Reklame yang Bersifat Bisnis Disebut Apa? Ini Cirinya

Pernahkah Anda melihat sebuah ilustrasi iklan yang terpampang besar di jalanan? Papan yang berukuran besar terbuat dari bahan kayu, kertas, fiberglass bahkan mirip seperti layar TV atau persegi panjang disebut dengan reklame. Ada banyak ragam reklame yang dibuat. Reklame yang bersifat bisnis disebut apa? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut.

Berdasarkan kegiatannya, reklame mempunyai tujuan guna memperkenalkan produk barang atau jasa, dan hal lainnya agar bisa menarik banyak perhatian orang.

Secara singkatnya, reklame digunakan dalam rangka memasarkan suatu produk atau jenis layanan melalui media massa.

Lalu, reklame yang bersifat bisnis disebut dengan apa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut bacalah artikel berikut sampai habis.

Pengertian Reklame Menurut Ahli

Sebelum menjawab pertanyaan reklame yang bersifat bisnis disebut dengan apa, perlu mengetahui pengertian reklame menurut berbagai ahli.

Pengertian umum dari reklame sendiri adalah suatu media atau alat guna menyampaikan informasi dengan menawarkan mempromosikan, dan memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada khalayak kepada masyarakat secara luas.

Inilah beberapa pengertian reklame menurut ahli.

  • Barata (1988:210) memberikan pendapat tentang pengertian reklame yaitu suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau ide, barang, atau jasa, dengan maksud menarik perhatian orang-orang kepada ide, barang, atau jasa yang diinformasikan.
  • Panji (1990:120) menyatakan pendapatnya tentang definisi reklame yaitu setiap kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa dan hal lainnya dengan maksud menarik perhatian khalayak.
  • Durianto menyebutkan pengertian reklame adalah proses komunikasi dengan tujuan membujuk banyak orang membeli dan menggunakan jasa atau produk dan meningkatkan daya beli terhadap produk berikut.
  • Kriyantono mengatakan pengertian reklame yaitu bentuk komunikasi non personal yang bertujuan menyampaikan pesan dalam menjual produk dan menjadikan konsumen membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.

Ciri Ciri Reklame

reklame yang bersifat bisnis disebut
Sumber: pexels.com

Lalu apa saja ciri-ciri yang terdapat dalam promosi reklame tersebut? Inilah ciri dari reklame berdasarkan visualnya.

  • Berisi pesan yang singkat, jelas dan mudah dimengerti oleh masyarakat,
  • Punya kesan yang menarik dan mencolok, dengan komposisi desain dan warna yang menarik. 
  • Mengandung pesan yang jujur, dan tidaklah dibuat-buat.
  • Bersifat berulang-ulang, sehingga membuat masyarakat dapat mudah mengenali pesan yang disampaikan.

Tujuan Reklame Berdasarkan Pengadaannya

reklame yang bersifat bisnis disebut
Sumber: pexels.com

Inilah yang ditunggu-tunggu yaitu pembahasan reklame yang bersifat bisnis disebut apa.

Mari simak tentang tujuan pengadaan reklame, antara lain.

Reklame Komersial

Reklame yang bersifat bisnis disebut reklame komersial, cirinya dapat dilihat berdasarkan tujuannya yaitu untuk memberikan informasi pada banyak orang terkait profil perusahaan, produk barang atau jasa dan hal lain berkaitan bisnis untuk mendapatkan keuntungan.

Contoh reklame komersial yaitu reklame yang terpampang di jalan raya, perempatan, misalnya promosi produk kecantikan brand Implora serum, atau smartphone Oppo, dan sebagainya.

Reklame Non Komersial

Sedangkan reklame non komersial berikut ini bisa kita temukan di tempat-tempat kedinasan seperti kantor kecamatan, sekolahan atau sekitar area lampu lalu lintas.

Berdasarkan tujuannya reklame non komersial memberikan informasi seputar layanan masyarakat yang dianjurkan oleh peraturan pemerintah.

Contoh reklame non komersial adalah himbauan kepada warga Indonesia untuk menggunakan masker dan selalu cuci tangan untuk cegah penyebaran virus Covid-19.

Reklame yang Bersifat Bisnis Disebut

Sebagai jawabannya, reklame yang bersifat bisnis disebut reklame komersial. Karena dalam reklame komersial terdapat informasi seputar promosi dan pemasaran produk yang dilakukan oleh masyarakat baik pemerintah maupun perusahaan swasta.

Demikianlah artikel reklame bisnis disebut reklame komersial, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda suka dengan artikel Blog Evermos, jangan lupa sebarkan link artikel berikut ke media sosial kepada orang-orang terdekat Anda.

×