4 Doa Minta Keturunan Rabbana Hablana Min Azwajina, Amalkan!

Dalam Islam, ada seorang nabi yang tidak kunjung memiliki keturunan setelah pernikahannya selama kurang lebih 30 tahun, yaitu Nabi Ibrahim As. Untuk meminta agar Allah memberikan beliau keturunan, Nabi Ibrahim membaca doa ‘Rabbana Hablana Min Azwajina’.

Kalimat tersebut menjadi sebuah doa dan harapan yang sering kali Nabi Ibrahim As. ucapkan, hingga akhirnya Allah SWT mengabulkan doa beliau.

Sebagai umat Islam, mungkin saat ini Anda sedang mengharapkan rezeki keturunan dalam keluarga. Ternyata, doa ini bisa Anda amalkan untuk meminta kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa, agar memberikan kita keturunan yang baik, serta sholeh dan sholehah.

Anda bisa membaca kalimat doa ini setelah selesai shalat fardhu ataupun sunnah. Apa arti dan makna dari doa ini? Dan apa saja doa meminta keturunan lainnya?

Artikel ini akan membahas berbagai doa meminta keturunan kepada Allah SWT, termasuk doa ‘Robbana hab lana min azwajina’ dari arti hingga maknanya.

Robbana Hablana Min Azwajina Arab, Arti dan Maknanya

Rabbana Hablana Min Azwajina
Sumber: unsplash.com

Kalimat tersebut terdapat di dalam salah satu surat dalam Al-Quran, yakni surat Al-Furqan ayat 74.

Di bawah ini adalah doa rabbana hablana min azwajina untuk perempuan arti dan makna dari kalimat tersebut yang ada di dalam surat Al-Furqan ayat 74:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Latin: Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrata a’yunin waj’alna lil muttaqiina imaama

Kalimat Rabbana hablana min azwajina Arab di atas bisa Anda baca setiap selesai shalat fardhu atau sunnah.



1. Arti Kalimat ‘Rabbana Hablana Min Azwajina’

Arti doa robbana hab lana min azwajina adalah sebagai berikut:

Artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.”

Itulah arti dari surat Al-Furqan ayat 74 untuk arti rabbana hablana min azwajina.

Di dalamnya terkandung doa Nabi Ibrahim As. tentang meminta keturunan yang baik.

2. Makna Kalimat ‘Rabbana Hablana Min Azwajina’

Menurut Ulama Miqdad In Al Aswad dalam buku Tafsir at Thabari, menjelaskan mengenai asal muasal dari doa ini. 

Saat itu masih merupakan masa jahiliah, yang mana masyarakat Arab sedang mengalami masa kelam. Kemudian Rasulullah SAW datang membawa Al-Qur’an, yang menjadi petunjuk mengenai mana yang benar serta yang salah.

Pada saat itu banyak ayah yang berbeda agama dengan anaknya. Sang ayah sudah masuk Islam, sementara itu anaknya masih dalam keadaan kafir. 

Mengetahui kondisi seperti ini, banyak sosok ayah yang bersedih apabila mengingat anaknya akan berada di neraka, sementara dirinya masuk surga.

3. Hikmah dari Membaca Kalimat ‘Robbana Hab Lana Min Azwajina’

Selanjutnya doa robbana hablana min azwajina tersebut menjadi sebuah doa dari ayah atau orang tua yang takut berpisah dengan anak dan istrinya karena berbeda agama.

Maka pada zaman Nabi, banyak orang membaca doa ini agar Allah memberikan hidayah kepada keluarganya yang masih belum memeluk Islam.

Tak hanya itu, memanjatkan doa ini juga sebagai permohonan agar keluarga kita selalu berbahagia baik di dunia maupun di akhirat, selalu Allah karuniai anak-anak yang saleh, dan keluarga kita selalu bersama di dalam hal kebaikan.

Rabbana Hablana Min Azwajina Wa Dzurriyatina Qurrota A’yun Surat Apa?

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah kalimat doa ini berasal dari ayat Al Quran?

Sebenarnya penggalan doa ini berasal dari surah Al-Furqan ayat 74, yang maknanya yaitu harapan agar senantiasa Allah berikan keturunan yang sholeh dan sholehah dan bisa memberikan rasa damai kepada orang tua dan sesama manusia. 

Doa Meminta Keturunan yang Baik dan Sholeh Lainnya

Rabbana Hablana Min Azwajina
Sumber: pexels.com

Selain doa ‘rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrata a’yunin waj’alna lil muttaqiina imaama’, ada juga doa meminta keturunan yang baik dan sholeh sholehah lainnya, seperti doa berikut ini:

1. Surat Al-Baqarah Ayat 128

Inilah ayat lengkap rabbana hablana min azwajina tulisan Arab dalam Al-Quran:

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 128).

2. Surat Al-Hasyr Ayat 24

هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰىۗ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ࣖ

Latin: Huwa allaahu alkhaaliqu albaari-u almushawwiru lahu al-asmaau alhusnaa yusabbihu lahu maa fii alssamaawaati waal-ardhi wahuwa al’aziizu alhakiimu.

Artinya: “Dia-lah Allah Pencipta, Pencipta, Maha membentuk rupa terrsebut; Nya adalah nama yang paling baik; apa yang ada di langit dan bumi menyatakan kemuliaan-Nya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS al-Hasyr : 24).

3. Surat As-Saffat Ayat 100

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Latin: Rabbi hablii min ash-shalihiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.” (As shaffat:100).

4. Surat Al Furqan Ayat 74

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Latin: ” rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun waj’alna lil muttaqina imama”

Artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.”

Anda juga bisa membaca dan mengamalkan doa meminta keturunan di bawah ini:

Demikianlah pembahasan mengenai arti dan makna kalimat Rabbana hablana min azwajina yang merupakan doa meminta keturunan. 

Jika ingin mendapatkan artikel islami menarik lainnya, kunjungi terus situs Blog Evermos.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah hanya dengan modal HP saja tanpa harus keluar rumah.

Caranya mudah, hanya cukup menjadi reseller Evermos dan daftar sekarang juga dengan menekan tombol di bawah ini.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)