Rutinkan Sedekah Subuh, Doa Terkabulkan dan Mendapat Keistimewaan Lainnya

Sedekah merupakan salah satu amalan yang tak boleh kita amalkan. Ternyata sedekah ini bisa kapanpun kita laksanakan, termasuk sedekah subuh, maksudnya dilaksanakan pada waktu subuh sampai terbit fajar.

Memang belum banyak yang tahu, bahwa waktu saat melakukan sedekah juga memiliki keutamaan tersendiri.

Adapun ayat Al-Qur’an yang memerintahkan kita untuk mengeluarkan sebagian harta kita yaitu dalam QS. Ali Imran ayat 93 yang artinya:

“Kamu sekali-kali tidak akan sampai mencapai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menginfakkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa yang kamu infakkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”

Sedekah merupakan jenis amalan yang bertujuan untuk membersihkan harta. Berbeda dengan sholat dan puasa yang ditentukan waktunya, sedekah boleh dilakukan kapan pun dan di mana pun, baik dalam kondisi lapang maupun sempit.

Diantara sekian banyak waktu dalam sehari, subuh merupakan saat yang paling utama untuk bersedekah. Orang-orang biasa menyebutnya dengan sedekah subuh.

Keutamaan sedekah pada waktu subuh tertuang dalam sebuah hadist yang artinya:

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari & Muslim)

Baca juga: Hadist Tentang Sedekah dan Keutamaannya Menurut Al-Quran | Yuk, Rajin Sedekah!

Waktu Bersedekah Paling Baik

Sedekah Subuh
Sumber: shutterstock.com

Dalam bersedekah tentu ada waktu yang baik dan tepat. Waktu terbaik untuk bersedekah itu antara lain:

Pada Saat Sehat

Waktu yang paling baik untuk bersedekah tentu saja saat kita masih sehat. Karena, saat seseorang sakit, mungkin saja sedekah tersebut hanya suatu upaya untuk menyembuhkannya dari penyakit.

Jadi, jangan lupa untuk bersedekah saat kondisi sedang sehat atau lapang.

Saat Merasa Takut Miskin

Saat  kita merasa takut miskin, tentu dengan bersedekah akan menjadi suatu pengorbanan. Dan pengorbanan tersebut tentu saja dapat dijadikan sebagai salah satu bukti keimanan.

Jadi, jangan lupa untuk bersedekah saat merasa takut miskin atau saat kondisi sempit. Jangan khawatir, karena Allah akan melipatgandakan pahala orang-orang yang bersedekah.

Pada Hari Jum’at

Menurut Ibnul Qayyim rahimahullah bahwa bershadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya.

Sedekah pada hari Jum’at dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti halnya sedekah pada bulan Ramadan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa bersedekah pada hari Jum’at memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri.

Pada Waktu Subuh

Pada waktu subuh, dikatakan bahwa 2 orang malaikat datang ke bumi untuk mendo’akan orang-orang yang menafkahkan hartanya pada hari itu.

Jadi akan sangat disayangkan apabila melewatkan sedekah pada waktu subuh mengingat sangat istimewa keutamaannya.

Bersedekah memang bisa dalam bentuk apapun, bisa berupa uang, benda, ataupun yang lainnya termasuk bahan makanan seperti sembako.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli produk sembako, silahkan untuk klik rekomendasi produk di bawah ini. 

Sedekah Subuh

Sedekah Subuh

Keutamaan Sedekah Subuh

Sedekah Subuh
Sumber: shutterstock.com

1. Malaikat Turut Mendoakan

Dari hadis di atas diketahui bahwa siapa pun yang melaksanakan sedekah subuh, maka baginya kemudahan rezeki.

Sebaliknya, malaikat mendoakan kebinasaan dan kebangkrutan pada siapa saja yang tidak mau berinfak dan menyumbangkan sebagian hartanya.

2. Allah Akan Melipatgandakan Harta

Berbagi tidak akan membuat kamu miskin. Begitu juga jika Anda rutin melakukan sedekah subuh.

Membiasakan diri bersedekah justru akan mendatangkan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka, dengan jumlah yang berlipat banyaknya.

Seperti firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah: 261 yang artinya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.”

3. Menghapus Dosa

Sedekah merupakan amalan tambahan yang dapat menghapus dosa. Kalau kamu ingin diampuni dari segala dosa dan kesalahan, banyak-banyaklah bersedekah, terutama saat subuh.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

4. Menolak Bala dan Su’ul Khotimah

Tak ada seorang pun yang ingin mati dalam keadaan su’ul khotimah. Semua orang tentu mendambakan hidup yang penuh ketenangan, kebahagiaan, dan kenyamanan. Namun, musibah dan hal buruk lain bisa datang kapan saja.

Dengan melakukan sedekah subuh rutin, kamu akan terhindar dari segala macam kemalangan dan akhir yang buruk (su’ul khotimah).

Kematian mendadak juga bisa dicegah dengan bersedekah secara rutin.  Sebagaimana Nabi bersabda dalam sebuah hadist:

“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” (HR. Tirmidzi)

Baca juga: Inilah 6 Amalan Sedekah Jariyah yang Pahalanya Mengalir Hingga Kubur

Mengapa Harus Memperbanyak Sedekah Subuh?

Sedekah Subuh
Sumber: shutterstock.com

Sedekah subuh memiliki keutamaan dibandingkan sedekah pada waktu lainnya. Saat sebagian orang masih terlelap, Anda sudah sibuk meraih ridha Allah SWT dengan bersedekah

Memang tak selalu berupa uang, sedekah subuh juga bisa Anda lakukan dengan berdzikir, membagi makanan, mengajar ngaji, atau melakukan kebajikan lain yang bersifat sosial.

Sedekah subuh bisa kita mulai sejak adzan subuh sampai terbit fajar. Lakukan sedikit demi sedikit sampai Anda bisa konsisten setiap hari.

Bagaimana Cara Melakukan Sedekah Subuh?

Sedekah Subuh
Sumber: shutterstock.com

Kita perlu menyediakan satu kaleng atau celengan. Lalu setiap setelah “sholat subuh”, kita bersedekah dan memasukan uang ke kaleng tersebut.

Tidak ada batasan nominal, namun dengan niatkan dalam hati. Hingga kaleng atau celengan itu sudah terisi penuh, berikan kepada anak yatim piatu atau kaum dhuafa.

Bila yang menunaikan sholat subuh di masjid, dapat selalu istiqomah untuk mengisi kotak amal di masjid tersebut.

Tidak memandang seberapa banyak atau sedikit yang kita sedekahkan, namun di lihat dari keistiqomahannya. Sebab itu yang terbaik di sisi Allah SWT.

Ketika kita niat dan sungguh-sungguh dalam meminta, Allah pasti akan qobulkan. Niatkan dengan khusyu ketika kita ingin bersedekah, misalnya dengan mengucapkan:

“Ya Allah, dengan sedekah ini, aku ingin terbebas dari hutang dan di lancarkan rezeki ku.”

Sedekah di waktu subuh ini berbeda dengan waktu lainnya. Sebab ketika kita sedang bersedekah untuk mendapatkan ridho-Nya, sebagian orang masih terlelap. Dan malaikat langsung menyampaikan doa kita kepada Allah SWT.

Sedekah pun tidak hanya berupa uang, namun dapat dilakukan dengan berdzikir, berbagi makanan, mengajar ngaji serta berbuat kebaikan untuk orang lain. Marilah kita mulai untuk sedekah subuh.

Walaupun sedikit namun tetap istiqomah. Semoga Allah menjawab semua doa-doa kita semua. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Rekomendasi Produk Sembako yang Tersedia di Evermos

Sedekah Subuh

Bagi Anda yang ingin membeli produk sembako dengan berbagai kebutuhan pangan sehari-hari, Anda bisa mendapatkannya di Evermos.

Produk sembako ini terdiri dari beberapa paket, Anda tinggal pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Kebutuhan sembako ini tentu sangat dibutuhkan oleh siapapun, maka dari Anda dapat memanfaatkan dengan menjual produk sembako sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Bila Anda ingin menjual produk sembako, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Sedekah Subuh

Demikianlah informasi mengenai sedekah subuh beserta keutamaannya yang dapat Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, boleh share artikel ini pada yang lain agar ikut mendapat kebermanfaatan dari tulisan ini.

Jangan lupa rutinkan untuk lakukan sedekah subuh agar kita senantiasa mendapatkan keutamaan-keutamaan yang baik.

Bagi Anda yang ingin bersedekah, boleh mengunjungi situs Beramal Jariyah yang merupakan yayasan yang bekerja sama dengan Evermos untuk membantu masyarakat Indonesia dalam bentuk penggalangan dana atau donasi.

Donasi tersebut nantinya akan tersalurkan untuk program-program yang dijalani seperti program peduli anak yatim, fakir dan miskin, peduli pada anak kucing yang terlandar dan masih banyak program lainnya.

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Silahkan untuk mengunjungi situs blog Evermos. 

×