Sebutkan Tiga Usaha Perekonomian di Masyarakat Indonesia Beserta Contohnya

Sebutkan tiga usaha perekonomian di masyarakat Indonesia beserta contohnya – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki segudang sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk sumber mata pencaharian.

Oleh karena itu, di Indonesia masyarakatnya memiliki tiga usaha perekonomian yang tak lepas dari peran sumber daya alam ini.

Ketiga bidang usaha ini yaitu bidang pertanian, bidang kelautan atau nelayan, dan bidang perindustrian.

Dari ketiga jenis tersebut memiliki contoh usaha yang bermacam-macam dan bisa dijadika sebagai sumber penghasilan masyarakat Indonesia.

Sebutkan tiga usaha perekonomian di masyarakat Indonesia beserta contohnya, berikut adalah penjelasannya.

Sebutkan Tiga Usaha Perekonomian di Masyarakat Indonesia Beserta Contohnya

Sebutkan Tiga Usaha Perekonomian di Masyarakat Indonesia Beserta Contohnya
Sumber: google.com/bersosial

Salah satu jenis usaha yang menjadi mata pencaharian utama di Indonesia adalah bidang pertanian.

Berikut ini adalah contoh usaha di bidang pertanian:

1. Buah dan sayuran organik 

Jika Anda ingin memulai bisnis buah dan sayuran organik, maka Anda dapat menargetkan kepada pasar menengah ke atas. 

Dengan banyaknya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semenjak pandemi dan peluang bisnis ini terbuka lebar, maka bisnis ini cukup berpotensi.

2. Jamur tiram

Budidaya jamur tiram merupakan salah satu usaha pertanian atau peluang usaha di bidang pertanian yang menguntungkan. 

Dengan modal di bawah Rp20 juta, maka Anda dapat memulai bisnis ini secara profesional. Bahkan pengeluarannya bisa lebih kecil jika Anda memiliki tanah dan bangunan pribadi.

3. Bertani padi

Bisnis ini sepertinya akan terus menguntungkan, dikarenakan masuk ke dalam kebutuhan primer dari masyarakat. Meski membutuhkan modal yang relatif besar, bisnis ini tetap bisa menjanjikan keuntungan besar bagi Anda.

4. Tanaman obat 

Dikarenakan efek dari pandemi mendorong masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mewaspadai penyakit, tanaman obat herbal menjadi pilihan. 

Tanaman obat yang banyak diminati adalah jahe, kunyit, dan tanaman herbal lainnya. Permintaan ini meningkat pesat di beberapa startup pertanian di Indonesia bahkan hingga 300 kali lipat.

5. Bibit tanaman

Peluang bisnis tanaman juga berpotensi mengingat banyaknya masyarakat yang berada di rumah dan tren budidaya yang meningkat. Namun, Anda juga harus memiliki pengetahuan yang mumpuni atau bisa memilih alternatif menjadi reseller.

6. Pupuk tanaman 

Selain bibit, Anda juga bisa mencoba peluang bisnis mengenai pupuk tanaman. Banyak jenis pupuk yang bisa Anda olah, dan kompos dapat menjadi pilihan karena permintaannya yang tinggi di pasaran. 

Sebutkan Tiga Usaha Perekonomian di Masyarakat Indonesia Beserta Contohnya

Sebutkan Tiga Usaha Perekonomian di Masyarakat Indonesia Beserta Contohnya
Sumber: google.com/bersosial

Selain bidang pertanian, sumber perekonomian masyarakat Indonesia lainnya adalah di bidang kelautan atau nelayan.

Inilah contoh ekonomi industri di bidang kelautan atau nelayan:

1. Menangkap ikan

Contoh pertama di bidang kelautan adalah menangkap ikan. Bidang usaha satu ini bisanya dilakukan oleh masyarakat yang berada di pesisir pantai.

Usaha ini sangat menjanjikan karena hampir seluruh wilayah Indonesia adalah perairan dan semua orang memakan ikan.

Oleh karena ini usaha ini cukup untuk menghidupi kehidupan masyarakat di pesisir pantai.

2. Menangkap udang dan lobster

Selain ikan, menangkap udang dan lobster juga menjadi salah satu bidang usaha yang menjanjikan dan cukup untuk menghidupi orang-orang di pesisir pantai.

Harga jual udang dan lobster juga tergolong tinggi bahkan mahal, oleh karena itu usaha di bidang ini sangat menjanjikan.

3. Menangkap cumi-cumi

Selain itu usaha di bidang nelayan yang bisa dilakukan adalah menangkap cumi. Cumi adalah salah satu jenis hewan laut yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan harga jual cumi juga tergolong mahal, hal ini menjadikan masyarakat di pesisir pantai mencari cumi untuk dijadikan sumber mata pencaharian.

4. Berburu kerang

Kemudian, orang-orang pesisir pantai juga tak lepas dari aktivitas atau bekerja mencari kerang.

Kerang dan yang lainnya biasanya akan dipasok ke berbagai restoran atau rumah makan seafood.

Harga jualnya pun cukup lumayan dan cukup untuk menghidupi keluarga mereka.

Sebutkan Tiga Usaha Perekonomian di Masyarakat Indonesia Beserta Contohnya

Sebutkan Tiga Usaha Perekonomian di Masyarakat Indonesia Beserta Contohnya
Sumber: google.com/bersosial

Nah, contoh yang terakhir adalah di bidang industri. Banyak sekali contoh usaha di bidang ini. Mengutip dari kumparan.com, berikut adalah contohnya:

1. Industri Fashion

Industri tekstil dan pakaian adalah usaha dari sektor manufaktur yang mencatat pertumbuhan tertinggi pada triwulan III 2019. Menurut Kementerian Perindustrian, nilainya sebesar 15,08 persen. Capaian itu melampaui pertumbuhan ekonomi 5,02 persen di periode yang sama.

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional semakin kompetitif di muka global karena telah memiliki daya saing tinggi. Siapa saja bisa membuka usaha pada industri pakaian. Untuk memasarkannya bisa dilakukan secara daring maupun luring.

2. Industri Makanan dan Minuman

Industri makanan dan minuman merupakan contoh industri yang ada di Indonesia. Selain itu industri ini berperan penting meningkatkan produk domestik bruto (PDB).

Menurut Kementerian Perindustrian, sumbangan industri makanan dan minuman kepada PDB industri nonmigas mencapai 34,95 persen pada triwulan III 2017. Hasil kinerja ini menjadikan industri makanan dan minuman menjadi industri terbesar dibanding subsektor lainnya.

3. Industri Otomotif

Industri mobil atau otomotif adalah salah satu sektor andalan yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional. Hingga kini, terdapat 22 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang ada di Indonesia.

Demikianlah pembahasan tentang sebutkan tiga usaha perekonomian di masyarakat Indonesia beserta contohnya. Semoga bermanfaat!

Kunjungi terus situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

Selain itu Anda juga bisa bergabung menjadi reseller Evermos di bawah ini agar bisa berjualan tanpa modal dan mendapatkan banyak keuntungan.

YUK, GABUNG DISINI!