Ingin Bisnis Laris? Simak Cara Memahami Perilaku Konsumen Berikut Ini

Sebagai seorang pebisnis, kita perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan. Salah satu cara efektif adalah dengan memahami perilaku konsumen.

Perilaku konsumen bisa dibilang menjadi salah satu faktor yang perlu dipikirkan oleh para pebisnis.

Perilaku konsumen adalah studi tentang konsumen dan bagaimana sikap mereka saat melakukan pembelian sebuah produk.

Tujuannya adalah untuk memahami sikap dan kebutuhan pelanggan sehingga bisa meningkatkan pelayanan yang berujung pada konversi penjualan.

Ingin tahu bagaimana cara memahami perilaku konsumen? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Aplikasikan Kumpulan Kata Kata Promosi Ini Untuk Mendongkrak Penjualan Bisnis Anda

Faktor Pembentukan Perilaku Konsumen

perilaku konsumen
sumber : pexels.com

Sebelum memahami perilaku konsumen, ada baiknya kita perlu mengetahui faktor perilaku tersebut bisa terbentuk. Berikut adalah faktor yang mempengaruhinya.

Faktor Psikologis

Masalah psikologis berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen. Contohnya ketika konsumen merasa lapar, maka ia akan terdorong untuk membeli produk makanan meskipun sebelumnya konsumen tidak tertarik. 

Faktor Persepsi

Faktor ini sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Pada awalnya, seorang konsumen akan mencari informasi yang berkaitan dengan produk yang akan dibeli. Kemudian, konsumen akan mempertimbangkan beberapa hal sebelum membelinya.

Faktor Sikap

Ada tiga komponen penting yang bisa menentukan sikap yakni kognitif, afektif, dan perilaku. Kognitif merupakan aspek yang berkaitan dengan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk.

Sedangkan afektif berkaitan dengan kondisi emosional konsumen. Kemudian perilaku berkaitan dengan tindakan yang dilakukan oleh konsumen.

Faktor Pribadi

Faktor pribadi dari konsumen berkaitan dengan demografisnya. Hal tersebut diantaranya usia, jenis kelamin, pekerjaan, status sosial, gaya hidup, dsb.

Faktor Budaya

Budaya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku konsumen. Hal ini dikarenakan budaya membentuk kebiasaan yang dimilikinya.

Faktor Harga

Harga termasuk salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh konsumen. Harga akan mempengaruhi konversi penjualan. Konsumen akan semakin cepat memutuskan untuk membeli terutama jika harganya murah dan barangnya bermanfaat untuk dirinya.

Faktor Produk

Produk yang Anda jual tentunya akan berpengaruh pada perilaku konsumen mulai dari segi desain, kualitas, dan kegunaan produk harus mampu menarik perhatian konsumen.

Baca Juga : 8 Cara Mempromosikan Produk di Marketplace Agar Jualan Cepat Laris

5 Cara Untuk Memahami Perilaku Konsumen

Kita telah mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen. Selanjutnya, kita akan mengulas mengenai 5 cara untuk memahami perilaku konsumen berikut ini.

Kenali Siapa Pelanggan Anda

perilaku konsumen
sumber : pexels.com

Era digital saat ini membuat konsumen menjadi lebih beragam. Tidak hanya itu, segmentasi pasar mulai menjadi lebih spesifik. Untuk itu, Anda perlu mengenal konsumen dari aspek demografis dan psikografis mereka.

Demografis adalah struktur dasar kemasyarakatan seperti umur, jenis kelamin, pekerjaan, dsb. Sedangkan psikografis adalah keadaaan psikologi seseorang seperti kebiasaan dan interest mereka.

Anda bisa mendapatkannya dengan membangun profil pelanggan. Cari tahu sebanyak mungkin deskripsi yang relevan tentang pelanggan seperti misalnya:

  1. Apakah mereka wanita atau pria?
  2. Apakah mereka seorang pelajar? Atau pekerja?
  3. Seberapa sering mereka berolahraga?
  4. Apakah mereka memiliki anak?

Kenali Apa Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

perilaku konsumen
sumber : pexels.com

Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan penting adanya. Pelanggan memiliki kebutuhan khusus dan secara alami mereka memerlukan solusinya.

Untuk itu, dengan memahami apa yang pelanggan butuhkan, Anda bisa membuat konten atau produk yang memenuhi kebutuhan sehingga lebih tepat sasaran.

Dengan keterlibatan ini, anda juga dapat mengenali meningkatkan engagement yang mengarah pada peningkatan konversi penjualan.

Cari Tahu Persepsi Konsumen Terhadap Bisnis Anda

perilaku konsumen
sumber : pexels.com

Mengetahui persepsi konsumen terhadap kita penting adanya, dikarenakan kita bisa mendapatkan feedback yang berguna untuk Analisa.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui persepsi konsumen adalah dengan melakukan survei atau berkomunikasi langsung.

Anda bisa menggunakan tools survey seperti Surveymonkey, Salesforce Marketing, Google Form bahkan polling media sosial. Dengan mengetahui berbagai macam feedback, Anda bisa memperbaiki atau meningkatkan kualitas dari produk.

Tanyakan dan cari tahu sebanyak mungkin apa persepsi konsumen, seperti pengalaman konsumen terhadap bisnis Anda, apa kelebihan kompetitor, dst.

Pahami Jenis Konten yang Konsumen Sukai 

perilaku konsumen
sumber : pexels.com

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah aspek marketing/promosi dari bisnis Anda.

Dengan memikirkan aspek konten marketing secara maksimal bisa berguna untuk konversi penjualan bisnis.

Untuk itu, buatlah konten-konten yang sekiranya berguna untuk mereka.

Konsumen akan menyukai konten-konten tersebut, karena dapat membantu mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Kalimat call to action yang baik bisa Anda terapkan. Lebih baik lagi, Anda bisa menekankan informasi bahwa produk Anda dapat menjadi solusi dari permasalahan mereka.

Itulah bagaimana caranya sebuah konten marketing berkonversi menjadi penjualan.

Selain keunggulan produk, membuat konten terkini dan mengikuti tren dapat menyebabkan pelanggan menyukai konten Anda.

Analisa Proses Pembelian Konsumen Terhadap Produk

perilaku konsumen
sumber : pexels.com

Cara yang terakhir ialah Anda perlu menempatkan diri di posisi pelanggan Anda. Bagaimana Anda merasakan experience menjadi pelanggan di Bisnis Anda.

Mulai dari meninjau dan menganalisa bagaimana perjalanan konsumen hingga akhirnya membeli produk yang Anda jual.

Pertama seperti bagaimana konsumen terpapar informasi promosi produk, kemudian alur transaksi konsumen, dsb.

Karena ini, Anda bisa lebih mengetahui dan memahami apa yang sebenarnya konsumen rasakan dan bagaimana menjaga pelayanan terbaik untuknya.

Demikianlah ulasan mengenai cara memahami perilaku konsumen agar bisnis Anda semakin lancar. Baiknya kita perlu menerapkan ini dalam Bisnis Kita, karena semakin kita memahami pelanggan, maka semakin mudah transaksi penjualan terjadi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Untuk membaca artikel bisnis menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

×