Robbi Zidni Ilma Warzuqni Fahma Artinya Apa? Amalkan Doa Berikut!

Sedari pendidikan sejak kecil, setiap Muslim sudah diajarkan membaca doa mau belajar sebagai salah satu persiapan ketika akan belajar. Islam mengatur segala hal yang berkaitan dengan kebaikan bagi manusia itu sendiri, yaitu salah satunya dengan berdoa. Dalam doa belajar yang dilafalkan Robbi Zidni Ilma Warzuqni Fahma Artinya apa? Simak dalam artikel berikut.

Setiap manusia membutuhkan belajar, sebab belajar merupakan proses yang penting dalam setiap kehidupan seseorang untuk mengenal berbagai banyak hal dalam kehidupan.

Bagi muslim, pembelajaran merupakan salah satu bentuk amal perbuatan yang dapat menghantarkan kepada kebaikan.

Bukanlah manusia itu sendiri yang mampu menangkap dan memahami dari pelajaran, tetapi Allah SWT yang memberikan pemahaman kepada orang tersebut.

Agar niat yang kita peroleh semakin kuat, kita memerlukan niat yang lurus serta doa sebagai permohonan kepada Allah SWT. Sesuai dari pernyataan hadist Rasulullah SAW berikut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Sesungguhnya amal perbuatan tergantung pada niat, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan yang ia niatkan. “ (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Doa Sebelum Belajar #1

Robbi Zidni Ilma Warzuqni Fahma Artinya
Sumber: pexels.com

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً

رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla. Robbi zidni ilma nafi’a warzuqni fahma.

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Doa Sebelum Belajar #2

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisrohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Doa berikut juga menjadi salah satu doa yang dipanjatkan oleh Nabi Musa tatkala menghadapi Fir’aun untuk menjalankan misi berdakwah.

Doa Sebelum Belajar #3

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah ‘alainaa bima’rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahat Dzat yang Maha Pengasih”

Doa Setelah Belajar Arab Latin dan Artinya

Setelah melakukan kegiatan belajar atau mengaji, para pencari ilmu juga sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah belajar. Inilah doanya:

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tiba’ahu, wa arinal bathila bathilan warzuqnaj tinabahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Doa Belajar Sebagai Adab Penuntut Ilmu

Robbi Zidni Ilma Warzuqni Fahma Artinya
Sumber: pexels.com

Adab atau akhlak dalam kehidupan dipandang penting bagi semua orang, tak terkecuali bagi para muslim dan muslimah yang ingin mendapatkan keberkahan dari kehidupannya.

Jika seseorang memiliki akhlak yang baik maka Allah SWT akan memuliakannya dalam kehidupan.

Mari kita terapkan beberapa adab atau akhlak untuk belajar berikut.

1. Ada Niat Belajar

Sebelum memulai kegiatan belajar, pastikan untuk meluruskan niat terlebih dahulu agar dimudahkan mendapatkan pemahaman. Selain itu, niatkan agar ilmu tersebut dapat bermanfaat kelak.

2. Baca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Tak lupa sebelum memulai dan ketika mengakhiri kegiatan pembelajaran, wajib untuk mengucapkan doa berkenaan dengan proses belajarnya. Ajarkan juga kepada anak-anak, kerabat agar Allah SWT memudahkan proses pembelajaran.

3. Sungguh-Sungguh

Adab atau akhlak berikutnya adalah niat yang dibuktikan dengan komitmen kuat atau bersungguh-sungguh. Setiap muslim hendaknya dapat bersungguh-sungguh untuk menghadapi pembelajaran yang akan berlangsung hingga akhir hayat hidupnya.

Manfaat Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Adapun beberapa manfaat atau kebaikan yang akan didapatkan dengan mempelajari dan mengamalkan doa belajar sebelum dan sesudahnya yaitu sebagai berikut.

  1. Dihilangkan Keraguannya
  2. Diberikan Kemudahan
  3. Menjadi Salah satu Amalan Baik
  4. Diberikan Pemahaman yang Luas
  5. Dapat Bermanfaat Bagi Kebaikannya.

Nah itulah makna Robbi Zidni Ilma Warzuqni Fahma Artinya sebagai salah satu doa belajar yang memiliki banyak keutamaan sebagai umat Muslim. 

Jangan lupa untuk senantiasa mengamalkan doa tersebut, semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda sebarkan juga artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda.

Lengkapi koleksi peralatan sekolah dan belajar anak Anda dengan berbelanja di Evermos.

Raih komisi penghasilan hingga 35% per produk hanya dengan bergabung menjadi reseller Evermos dan nikmati berbagai penawaran menarik lainnya.

Klik tombol di bawah ini untuk daftar secara GRATIS atau tanpa modal.

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88