Lakukan 10 Persiapan Menyambut Ramadhan Berikut Ini Agar Diridhoi Allah

Persiapan Menyambut Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba, tidak terasa bukan?  Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan persiapan  menyambut Ramadhan dengan berbahagia agar diridhoi oleh Allah. Persiapan apa sajakah itu? Simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Meskipun belum ada penentuan kapan tanggal dimulainya puasa 2021, umat Muslim sudah mulai untuk mempersiapkan diri menyambut bulan tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Allah akan melipatgandakan pahala bagi seseorang yang beribadah, terkhusus bulan Ramadhan.

Maka dari itu, sebagai umat Muslim, kita harus berusaha untuk melakukan ibadah semaksimal mungkin dan mencapai ridho Allah.

Berikut ini hal-hal yang dapat Anda persiapkan sebelum datangnya puasa Ramadhan.Simak hingga tuntas ya!

Baca juga: 50 Kata-Kata Ucapan Menyambut Ramadhan Untuk Teman & Keluarga

Hal-Hal Persiapan Sebelum Datangnya Puasa Ramadhan

Dalam menyambut ibadah puasa Ramadhan, umat Islam tentu perlu melakuan berbagai persiapan dengan mantap.

Tak hanya mempersiapkan dari segi materi, namun persiapan rohani juga perlu Anda persiapkan menuju bulan Ramadhan.

Namun, kebanyakan orang hanya fokus pada kebutuhan persediaan makanan, pakaian, dan apapun secara fisik, tapi melupakan persiapan jiwa dan batinnya.

Inilah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum menyambut Ramadhan, bisa Anda aplikasikan ya!

1. Memperbanyak Doa dan Amalan

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sumber: shutterstock.com

Semua umat Muslim wajib berdoa kepada Allah SWT. Bahkan menjelang Ramadhan kita hendaknya senantiasa berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Doa adalah sarana untuk berkomunikasi dan membangun relasi dengan Allah. Dengan berdoa kita menyatakan beriman kepada Allah.

Bukankah setiap doa yang kita panjatkan ingin terkabul? Maka dari itu, berdoalah dengan sungguh-sunggu dan menjadikan Allah sebagai dzat tempat kita bergantung terhadap hidup dan mati kita.

Selain berdoa, kita juga perlu memperbanyak amalan kebaikan. Kebaikan kecil dapat kita lakukan secara sederhana, mulai dari memberikan makanan, bersedekah uang, atau berbagi dengan donasi.

2. Bertaubat

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sumber: shutterstock.com

Bertaubat adalah salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum bulan puasa datang. Hal ini perlu kita lakukan karena manusia tentunya tidak luput dari kesalahan dan dosa.

Maka dari itu, sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita untuk bertaubat dan meminta ampunan Allah SWT.

Dengan memohon ampunan-Nya, kita akan mendapatkan ketenangan batin sehingga akan lebih lancar dalam menjalankan ibadah puasa nantinya.

Baca Juga:  Istimewa! Inilah 10 Keutamaan Puasa Ramadhan yang Penting Untuk Diketahui

Bertaubat dalam hal ini bukan hanya dalam lisan, namun juga harus dibuktikan dengan perbuatan.

3. Menguatkan Niat

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sumber: shutterstock.com

Ibadah yang sempurna adalah ibadah yang dilakukan menurut standar Allah.

Menurut standar Allah berarti perlu niat yang lurus, lalu menjalankannya sesuai dengan aturan Al-Qur’an serta beribadah sesuai dengan apa yang dicontohkan Rasulullah SAW (As-Sunnah).

Sebelum bulan Ramadhan datang, kita perlu memantapkan niat untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas dan hanya untuk mencari ridho Allah semata, tanpa ada niatan yang lainnya.

Jadi, fokuskan tujuan ibadah hanya kepada Allah SWT. Karena Allah satu-satunya dzat yang patut kita sembah.

4. Melakukan Ibadah Sunnah Sebanyak Mungkin

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sumber: shutterstock.com

Hal yang dapat kita persiapkan selanjutnya adalah memperbanyak ibadah sunnah. Tidak ada salahnya kita melatih diri dengan melaksanakan sholat sunnah atau puasa sunnah.

Dengan melakukan ibadah sunnah seperti puasa senin kamis, kita dapat berlatih agar nantinya di bulan puasa Ramadhan kita telah memiliki bekal untuk menjalaninya dengan baik.

Sebagaimana dalam sebuah hadits Rasulullah yang menyatakan:

“Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Untuk menunjang kualitas ibadah sholat, tentu saja peralatan ibadah perlu kita perhatikan. Pastikan peralatan ibadah seperti mukena ini nyaman ketika dikenakan sehingga membuat sholat menjadi lebih khusyu.

Ingin mendapatkan produk mukena dengan kualitas yang baik? Silahkan klik rekomendasi produk di bawah ini. 

Persiapan Menyambut Ramadhan

Persiapan Menyambut Ramadhan

5. Memperbanyak Membaca Al Quran

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sumber: shutterstock.com

Al-Qur’an merupakan kalamullah dan pedoman bagi kehidupan manusia, keutamaan­nya atas segala perkataan seperti keutamaan Allah SWT atas seluruh makhluk-Nya.

Membacanya adalah ama­lan yang paling utama dilakukan dengan lisan.

Setiap orang yang membaca Al-Qur’an dengan ikhlas karena Allah maka ia mendapatkan pahala.

Namun pahala ini dilipatgandakan jika disertai dengan ke­hadiran hati, penghayatan dan pema­haman terhadap ayat yang dibaca.

Maka satu huruf bisa dilipatgandakan pahalanya menjadi sepuluh kebaikan, bahkan tujuh ratus kali lipat.

Membaca Al-Qur’an dengan lancar mau­pun terbatah-batah tetap mendapatkan pahala karena ia merupakan kitab suci kala­mullah, sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadits Nabi:

“Siapa saja membaca satu huruf dari kitab Allah (al-Qur’an), maka bagi­nya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu di­balas dengan sepuluh kali lipat-Nya.” (HR. At-Tirmidzi)

Membaca Al Quran tidak hanya mendapatkan pahala serta kebaikan, tetapi juga mendatangkan ketenangan hati dan pikiran.

Dengan begitu, kita dapat menyambut datangnya bulan puasa dengan hati dan pikiran yang lebih baik.

Baca juga: Berikut Kumpulan Doa Menyambut Ramadhan 1442 H Sesuai yang Diajarkan Rasulullah SAW

6. Membayar Puasa Sebelumnya

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sumber: shutterstock.com

Sebelum memasuki awal puasa Ramadhan, kita wajib untuk mengganti (qadha) hutang puasa pada Ramadhan sebelumnya.

Baca Juga:  Ada Rencana Investasi Reksadana Syariah? Pahami Dulu Hal Berikut Ini

Puasa yang kita tinggalkan pada bulan Ramadhan wajib diganti, kecuali bagi orang lanjut usia yang bisa menggantinya dengan membayar fidyah.

Terdapat beberapa golongan yang diberi keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan, mereka adalah orang yang sakit, musafir, dan wanita yang sedang haid dan nifas.

Ketiga golongan tersebut harus membayarkan puasa Ramadhan yang mereka tinggalkan, seperti tertulis dalam ayat berikut:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Syahru ramaḍānallażī unzila fīhil-qur`ānu hudal lin-nāsi wa bayyinātim minal-hudā wal-furqān, fa man syahida mingkumusy-syahra falyaṣum-h, wa mang kāna marīḍan au ‘alā safarin fa ‘iddatum min ayyāmin ukhar, yurīdullāhu bikumul-yusra wa lā yurīdu bikumul-‘usra wa litukmilul-‘iddata wa litukabbirullāha ‘alā mā hadākum wa la’allakum tasykurụn.

Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

7. Membuat List Kegiatan Selama Ramadhan

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sumber: shutterstock.com

Sebelum masuk bulan Ramadhan, Anda dapat membuat list kegiatan selama Ramadhan.

Anda bisa membuat list kegiatan yang bermanfaat selama Ramadhan.

Membuat list kegiatan selama Ramadhan ini memiliki manfaat agar waktu yang Anda gunakan lebih produktif.

Harus berprinsipkan bahwa segala aktivitas yang kita lakukan pada bulan Ramadhan itu berkah dan dapat bernilai ibadah dan menuai pahala yang besar.

8. Berolahraga Supaya Sehat dan Bugar

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sumber: shutterstock.com

Telah kita ketahui bersama bahwa dengan berolahraga tubuh kita menjadi sehat dan bugar.

Sebelum Ramadhan tiba, Anda disarankan untuk berolahraga sehingga tubuh Anda menjadi prima dan insya Allah lancar dalam menjalani ibadah puasa.

Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh memang banyak sekali, dan yang terpenting dapat terhindar dari penyakit.

Anda bisa berolahraga secara rutin, minimal 30 menit dalam sehari.

9. Kenali Lawan Terberat Anda

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sumber: shutterstock.com

Terdapat  sesuatu yang sangat luar biasa dalam diri manusia, yaitu “Pikiran”. Sesungguhnya, segala sesuatu yang manusia lakukan adalah produk dari pikirannya.

Baca Juga:  Cepat dan Mudah! Begini Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online

Apapun yang diinginkan, semua itu tergantung dengan apa yang kita pikirkannya, karena kita memulainya dengan pikiran.

Ada sebuah kata bijak mengatakan , “Hari ini Anda tergantung pada pikiran yang datang saat ini. Besok, Anda ditentukan oleh kemana pikiran membawa Anda.”

Memang benar adanya, karena segala sesuatu yang kita lakukan pastilah berawal dari pikiran kita.

Jadi, sebaiknya kita memulai degan pikiran-pikiran yang positif, sehingga kita mengimplementasikan pikiran itu akan membuahkan hasil yang baik pula.

10. Mempelajari dan Memperdalam Ilmu Agama

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sumber: shutterstock.com

Persiapan lain yang dapat kita lakukan menuju datangnya awal puasa Ramadhan adalah dengan membaca dan mempelajari ilmu agama lebih dalam lagi.

Jadi, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk menimba ilmu agama, sehingga kita bisa lebih memahami makna dan keutamaan dari ibadah yang kita lakukan.

Dengan mengetahui hal tersebut, kita akan menjadi terpacu dan lebih bersemangat untuk melakukan berbagai ibadah sesuai petunjuk Allah SWT.

Rekomendasi Produk Buku Agama yang Tersedia di Evermos

Persiapan Menyambut Ramadhan

Untuk mempelajari tentang keislaman secara mendalam, Anda dapat menemukan informasi dari mana saja. Bisa langsung daru Al-Qur’an, informasi dari internet, ataupun dari sebuah buku.

Ada rekomendasi buku tentang keislaman terbaik yang bisa Anda dapatkan di Evermos.

Terdapat berbagai tema dan judul tentang keislaman yang menarik, ada buku tentang keislaman untuk anak-anak, remaja, bahkan dewasa.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan atau menjual buku tentang keislaman, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Persiapan Menyambut Ramadhan

Demikianlah beberapa hal dapat kita persiapkan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Dengan melakukan beberapa kegiatan tadi, harapannya kita dapat memulai awal puasa Ramadhan dengan hati dan pikiran yang tenang sehingga ibadah bulan Ramadhan dapat terlaksana secara sempurna.

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik seputar puasa lainnya pada situs blog Evermos. 

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×