Presiden Jokowi Sahkan PP Royalti Musik dan Hak Pencipta Lagu

Dua hari kemarin, berita media sontak dihebohkan dengan ungkapan Presiden Jokowi yang akan mengesahkan Undang-Undang terkait peraturan royalti musik bagi para pelaku usaha yang menggunakan lagu secara komersil. Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik. Aturan ini diteken Kepala Negara pada 30 Maret 2021.

Apa sajakah sektor usaha yang terkena pengaruh PP royalti musik ini? Mari kita simak ulasan berikut ini.

PP Royalti Musik dan Hak Pencipta Lagu

royalti musik
sumber : pexels.com

Salah satu pembahasan di dalam sini adalah Peraturan pembayaran royalti bagi setiap orang yang menggunakan lagu dan/atau musik secara komersial maupu  layanan publik.

Royalti ini nantinya akan dibayarkan kepada pencipta atau pemegang hak cipta lagu dan atau musik melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Apa Saja Bidang Usaha yang Dikenai Royalti

royalti musik
sumber : pexels.com

Berdasarkan Pasal 3 ayat (2), bentuk layanan publik yang bersifat komersial adalah

  1. seminar dan konferensi komersial;
  2. restoran, kafe, pub, bistro, kelab malam, dan diskotek
  3. konser musik;
  4. pesawat udara, bus, kereta api, dan kapal laut;
  5. pameran dan bazar;
  6. bioskop;
  7. nada tunggu telepon;
  8. bank dan kantor;
  9. pertokoan;
  10. pusat rekreasi;
  11. lembaga penyiaran televisi;
  12. lembaga penyiaran radio;
  13. Hotel, kamar hotel, dan fasilitas hotel
  14. Usaha karaoke.

Pengelolaan royalti lagu ini dilakukan oleh LMKN berdasarkan data yang terintegrasi pada pusat data lagu atau musik. Setiap pihak yang menggunakan lagu dalam tujuan yang bersifat komersial ini dapat mengajukan permohonan lisensi kepada pemegang hak cipta lagu ini melalui LMKN.

Namun ada sebuah pengecualian yakni ada pada Pasal 11 Ayat (1) PP Nomor 56 Tahun 2021, yang berisi keringanan tarif royalti kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang secara komersial menggunakan lagu dan/atau musik.

Berita ini menjadi perbincang kontroversial. Banyak komentar berdatangan dari pihak musisi serta dari para pemilik usaha.

Baca Juga : Bagaimana Hukum Bermain Tiktok Dalam Islam? Haramkah?

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Hukum Musik Dalam Islam

royalti musik
sumber : pexels.com

Sering kita lihat fenomena seperti pemuttaran lagu atau musik di sebuah kafe atau pusat perbelanjaan. Bahkan saat hanya untuk konsumsi pribadi, kita tak pernah lepas dari musik.

Musik selalu hadir dan dekat dalam kehidupans ehari-hari. Namun, bagaimanakah sebenarnya hukum musik dalam pandangan islam? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita bsia meninjau ke apda salah satu ayat Alquran yakni surat lukman ayat 6 yang berbunyi :

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ

QS.Lukman:6, “Dan di antara manusia ada orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.”

Baca Juga :  Inilah Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami yang Mengandung Doa Baik

Tafsir Ayat

Tafsir dari ayat ini dijelaskan oleh. dalam tafsirannya  ini ia memberi penjelasan jika sesudah Allah bercerita tentang keadaan orang yang bahagia yakni orang yang memperoleh petunjuk dari firman Allah. Selanjutnya dijelaskan pula orang yang sengsara adalah mereka berpaling dari Al-Qur’an dan berbalik pada musik serta nyanyian.

Namun lebih lengkapnya Dalam Al-Quran memang tidak dijelaskan hukum saat mendengarkan musik atau lagu dengan tegas. Kita bisa menyimpulkan dari kaidah dasarnya yakni al-ashlu fi al-asyaa al ibahah [semua hukumnya adalah boleh] dan batasan kaidah ini yakni selama musik tersebut tidak berlawanan dengan hukum Islam atau Syariat.

Beberapa ulama memang ada yang mengatakan jika musik adalah haram. Namun jika kita meninjau lagi pada mendasarkan argumen dari surat Luqman ayat 6 yang mengeaskan “jika orang yang berkata dan tidak memiliki manfaat akan memperoleh adzab yang sangat pedih”

Hal Ini mengartikan bahwa musik diperkenankan namun musik yang merupakan suara dari alat musik dan juga irama  teratur bukan berupa ucapan yang memiliki kandungan perkataan buruk.

Bahkan, menurut Yusuf Al-Qaradhawi dalam bukunya Halal dan Haram, pada jamannya, Nabi Muhammad SAW mendengar puisi, musik, atau bermain seperti biasa menjadi bagian hidup sehari-hari. Saat itu para umat juga menjalani kegiatan yang membawa kegembiraan. Bergembira tidaklah tabu dalam Islam.

Rasulullah sendiri bukan sosok yang kaku. Beliau sangat cinta pada kegembiraan dan hal-hal dapat membawa kegembiraan. Namun demikian tetap ada batasan dan panduan yang ditetapkan Rasulullah dalam penghiburan. Demikian pula pada bermusik dan menyanyi.

Musik yang Diharamkan

royalti musik
sumber : pexels.com

Adapun beberapa pendapat jenis musik yang diharamkan dalam islam yakni sebagai berikut

Pertama, musik menjadi haram jika mengandung unsur kemungkaran atau kemaksiatan. Bentuk kemungkaran pada musik ini bisa pada lirik atau alunan lagunya sendiri.

Musik juga mengandung kemaksiatan jika irama lagu yang dinyanyikan menyerupai musik ritual peribadatan agama tertentu. Dalam kondisi ini musik jadi haram karena seorang muslim dilarang meniru ritual ibadah agama lain.

Kemaksiatan lain yang melekat pada musik bisa jadi ada pada orang yang menyanyikannya. Misalnya dia menampakkan aurat atau melakukan gerakan tidak senonoh yang melampaui batas.

Kedua, haramnya musik terjadi karena ada itnah yang berarti keburukan di dalamnya. Artinya, jika musik itu bisa membuat seorang Muslim jatuh pada keburukan dan dosa, maka haram untuk mendengarkannya.

Ketiga, musik menjadi haram bila membuat orang yang mendengarnya meninggalkan kewajiban sebagai Muslim. Seorang Muslim punya kewajiban yang harus dilakukan sebagai hamba Allah. Dan segala hal yang menghalanginya wajib dihindari. Ibadah di atas segalanya

Demikianlah ulasan mengenai royalti musik beserta hukum musik dalam islam ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.

Jadi untuk menghindari berbagai keburukan dan kemaksiatan, ada baiknya untuk kita mengisi waktu dengan sesuatu yang positif seperti beribadah.

Tahukah Anda bahwa salah satu bentuk beribadah adalah berikhtiar di Jalan Allah adalah berikhtiar mencari rizki Allah.

Ingin mendapatkan rezeki penghasilan tambahan? Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel mengenai Royalti Musik ini. jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos

×
slot88