Terakhir Hari Ini! Simak Cara Pendaftaran Prakerja Gelombang 17 Disini. Jangan Sampai Ketinggalan.

Tahukah Anda bahwa hari ini merupakan hari terakhir dari pendaftaran kartu prakerja gelombang 17. Untuk itu, mari segera daftarkan diri Anda. Jangan sampai ketinggalan, ya. Ingin tahu bagaimana cara pendaftaran untuk kartu prakerja ini? Langsung saja kita simak informasi lengkapnya pada ulasan di bawah ini ya.

Program Kartu Prakerja Gelombang 17

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Sedangkan Kartu Prakerja merupakan kartu penanda atau identitas yang diberikan kepada penerima manfaat Program Kartu Prakerja.

Saat ini sedang terdapat pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang terbaru yakni gelombang 17 sedang dibuka mulai dari hari Sabtu, 05 Juni 2021 hingga hari ini, Senin, 7 Juni 2021.

Tersedia 44.000 kuota 

Kuota yang dialokasikan untuk gelombang 17 berasal dari kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12-16. Untuk diketahui, peserta lolos yang tidak melakukan pembelian pelatihan dalam jangka waktu 30 hari, otomatis akan dicabut kepesertaannya. Kuota pada gelombang 17 diperkirakan sebanyak 44.000 orang.

Untuk itu, jangan sampai ketinggalan pendaftaran terakhir hari ini, ya. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar program Kartu Prakerja gelombang 17 tahu 2021 ini, bisa melakukan pendaftaran Kartu Prakerja terlebih dahulu. Perhatikan syarat, cara daftar hingga insentif yang akan Anda dapatkan disini.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja

Sumber: shutterstock.com

Adapun syarat-syarat untuk Anda bisa mengikuti program kartu prakerja ini adalah sebagai berikut

Dalam Permenko Nomor 11 Tahun 2020, ada tiga syarat utama bagi penerima Kartu Prakerja, antara lain:

  • Warga negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP)
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
Kartu Prakerja ini diperuntukkan  untuk:
  • Pencari kerja Pekerja atau buruh yang terkena PHK
  • Pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja. Artinya, orang yang sudah bekerja pun bisa mendaftar Kartu Prakerja asal memenuhi persyaratan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi.
  • Dalam masa pandemi Covid-19, Kartu Prakerja diprioritaskan bagi pekerja atau buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.
  • Kartu Prakerja juga terbuka bagi lulusan mana pun, baik kampus unggulan maupun tidak. Sebab, hal yang menjadi patokan adalah peningkatan kompetensi kerja dan keahlian.
  • Bukan penerima bansos Kemensos (DTKS), BSU, BPUM, atau penerima Kartu Prakerja yang sudah menerima pada tahun 2020.
  • Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dan lainnya.

Walaupun demikian, prioritas tetap diberikan bagi pada pencari kerja usia muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid-19.

Selain itu, ada beberapa kelompok pekerjaan yang tidak bisa mendaftar, yaitu:

  • Pejabat negara
  • Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  • Aparatur sipil negara
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala desa dan perangkat desa
  • Direksi, komisaris, dan dewan pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Bagi Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan selain dari kartu prakerja ini, tenang saja kami punya solusinya. Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Di Evermos, Anda sudah bisa memiliki toko online sendiri dan berjualan kebutuhan sehari-hari terkengkap. Tidak perlu sibuk menmcari supplier seperti reseller lainnya, disini Anda sudah terhubung dengan ratusan brand ternama yang memiliki ribuan produk unggulan.

Jangan khawatir, prosesnya pun tidak ribet sama sekali. Anda hanya perlu mendaftarkan diri dan sudah bisa mulai berjualan online.

Di Evermos, berjualan gak perlu ribet memikirkan stok, pengemasan, hingga pengiriman barang. Semuanya sudah diurus oleh pihak dari Evermos. Jadi, Anda hanya perlu promosi produk di media sosial ataupun kerabat dekat Anda. Bagaimana, mudah kan?

Meskipun kerjanya mudah. Anda bisa mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah dengan menjual beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Mari bergabung dan miliki usaha bsinis online gratis tanpa modal. Kapan lagi bisa dimodalin oleh Evermos langsung, 50 ribu secara cuma-cuma dengan voucher transaksi di bawah ini. Jangan lewatkan kesempatan emas ini ya!

Revamp Transaksi Pertamaku UNTUKMU 50-100 Evermos

Jadi tunggu apalagi, segera temukan solusi dari permasalahan Anda dengan bergabung menjadi reseller Evermos. Klik langsung tombol di bawah ini.

MULAI DAFTAR SEKARANG

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17

Pertama-tama tentunya Anda perlu untuk mendaftarkan diri dan membuat akun secara online di laman prakerja. Laman yang dapat diakses masyarakat untuk mengikuti seleksi yaitu https://www.prakerja.go.id.

Masyarakat diimbau untuk tidak mempercayai sejumlah link yang mengatasnamakan Prakerja. Ingat, laman resmi Prakerja hanyalah di “prakerja.go.id”

Selanjutnya, untuk dapat bergabung pada Prakerja gelombang 17, pelamar wajib memiliki akun Prakerja. Adapun cara pembuatan akun prakerja adalah sebagai berikut.

Membuat Akun Prakerja
  1. Masuk ke situs www.prakerja.go.id lalu klik “Daftar”
  2. Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi baru
  3. Cek e-mail dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail
  4. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs Prakerja.
Melengkapi Data Diri

Setelah membuat akun, pendaftar diminta untuk melengkapi data diri. Berikut cara melengkapi data diri:

  1. Masuk ke akun dengan alamat e-mail dan kata sandi yang telah Anda buat
  2. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik “Berikutnya”
  3. Isi data diri, mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik “Berikutnya”
  4. Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS
Mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar

Setelah melengkapi data diri, untuk berhasil mendapatkan insentif pemilik akun akan mengikuti tes awal yang berupa tes motivasi dan kemampuan dasar.

Berikut hal-hal yang harus Anda ketahui soal tes motivasi dan kemampuan dasar:

  1. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit
  2. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu
  3. Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes
  4. Setelah mendapatkan e-mail pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran yang sedang Anda buka.
  5. Setelah itu, ikuti seleksi gelombang yang diinginkan, disesuaikan dengan domisili, lalu klik ‘Gabung’ sehingga muncul konfirmasi pilihan gelombang.
  6. Jika telah selesai, klik ‘Ya, Gabung’
  7. Akan muncul ‘Persetujuan Prakerja’ yang berisi beberapa pertanyaan. Pendaftar diharuskan klik ‘Saya menyetujui’ untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Insentif Kartu Prakerja Gelombang 17

Setelah mengikuti tes dan mendaftar. Peserta akan diberitahukan via email jikalau lolos seleksi.

Kartu prakerja Anda akan diisi saldo dan peserta dapat memilih pelatihan di mitra platform digital resmi yang telah ditentukan oleh penyelenggara.

Setelah memilih pelatihan, peserta diminta menyelesaikannya hingga mendapatkan sertifikat elektronik. Memberi ulasan dan rating.

Adapun jumlah insentif Kartu Prakerja gelombang 17 ini  adalah setiap peserta akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta.

Rincian bantuan tersebut yakni bantuan pelatihan saldo prakerja sebesar Rp 1 juta, serta akan mendapatkan insentif pasca-pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan. Peserta juga akan mendapatkan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali.

Demikianlah ulasan mengenai pendaftaran kartu prakerja gelombang 17 ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda dan membantu kelangsungan hidup Anda.

Semoga Anda lolos kartu prakerja gelombang 17 ini dan mendapatkan dana insentifnya.

Jika tidak, jangan khawatir. Anda masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan memulai bisnis online. Bila Anda masih kebingungan untuk memulai bisnis atau mencari penghasilan Anda bisa menemukan solusinya dengan bergabung di aplikasi Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

KLIK DISINI UNTUK DAFTAR

Sekian artikel mengenai Pendaftaran kartu prakerja gelombang 17. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×