Arti dan Makna Rabbana Hablana Min Azwajina yang Harus Diketahui

Rabbana hablana min azwajina – Inilah arti dan makna kalimat Rabbana hablana min azwajina yang diucapkan Nabi Ibrahim As.

Kalimat tersebut seringkali diucapkan ketika berdoa setelah selesai shalat fardhu maupun sunnah.

Bagi sebagian umat Islam kalimat ini sudah tidak asing lagi dan sering didengar hampir setiap hari.

Ternyata kalimat tersebut merupakan sebuah doa dan harapan yang pernah diucapkan oleh Nabi Ibrahim As untuk meminta kepada Allah agar diberikan keturunan yang baik.

Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan keturunan yang baik, sholeh dan sholehah, bacalah kalimat Rabbana hablana min azwajina setiap selesai shalat agar diberikan keturunan yang baik.

Berikut penjelasannya untuk Anda.

Arti dan Makna Rabbana Hablana Min Azwajina

Rabbana Hablana Min Azwajina
Sumber: unsplash.com

Kalimat tersebut terdapat di dalam salah satu surat dalam Al-Quran, yakni surat Al-Furqan ayat 74.

Di bawah ini adalah arti dan makna dari kalimat tersebut yang ada di dalam surat Al-Furqan ayat 74:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Latin: Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun, waj’alna lil muttaqina imama.

1. Arti kalimat Rabbana hablana min azwajina

Artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.”

Itulah arti dari surat Al-Furqan ayat 74 yang di dalamnya terkandung doa Nabi Ibrahim As tentang meminta keturunan yang baik.

2. Makna kalimat Rabbana hablana min azwajina

Menurut Ulama Miqdad In Al Aswad dalam buku Tafsir at Thabari, menjelaskan mengenai asal muasal dari doa ini. 

Saat itu masih merupakan masa jahiliah, di mana masyarakat Arab sedang mengalami masa kelam. Kemudian Rasulullah SAW datang membawa Al-Qur’an, yang menjadi petunjuk mengenai mana yang benar serta yang salah.

Pada saat itu banyak ayah yang berbeda agama dengan anaknya. Sang ayah sudah masuk Islam, sementara itu anaknya masih dalam keadaan kafir. 

Mengetahui kondisi seperti ini, banyak sosok ayah yang bersedih apabila mengingat anaknya akan berada di neraka, sementara dirinya masuk surga.

3. Hikmah dari membaca kalimat Rabbana hablana min azwajina

Selanjutnya ayat tersebut menjadi sebuah doa dari ayah atau orang tua yang takut berpisah dengan anak dan istrinya karena berbeda agama. 

Jadi doa ini banyak dibaca orang pada zaman Nabi agar Allah memberikan hidayah kepada keluarganya yang masih belum memeluk Islam.

Tak hanya itu, memanjatkan doa ini juga sebagai permohonan agar keluarga kita selalu berbahagia baik di dunia maupun di akhirat, selalu dikaruniai anak-anak yang saleh, dan keluarga kita selalu bersama di dalam hal kebaikan.

Doa agar Diberikan Keturunan yang Baik dan Sholeh Lainnya

Rabbana Hablana Min Azwajina
Sumber: google.com/bersosial

Selain doa Rabbana hablana min azwajina, ada juga doa meminta keturunan yang baik dan sholeh sholehah lainnya, seperti doa berikut ini:

1. Surat Al-Baqarah ayat 128

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 128).

2. Surat Al-Hasyr ayat 24

هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰىۗ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ࣖ

Latin: Huwa allaahu alkhaaliqu albaari-u almushawwiru lahu al-asmaau alhusnaa yusabbihu lahu maa fii alssamaawaati waal-ardhi wahuwa al’aziizu alhakiimu.

Artinya: “Dia-lah Allah Pencipta, Pencipta, Maha membentuk rupa terrsebut; Nya adalah nama yang paling baik; apa yang ada di langit dan bumi menyatakan kemuliaan-Nya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS al-Hasyr : 24).

3. Surat As-Saffat ayat 100

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Latin: Rabbi hablii min ash-shalihiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.” (As shaffat:100).

Demikianlah pembahasan mengenai arti dan makna kalimat Rabbana hablana min azwajina yang merupakan doa meminta keturunan. 

Jika ingin mendapatkan artikel islami menarik lainnya, kunjungi terus situs Blog Evermos.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah hanya dengan modal HP saja tanpa harus keluar rumah.

Caranya mudah, hanya cukup menjadi reseller Evermos dan daftar sekarang juga dengan menekan tombol di bawah ini.

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88