Sejarah dan Implementasinya, Hari Hak Mendapatkan Informasi

Hari Hak Mendapatkan Informasi – Tanggal 28 September adalah momen untuk memperingati Hari Tahu Sedunia (The International Right to Know Day). 

Apa itu Hari Tahu Sedunia dan apa yang melatarbelakangi terjadinya tren tersebut hingga sampai pada telinga Indonesia? Simak penjelasannya secara lengkap disini.

Keterbukaan informasi bagi ruang publik merupakan wujud karakter pelayanan dan penyampaian informasi kepada publik. Adapun bagi negara Indonesia hal ini sudah negara tetapkan dalam regulasi aturan UU.

Hal ini tercantum dalam Undang-Undang (UU) No.14 Tahun 2008 membahas mengenai keterbukaan informasi bagi ruang publik.

Baca juga  Hari Tani Nasional 24 September 2021: Sejarah dan Refleksinya

Latar Belakang Tentang Hari Hak Mendapatkan Informasi

 Hari Hak Mendapatkan Informasi

Hal yang melatarbelakangi dalam mengingat tren Hari  Hak Mendapatkan Informasi atau Hari Hak Tahu Sedunia tersebut ialah sejatinya masyarakat memiliki hak-hak agar dapat mengetahui segala macam informasi yang masyarakat butuhkan.

Segala macam informasi tersebut kemudian dapat disiarkan oleh Lembaga Pemerintahan kepada masyarakat demi kepentingan bersama.

Negara Indonesia sendiri turut merayakan momen hari tersebut sejak pada tahun 2011 hingga kini.

Melansir dari situs resmi Dinas Perhubungan Jawa Tengah, bahwa sejarah Hari Hak Tahu Sedunia pertama kali terdapat di Kota Sofia, Bulgaria pada tahun 2002 pada tanggal 28 September. 

Ternyata sudah ada lebih dari 60 negara demokrasi yang telah melangsungkan peringatan tersebut selama 17 tahun hingga kini.

Pada peringatan tersebut intinya merupakan puncak dari gerakan Open Government dari negara-negara yang berdaulat sebagai anggota dari Open Government Partnership.

Terdapat beberapa negara yang mendirikan gerakan tersebut diantaranya adalah Brasil, Indonesia, Meksiko, Norwegia, Filipina, Afrika Selatan, Inggris dan AS. 

Semuanya memiliki visi yang sama bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk mengakses informasi publik dan berkewajiban mengawasi serta mengontrol hasil dari pembangunan yang pemerintah jalani.

Mau dapat penghasilan tambahan hanya dengan menawarkan produk-produk kepada keluarga, kerabat dan orang-orang terdekat Anda? Ini saat yang tepat bagi Anda untuk bergabung bersama reseller lainnya di Evermos.

YUK, GABUNG DISINI!

Hari Hak Tahu Sedunia di Indonesia

 Hari Hak Mendapatkan Informasi

Di negara kita sendiri dalam rangka memperingati serta  mewujudkan asas keterbukaan informasi tersebut akhirnya membuahkan Undang-Undang. 

UU No. 14 Tahun 2008 membahas mengenai Keterbukaan Informasi Publik hingga kemudian pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2010 terkait Pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2008 tersebut.

Hasilnya, Indonesia membentuk Komisi Informasi Pusat serta terbentuknya Komisi Informasi Provinsi/Daerah pada sejumlah titik provini sebagai pelaksanaan dari UU No.14 Tahun 2008 tersebut.

Poin-poin yang dapat kita ambil dan wujudkan bersama adalah sebagai berikut

  1. Menjamin Hak-Hak Informasi publik melalui Penyelesaian Sengketa Informasi Publik
  2. Merumuskan regulasi keterbukaan informasi publik
  3. Melakukan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik
  4. Sejumlah Kegiatan Advokasi
  5. Kegiatan Sosialisasi
  6. Kegiatan Edukasi dalam mencerdaskan publik serta asas keterbukaan informasi

Mau jadi reseller tanpa perlu repot daftar ke beberapa toko produk? Ingin dapat penghasilan sampingan yang banyak dengan menawarkan produk, tentu Anda bisa gabung jadi reseller Evermos sekarang juga.

MULAI JUALAN SEKARANG

Nilai-Nilai yang Terdapat dalam Hari Hak Tahu Sedunia

 Hari Hak Mendapatkan Informasi

Berikut merupakan makna yang terdapat dalam Hari Hak Tahu Sedunia antara lain;

  • Hak untuk dapat mengakses informasi ialah hak setiap orang.
  • Setiap orang berhak akses informasi secara rahasia merupakan informasi yang dalam pengecualian.
  • Akses keterbukaan informasi kemudian dapat diwujudkan oleh semua lembaga publik
  • Segala yang menjadi permohonan dan aspirasi bagi publik dapat publik harapkan agar segera menjadi cepat, secara terbuka, serta bebas biaya.
  • Bagi para pejabat publik memiliki tugas untuk dapat melayani pemohon dengan sebaik-baiknya.
  • Jika terdapat penolakan harus sesuai dengan peraturan Undang-Undang yang telah melewati uji konsekuensi dengan alasan yang benar.
  • Kepentingan publik berarti menjadi preseden untuk membuka informasi rahasia, sehingga dapat mengajukan keberatan apabila adanya putusan penolakan
  • Badan publik resmi wajib mempublikasikan dengan proaktif informasi tugas pokok badan tersebut.
  • Akses informasi merupakan hak yang dapat badan independen yaitu Komisi Informasi jamin bagi setiap warga negaranya.

daftar reseller evermos gratis

Peringatan Hari Hak Mendapatkan Informasi pada Tahun 2020

Mengutip dari laman berita Kompas.com, pada tahun sebelumnya hari tersebut ternyata juga mendapat perhatian dari Wakil Presiden Indonesia.

Bagi daerah yang belum memiliki komisi informasi, katanya untuk dapat segera membentuk badan komisi informasi agar dapat masyarakat tersebut dapat mengaksesnya.

Sebagai wujud dari proses keterbukaan informasi bagi ruang publik apalagi pada kondisi perubahan akibat dampak pandemi Covid-19.

Mar’uf menegaskan,  “Bagi pemerintah daerah yang sudah memiliki komisi informasi diharapkan agar dapat memberikan layanan publik secara optimal. Sedangkan bagi yang belum agar segera merealisasi pembentukannya, Ujarnya ketika memberi sambutan dalam acara peringatan Hari Hak Mendapatkan Informasi tersebut, Senin (28/9) pada tahun lalu.

Lebih lanjutnya lagi, Ma’ruf mengungkapkan keberjalanan pemerintahan daerah sebagai ujung tombak sangat esensial agar bisa memastikan hak informasi bagi masyarakat bisa terpenuhi dengan baik.

Masa pandemi Covid-19 muncul sebagai puncaknya dari informasi-informasi yang ternyata tidak sesuai di lapangan yang masyarakat terima hingga kini.

Adanya komisi informasi dapat bernilai strategis karena ini dapat menjadi bukti pemenuhan komitmen pemerintah terutama dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi publik, imbuhnya.

Berjualan jadi lebih mudah bersama Evermos. Jangan khawatir tentang stok parang, pengemasan hingga pengiriman produk kepada konsumen ,Evermos bisa jadi solusinya.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Hari Hak Tahu Sedunia Wujud dari Peraturan Perundang-Undangan

Tidak hanya itu, pengetahuan mengenai Hari Hak Tahu Sedunia ternyata memiliki arti yang penting bagi bangsa sendiri.

Ini berarti sebelumnya terdapat manusia-manusia yang pernah memperjuangkan terwujudnya harapan keterbukaan informasi di Indonesia.

Sebagai salah satu dari wujud hak asasi setiap warga yang telah dijamin oleh konstitusi hasil dari adanya Hak Tahu Sedunia, yakni pasal 28 F UUD 1945 menimbang bahwa,

Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, 

memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.”

Oleh karena itu hal ini sudah menjadi kewajiban bagi para pejabat publik atau pemerintah memberikan informasi yang oleh masyarakat butuhkan.

Selamat Hari Hak Mendapatkan Informasi Sedunia, ya.

Demikian informasi mengenai artikel Hari Hak Tahu Sedunia, semoga dapat bermanfaat serta jangan lupa sebarkan informasi ini kepada keluarga, kerabat dan orang terdekatmu ya.

Jangan lupa lewatkan artikel menarik lainnya hanya kunjungi blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×