Preloved Baju: Pengertian, Cara Jual Baju Preloved dan Tipsnya

Preloved baju – Bisnis preloved di zaman sekarang sudah banyak berjamuran dimana-mana, mulai dari preloved baju, preloved sepatu, preloved make up dan skincare, hingga barang lainnya yang masih layak untuk dijadikan bisnis preloved. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba bisnis berikut dapat membaca artikel yang satu ini.

Lalu, bisnis preloved baju artinya apa? Begitupula untuk bisnis preloved lainnya, sebenarnya apa itu preloved dan metode bisnis yang diterapkan untuk bisnis preloved?

Di era modern seperti sekarang ini, rata-rata pengguna internet menggunakan akses internet untuk membantu mereka dalam membeli barang yang mereka inginkan. 

Misalnya berbelanja online di Evermos untuk kebutuhan sehari-harinya yang dapat sampai dengan cepat serta pengiriman yang aman dan dapat dipercaya.

Perlu untuk diketahui, tidak semua kalangan mampu memenuhi kebutuhannya untuk berbelanja barang tertentu misalnya barang branded, mulai dari fashion, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik dan lainnya.

Oleh karena itu, sebagai salah satu bisnis online 2022 yang masih menjanjikan, adanya bisnis preloved baju tentunya dapat menemukan mereka yang membutuhkan baju seperti branded atau baju yang masih berkualitas dan bisa diperoleh dengan harga yang murah.

Apa itu Preloved? 

Preloved Baju
Sumber: unsplash.com

Preloved hingga kini menjadi istilah yang cukup umum digunakan dalam bisnis fashion. Secara bahasa, preloved artinya adalah jual beli barang yang memiliki makna dengan secondhand dan bukanlah firsthand.

Preloved sendiri merupakan istilah kegiatan jual beli barang bekas yang tentunya masih dalam kondisi bagus dan tetap berkualitas untuk digunakan. 

Berbeda dari kondisi barang bekas pada umumnya, barang preloved cenderung memiliki kualitas yang lebih bagus.

Sehingga kita dapat mengambil kesimpulan bahwa bisnis preloved adalah bisnis jual beli barang dimana penjual menyediakan barang bekas yang masih berkualitas untuk dibeli dengan harga yang relatif rendah kepada pembeli.

Pada umumnya, barang preloved sendiri merupakan barang koleksi pribadi dari si pemilik barang.

Terutama untuk preloved baju, mungkin banyak yang masih mengira bahwa preloved baju sama artinya dengan bisnis thrift shop.

Perbedaan Thrift dan Preloved

Preloved Baju
Sumber: unsplash.com

Apa itu thrift dan perbedaannya dengan bisnis preloved? 

Secara harfiah, thrift artinya adalah keberuntungan. Namun, secara maknanya kata thrift merupakan perlakuan ekonomis yang dilakukan oleh masyarakat. 

Artinya, masyarakat yang dapat berhemat akan mendapatkan lebih banyak keuntungan karena dapat menabung lebih banyak. 

Adapun untuk istilah bisnis thrift shop yaitu bisnis yang menyediakan berbagai produk seken atau bekas baik produk lokal maupun impor. 

Adapun produk thrift didapatkan bukan melalui koleksi pribadi seperti preloved, akan tetapi didapatkan melalui kegiatan thrithing atau berburu barang bekas langsung ke grosir atau pasarnya.

Sumber perolehan barang tersebut yang akhirnya menjadi perbedaan thrift dan preloved

Preloved Baju Artinya

Setelah kita menemukan apa itu preloved dan artinya, sekarang kita dapat menentukan arti dari preloved baju.

Preloved baju sendiri artinya adalah kegiatan jual beli baju bekas berkualitas yang masih dalam kondisi belum sempat dipakai atau beberapa kali. 

Kebanyakan dari kegiatan bisnis preloved adalah menjual produk seperti baju.

Sebab, baju merupakan barang yang selalu mengalami pertumbuhan tren yang sangat cepat, misalnya dari segi model, tren atau dari segi ukuran yang sudah tidak bisa digunakan lagi karena tidak muat.

Syarat untuk preloved baju sendiri tentunya masih layak pakai atau digunakan, kemudian dalam kondisi tetap masih bagus dan bersih. 

Cara Jual Baju Preloved

Preloved Baju
Sumber: unsplash.com

Bagi Anda yang tergiur untuk mencoba berjualan baju preloved, namun tidak mengetahui caranya tenang saja!

Sebab, Tim Evermos akan memberikan penjelasan tentang cara jual baju preloved agar laku, dan bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Berikut ini adalah cara jual baju preloved yang bisa Anda praktekkan untuk berbisnis preloved.

1. Mengecek Kondisi Barang

Langkah pertama dalam bisnis preloved baju adalah dengan melakukan cek kondisi barang terlebih dahulu.

Pastikan baju yang hendak Anda jual merupakan baju yang masih layak pakai dan tentunya masih bagus.

Misalnya, baju tersebut belum pernah Anda pakai dan merupakan pemberian orang lain, atau kondisi baju yang tidak muat pada tubuh Anda, atau baju yang sudah pernah dipakai tetapi masih layak untuk digunakan kembali.

2. Berikan Deskripsi Barang Secara Jujur

Kunci utama untuk menjaga kepercayaan pembeli dalam bisnis preloved baju adalah dengan memberikan detail kondisi barang secara jujur.

Dalam hal ini, diperbolehkan Anda untuk memberitahu alasan mengapa Anda menjual barang tersebut. 

Kemudian lengkapi deskripsi produk dengan jelas misalkan terdapat adanya noda kuning, atau kekurangan lainnya sehingga pembeli tidak akan merasa tertipu oleh Anda.

3. Berikan Harga yang Sesuai

Salah satu strategi dari penjualan barang preloved baju adalah menentukan harga yang layak dan tepat untuk Anda jual.

Jangan sampai Anda menjual baju dengan harga yang terlalu mahal ataupun justru hara yang terlalu murah sehingga Anda tidak mendapatkan keuntungan.

Anda bisa mencoba cara seperti melakukan nego dengan pembeli.

Jadilah cermat dengan menggunakan strategi upping price terlebih dahulu. Anda bisa menawarkan barang dengan harga yang pas.

4. Lakukan Pemasaran Mulut ke Mulut

Inti dari suksesnya sebuah bisnis adalah dengan melakukan pemasaran. Sementara pemasaran yang paling efektif dan hemat biaya alias gratis adalah dengan melalui pemasaran mulut ke mulut.

Anda bisa menjaring berbagai kenalan atau relasi yang Anda kenali mulai dari teman lama, teman sekolah, kerja, saudara hingga rekan kerja sekalipun.

Jangan ragu untuk mengawali bisnis Anda dengan menawarkan lewat mulut ke mulut.

5. Promosi di Media Sosial

Jika metode sebelumnya sudah Anda terapkan, berikutnya Anda bisa beralih ke tahapan promosi lewat media sosial.

Anda bisa melakukan promosi konten preloved baju untuk menarik minat audiens Anda agar potensi terjualnya barang preloved baju Anda semakin tinggi.

Gunakan strategi marketing yang tepat agar Anda bisa mempromosikan barang melalui media sosial secara efektif.

6. Buka Toko di E-Commerce

Tahapan selanjutnya dalam cara jual barang preloved baju yaitu dengan membuka toko di e-commerce.

Menurut survey yang dilakukan oleh NielsenIQ, jumlah konsumen belanja online di Indonesia yang menggunakan e-commerce mencapai sebanyak 32 juta orang pada 2021. Jumlahnya tentu melesat ketimbang tahun lalu yaitu 2020 yang masih sekitar 17 juta orang.

Artinya, e-commerce dapat memberikan peluang yang positif terhadap laju bisnis preloved baju Anda. 

Jika pemasaran dan penawaran yang Anda berikan dapat menggugah hati pembeli, sudah barang tentu mereka akan melakukan pembelian barang preloved Anda.

Mau coba buka toko online yang gratis dan menguntungkan? Anda bisa nikmati fitur berikut melalui aplikasi Evermos, social commerce yang terpercaya dan amanah.

7. Pastikan Kondisi Barang Bersih dan Bagus

Ketika terdapat pembeli yang hendak melakukan checkout pada preloved baju yang Anda tawarkan, siapkan barang tersebut dalam kondisi yang terbaik.

Anda dapat mengkondisikan baju tersebut dengan kondisi sudah bersih, sudah diberikan pelembut atau wangi dan tak kalah pentingnya adalah dengan setrika baju tersebut. 

Dengan begitu, saat barang sampai ke tangan pembeli mereka dapat menyambut preloved yang mereka beli melalui Anda dengan sukacita.

Nah itulah beberapa tips mengenai bisnis preloved baju yang bisa Tim Evermos bagikan tipsnya kepada Anda.

Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda yang ingin memulai bisnis preloved ya!

Sebagai amal kebaikan, share link artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Mau bisnis online tanpa perlu ribet stok barang dirumah? Pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang ingin bergabung di Evermose sekarang juga.

Raih banyak kesempatan dan penawaran menarik di Evermos mulai dari jual produk brand lokal berkualitas, akses katalog tanpa batas dan raih komisi penghasilan hingga 35% per produknya.

Yuk, daftar menjadi reseller Evermos sekarang juga di bawah ini secara GRATIS atau tanpa modal.

DAFTAR DISINI SEKARANG

×