Piala Presiden Kapan Dimulai? Catat Jadwal Lengkapnya Berikut Ini!

piala presiden

Piala presiden – Penggemar sepak bola di Indonesia sebentar lagi akan merasakan kembali atmosfer ketika menonton di stadion.

Pasalnya bakal ada gelaran terdekat yang akan diikuti oleh 18 klub hebat di Indonesia.

Benar sekali, piala presiden 2022 akan bergulir dalam waktu dekat ini. Kabar baiknya, Kementerian Pemuda dan Olahraga mengizinkan pertandingan dihadiri oleh penonton.

Ada sejumlah aturan baru yang diterapkan pada gelaran tahun ini, misalnya sistem pertandingan hingga pemilihan tuan rumah.

Jadwal Piala Presiden 2022

jadwal piala presiden 2022

Sumber: google.com/bersosial

Piala presiden kali ini akan digelar mulai 11 Juni sampai 17 Juli 2022. Pada fase grup, ada empat kota yang menjadi tuan rumah, yaitu Bandung, Malang, Solo, dan Samarinda.

Persis Solo menjadi tuan rumah grup A dengan memakai stadion Manahan Solo. Sedangkan Borneo FC menjadi tuan rumah grup B dengan menggunakan stadion Segiri Samarinda. 

Kemudian Persib Bandung akan menjadi tuan rumah grup C dengan memakai stadion Gelora Bandung Lautan Api. Terakhir Arema FC menjadi tuan rumah grup D dengan menggunakan stadion Kanjuruhan Malang.

1. Grup A

Grup A diisi oleh lima klub, dengan Persis Solo menjadi tuan rumah. Selain Persis Solo, di grup A diisi oleh Dewa United, PSIS Semarang, Persita Tangerang, dan PSS Sleman.

2. Grup B

Kemudian di grup B juga terdiri dari lima klub dengan Borneo FC Samarinda sebagai tuan rumah. 

Klub lainnya yang ada di grup B yaitu Barito Putera, Rans Nusantara FC, Persija Jakarta, dan Madura United.

3. Grup C

Grup C diisi oleh empat klub dengan Persib Bandung menjadi tuan rumah. Klub lainnya yaitu Persebaya Surabaya, Bali United, dan Bhayangkara FC.

4. Grup D

Terakhir yaitu grup D yang juga diisi oleh empat klub dengan Arema FC sebagai tuan rumah. Klub lainnya yaitu PSM Makassar, Persikabo 1973, dan Persik Kediri.

Skema Turnamen Piala Presiden 2022

Turnamen pramusim

Sumber: google.com/bersosial

Organizing Committe piala presiden 2022 mengatakan bahwa sistem pertandingan yang akan dilangsungkan sama seperti biasa yaitu dilakukan dengan sistem grup.

Kemudian akan ada depalan klub yang lolos ke babak 8 besar dengan ketentuan juara grup dan runner up yang lolos ke 8 besar. 

Perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini babak 8 besar akan dilakukan satu leg.

Kemudian tuan rumah pada babak 8 besar sesuai klub yang menjadi juara grup. Jadi, semua klub ada kemungkinan menjadi tuan rumah jika menjadi juara grup.

Selanjutnya babak semifinal akan digelar dua leg, begitupun dengan partai final juga digelar dua leg.

Tahun ini memang banyak yang baru dari gelaran turnamen ini, namun antusias penggemar sepak bola tetap menggebu karena akan kembali bisa menonton di stadion setelah puasa selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

Babak 8 besar akan digelar pada 2-3 Juli, sedangkan semifinal akan digelar pada 7 dan 11 Juli 2022.

Untuk partai final akan digelar pada 14 dan 17 Juli dengan hadiah jika menjadi juara sebesar Rp 2 miliar.

Syarat Menonton Piala Presiden di Stadion

syarat menonton ke stadion

Sumber: google.com/bersosial

Piala presiden menjadi turnamen pramusim sebelum gelaran liga dimulai, tahun ini pertandingan piala presiden akan digelar dengan penonton.

Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin menonton ke stadion.

Pertama, kursi penonton hanya boleh terisi 75 persen dari total kapasitas keseluruhan. Hal itu mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19 meskipun sudah melandai..

Kemudian penonton yang hadir wajib mematuhi protokol kesehatan dan minimal sudah melakukan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali.

Selain itu penonton juga diwajibkan tetap menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Jangan Takut Gak Bisa Beli Tiket! Tenang, Ada Evermos!

Reseller Evermos

Sumber: google.com/bersosial

Bagi Anda yang takut tidak bisa membeli tiket piala presiden 2022 karena kondisi keuangan sedang tidak baik-baik saja, jangan takut!

Anda bisa bergabung menjadi reseller di Evermos dan mendapatkan uang dari hasil berjualan produk-produk keren Evermos.

Apalagi Anda tidak perlu modal, tidak perlu capek packing dan kirim barang, karena semua sudah ditanggung oleh Evermos. 

Jadi kamu hanya perlu berjualan dan mendapatkan uang saja. Yuk gabung bersama Evermos sekarang juga!

Sejarah Piala Presiden 

persib bandung

Sumber: google.com/bersosial

Piala presiden lahir karena adanya kekosongan kompetisi di Indonesia akibat sanksi yang diberikan FIFA kepada PSSI.

PSSI saat itu terjadi dualisme sehingga tidak bisa menggelar liga sampai batas waktu sanksi dicabut. 

Saat itu salah satu pihak swasta menggelar turnamen piala presiden dengan tujuan untuk mengembalikan perekonomian di sektor sepak bola.

Tahun pertama digelar pada 2015 dan Persib Bandung menjadi juara untuk edisi pertama piala presiden dengan mengalahkan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bung Karno, jakarta.

Selanjutnya piala presiden menjelma menjadi turnamen pramusim yang diadakan setiap tahun, dan menjadi turnamen bergengsi antar klub di Indonesia.

Nah, apakah Anda sudah siap untuk menonton tim kesayangan Anda di stadion? Kalau sudah siap, jangan lupa tetap patuhi aturan yang berlaku, ya.

Itulah ulasan mengenai piala presiden 2022. Kunjungi situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×