. Hal ini dilakukan agar tubuh bisa beristirahat dengan baik dan waktu tidur siang terkontrol sehingga saat malam hari Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Waktu tidur siang yang baik adalah sekitar jam 2-3 sore , namun apabila Anda adalah seorang pekerja dengan jadwal yang padat bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Melakukan Meditasi

Apabila Anda sering terbangun di tengah malam, cobalah mengatasinya dengan  melakukan meditasi sebelum tidur. Ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh jika Anda bermeditasi sebelum tidur, diantaranya:

  • Bisa memberikan support agar tidur menjadi lebih lelap
  • Menstimulus otak untuk lebih berpikir positif sehingga perasaan menjadi tenang
  • Mencegah timbulnya rasa cemas dan gelisah karena hati menjadi lebih tenang

Melakukan meditasi sebaiknya dilakukan 8 jam sebelum jam tidur , hal ini tujuannya agar badan lebih siap dan bisa bermeditasi dengan baik. Namun bila Anda ingin melakukannya minimal sepuluh menit sebulum tidur juga diperbolehkan. Berikut ini beberapa meditasi yang bisa Anda lakukan menjelang tidur:

  • Meditasi dengan cara hitungan Nafas

Cara unrtuk melakukan meditasi dengan cara ini adalah, ambil posisi bersila diatas tempat tidur lalu tarik nafas secara dalam kemudian hitung mulai 1 sampai 10 kemudian hembuskan pada hitungan ke 10.  Hal ini bertujuan untuk membuat fokus Anda lebih meningkat dan juga bisa meningkatkan daya konsentrasi agar bisa memberikan sugest pada diri untuk hal-hal yang positif.

  • Meditasi dengan cara Sadar

Bagi pemula, meditasi secara sadar ini memang terbilang agak sulit untuk dilakukan , namun dengan latihan yang teratur Anda bisa melakukannya dengan baik. Cara meditasi dengan penuh kesadaran adalah, Anda harus memejamkan mata kemudian pikirkan sesuatu yang muncul secara spontan  di kepala Anda. Biasanya cara ini akan membuat Anda lebih rileks dan bisa menemukan solusi untuk setiap masalah yang ada, jadi hal ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang lelap karena rasa gelisah akan masalah sudah terobati.

Anda bisa mencoba beberapa cara diatas jika ingin mendapatkan tidur yang lebih lelap dan tidak terbangun ditengah malam. Jika semua saran diatas sudah Anda lakukan namun tak kunjung membuahkan hasil, ada baiknya Anda menghubungi dokter agar bisa mendapat saran dan masalah bisa teratasi dengan tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!