9+ Prinsip Etika Bisnis Yang Wajib Diketahui | Dilengkapi Perspektif Islam

Prinsip Etika Bisnis Yang Wajib Diketahui — Prinsip etika bisnis dalam sebuah tindakan perlu diterapkan karena ini adalah suatu keharusan yang dipegang teguh oleh semua aspek dengan perusahaan.

Hal ini diambil dari prinsip etika bisnis yang diatur oleh hukum, bahkan merupakan standar lebih tinggi dibandingkan standar minimal ketentuan hukum, karena kegiatan bisnis seringkali ditemukan di wilayah abu-abu yang tidak diatur oleh ketentuan hukum (Bertens, 2000).

Prinsip etika bisnis pun harus dilaksanakan tepat sasaran, karena sebagai pondasi dalam membangun sebuah perusahaan.

Dalam praktiknya, prinsip etika bisnis akan membentuk nilai, norma, dan perilaku pekerja dari bawahan hingga atasan.

Sedangkan, prinsip etika bisnis secara islam adalah mubah (dibolehkan) selama tidak ada dalil yang menunjukkan bahwa jenis dan transaksi tersebut diharakamkan.

9+ Prinsip-Prinsip Etika Bisnis yang Bisa Memajukan Usaha


  1.     Prinsip Kejujuran

prinsip etika bisnis
sumber : pexels.com

Dari prinsip prinsip etika bisnis yang ada, kejujuran adalah prinsip pertama dan paling mendasari etika bisnis.

Kejujuran dianggap sebagai salah satu kunci sukses suatu usaha karena, tanpa adanya poin ini maka bisnis tidak dapat bertahan lama.

Jujurlah dalam semua komunikasi dan tindakan, baik kamu sedang menjabat sebagai karyawan, manajer, atau pemimpin.

Etika bisnis kejujuran ini bisa diterapkan dalam kegiatan bisnis misalnya, jujur kepada konsumen mengenai produk, bekerja sama dengan pihak lain, dan masih banyak lagi 


  1.     Prinsip Integritas Moral

prinsip etika bisnis
sumber : pexels.com

Dalam tahap etika bisnis yang ini, pelaku usaha harus memilih kesadaran yang menjadi tuntutan dalam dirinya. 

Penerapan etika bisnis dalam perusahaan bidang integritas moral contohnya, berbuat adil terhadap sesame, memenuhi setiap prinsip dalam bisnis, dan masih banyak lagi.


  1.     Prinsip Kesetiaan

Selanjutnya ada prinsip kesetiaan, yakni pebisnis dan elemen-elemen yang ada dalam perusahaan tidak boleh membingungkan masalah pribadi dengan masalah pekerjaan.

Prinsip kesetiaan dalam etika bisnis dapat diterapkan dengan cara kerja dan keseriusan dalam meraih tujuan bisnis yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.


  1.     Prinsip Otonomi

Berikutnya ada prinsip otonomi yang berkaitan erat dengan kemampuan seseoran guntuk bisa mengambil keputusan serta tindakan semestinya.

Seorang pengusaha harus memiliki sikap tegas dalam membuat keputusan dengan kesadaran penuh sesuai kewajibannya. Selain itu, tidak boleh bertentangan dengan nilai moral dan norma yang berlaku di kehidupan masyarakat.


  1.     Prinsip Loyalitas

Selanjutnya, ada prinsip loyalitas yang tidak memperbolehkan kamu mencapur urusan bisnis dengan pribadi.

Karena aspek loyalitas pada perusahaan bisa terlihat dari kerja keras serta keseriusan dalam menjalankan sebuah usaha.

 Contoh penerapan etika bisnis dalam perusahaan dilihat dari aspek loyalitas adalah berbuat jujur kepada partner kerja agar terlihat bisnis atau cara kerjamu memiliki performa yang bagus.

Dalam memulai usaha sendiri tentunya kita perlu memiliki beberapa prinsip etika bisnis ini agar senantiasa kelak perusahaan yang kita miliki berjalan dengan semestinya.

ingin memulai bisnis tapi belum memiliki dasar-dasar bisnis? jangan khawatir! Yuk segera bergabung dengan Evermos.

Evermos menawarkan Anda kesempatan memiliki toko online sendiri meski tanpa modal. Anda pun bisa mendapat pelatihan bisnis di sini.

Jadi, tunggu apalagi jangan ragu dan segera daftarkan diri Anda ke Evermos dengan klik tombol id bawah ini ya.

DAFTAR DISINI SEKARANG


  1.     Prinsip Keadilan

Prinsip etika bisnis yang berikutnya yaitu, keadilan. Dalam etika bisnis Islam prinsip-prinsip yang diterapkan harus mengedepankan nilai-nilai Al-Qur’an.

 Dalam aspek keseimbangan (keadilan), Islam mengharuskan umatnya untuk berbuat adil, tak terkecuali untuk pihak yang tidak disukai.

 Sebab, hal ini terkandung dalam firman Allah SWT dalam Surat Al-Maidah:8 yang artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

 Dengan demikian keseimbangan atau keadilan dapat menggambarkan dimensi horizontal ajaran Islam yang berhubungan dalam harmoni alam semesta.


  1.     Tepatilah Janji dan Komitmen

prinsip etika bisnis
sumber : pexels.com

Seorang pemilik bisnis harus bisa dipercaya apalagi untuk menepati janji dan komitmen.

Sebab, tindakan baik ini dapat membantu bisnis milikmu berkembang pesat. 


  1.     Menghormati Orang Lain

prinsip etika bisnis
sumber : pexels.com

Wirausahawan harus menunjukkan rasa hormat terhadap martabat manusia, otonomi, privasi, hak, dan kepentingan semua orang yang dan keputusan mereka.

 Penerapan etika bisni dalam perusahaan yang satu ini bisa bertindak sopan dan memperlakukan semua orang dengan rasa hormat dan martabat tanpa memandang jenis kelamin, ras, atau asal kebangsaan.


  1.     Prinsip Saling Menguntungkan

prinsip etika bisnis
sumber : pexels.com

Terakhir, prinsip etika bisnis saling menguntungkan yang banyak dirasa oleh generasi muda sekarang.

Dari capaian yang laur biasa ini, generasi muda makin berbondong-bondong melakukan inovasi serta kreasi dalam meramaikan dunia perbisnisan Indonesia.


  1. Prinsip Kepemimpinan

prinsip etika bisnis
sumber : pexels.com

Kepemimpinan merupakan salah satu prinsip etika bisnis yang mempengaruhi keteladanan serta kehormatan baik dirasa seorang individu dan bisnis tersebut.

Para wirausahawan atau pelaku bisnis harus sadar akan tanggung jawab dan peluang dair posisi kepemimpinan mereka. Mereka juga harus jadi teladan untuk tindakan-tindakan positif yang berasal dari perilakunya sendiri.

Itulah prinsip prinsip etika bisnis yang bisa kamu terapkan pada model usaha milikmu.

Untuk kamu ketahui bahwa bisnis buka ajang unjuk bakat dan kekuatan, namun dari bisnis ini semua pihak yang berhubungan harus bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat dari bisnis yang terjalin. 

Selamat mencoba dan semoga sukses, ya! 

Ingin coba memulai bisnis? Yuk coba daftar menjadi reseller Evermos. Temukan ribuan produk jualnya dan nikmati modal GRATIS untuk reseller baru.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×