1 Kg Minyak Berapa Liter? Jangan Salah Hitung, Ini Penjelasannya

Minyak goreng memang sudah menjadi bahan pokok yang dibutuhkan setiap orang untuk memasak. Namun, ternyata masih banyak yang belum tahu takaran 1 kg minyak berapa liter.

Padahal mengetahui takaran satuan kilogram minyak ke satuan liter cukup penting. Karena kamu akan dimudahkan ketika melakukan pembelian minyak dalam satuan liter maupun sebaliknya.

Apalagi akhir-akhir ini terdapat pemberitaan mengenai minyak goreng curah kemasan 2 liter yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan merek MinyaKita, yang disinyalir tidak mencapai berat 2 liter bahkan hanya 1,848 kg saja.

Nah, berdasarkan pengukurannya 1 liter air sama dengan 1 kilogram. Namun, perhitungan ini akan berbeda jika mengukur minyak goreng karena massanya yang tidak sama dengan air.

Agar lebih memahaminya dan mengetahui jawaban 1 kg minyak berapa kg, mari simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Jawaban 1 Yard Berapa Meter Beserta Rumus dan Cara Konversinya.

1 Kg Minyak Goreng Berapa Liter? 

Nah, untuk menghitung 2 liter minyak goreng berapa kilogram, kamu harus memahami densitas atau massa jenis lebih dahulu yang menjadi dasar perhitungan

Memahami Massa Jenis (Densitas)

Massa jenis atau dentitas adalah dasar perhitungan satuan, baik itu satuan kilogram maupun liter.

Pertama, perlu dipahami bahwa satuan kilogram umumnya digunakan untuk mengukur massa benda padat, seperti beras, tepung, gula dan benda-benda lainnya.

Adapun liter adalah satuan resmi untuk volume yang berguna untuk benda cair atau padat yang dicairkan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa:
– Liter = Satuan Volume
– Kilogram = Satuan Massa

Oleh sebab itu, barang dengan satuan volume liter tidak dapat dikonversi ke kilogram secara langsung.

Rumus Massa Jenis atau Dentitas

Untuk menghubungkan satuan volume dan berat, diperlukan adanya massa jenis atau densitas. Cara menghitungnya seperti ini:

ρ = m / V

Lambang ρ berarti massa jenis, m adalah massa, dan V adalah volume.

Satuan yang digunakan dalam hitungan liter ke kilogram adalah kg/liter. Sebab, satuannya mengikuti satuan yang digunakan.

Baca Juga : 1 Inci Itu Berapa Senti Sih? Begini Penjelasan Cara Menghitungnya!

Jawaban 1 Kg Minyak Berapa Liter

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa 1 kg minyak tidak terhitung sebagai 1 liter minyak. Sebab, massa jenis minyak lebih ringan daripada air yang mencapai 1 kg perliternya.

Sehingga dapat diketahui bahwa, 1 liter minyak sama dengan 0,9 kg.

Jawaban 2 Liter Minyak Berapa Kg

Jika di atas adalah pembahasa 1 liter minyak, lalu bagaimana dengan 2 liter minyak berapa kg?

Dixon Thomas adalah ilmuwan fisika populer yang menuturkan untuk menggunakan rumus di atas. Kamu hanya perlu tahu dulu berat massa jenis minyak goreng.

Menurut Dixon, massa jenis minyak goreng sekitar 0,91 kg/L.  Maka dengan angka tersebut diperoleh:

  • Massa = ρ × V
  • M = 0,91 (kg/liter) x 2 liter
  • M = 1,82 kg

Sehingga dapat diketahui bahwa 1,82 kg minyak sama dengan 2 liter.

Contoh soal lainnya adalah sewaktu kamu membeli minyak goreng dalam kemasan 2 liter. Kira-kira berapakah massa dalam kilogram?

Mengutip dari situs 99, bahwa Dosen Departemen Fisika Universitas Gadjah Mada (UGM Dr. Edi Suharyadi, M.Eng memberikan penjelasan bahwa massa jenis air yaitu 0,0997 jika dibulatkan menjadi 1 dalam satuan kilogram atau liter.

1 liter air ditimbang, beratnya adalah 1 kilogram. Namun, berbeda dengan massa jenis minyak goreng yaitu sekitar 0,9 kg. Inilah yang menyebabkan perbedaan densitas.

Baca Juga : 1 Gross Berapa Buah? Ini Cara Menghitung dan Contoh Soalnya!

Maka dari itu, untuk menjawab pertanyaan 2 liter berarti massa atau berat minyak goreng adalah 1,8 kilogram. Jawabannya tidak bulat menjadi 2 kilogram.

Demikianlah cara mengkonversi liter ke kilogram. Cukup mudah bukan? Jangan mudah merasa tertipu dengan volume minyak goreng ya.

Yuk bersama-sama pilih produk minyak dan barang kebutuham sembako lainnya yang berkualitas di Evermos.

Selain hanya untuk penggunaan pribadi, kamu juga bisa sekaligus membuka bisnis reseller loh.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena kamu bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Segera daftarkan diri kamu dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik daftar untuk bergabung dan raih kesempatan untuk mendapatkan komisi sesuai dengan keinginan.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)