Beginilah Peraturan THR 2021 dari Menteri Ketenagakerjaan

peraturan THR 2021

Bulan Ramadan saat ini pertanda bahwa sebentar lagi kita akan menyambut hari raya idul fitri. Hal ini membuat media berita saat ini dipenuhi oleh pengumuman keputusan peraturan THR 2021 dari Menteri Ketenagakerjaan pagi para buruh dan karyawan. Jadi, sebenarnya bagaimana ketetapan peraturan THR 2021 ini? mari kita simak pada ulasan berikut.

Peraturan THR 2021

peraturan THR 2021

sumber : shutterstock.com

Momen hari raya lebaran tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi seluruh umat muslim. Terlebih bagi para karyawan, ada kabar gembira yakni adanya THR menjelang /2021.

Rasa penasaran mulai muncul kapan sebenarnya jadwal pembayaran THR 2021 ini akan dilaksanakan? tenang saja karena pemerintah pun telah memberikan keputusan.

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan sudah membuat surat edaran mengenai pembayaran tunjangan hari raya (THR).  Ketentuan THR 2021 dan jadwal pencairannya saat ini tidak sama seperti tahun lalu.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan dalam keterangan resminya memperjelas jadwal pembayaran THR 2021 dan ketentuannya. Peraturan THR 2021 ini dibayarkan kepada karyawan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

Tunjangan ini adalah merupakan pendapatan yang wajib dibayarkan di luar upah pokok.

Ketentuan besaran THR minimal bagi karyawan yang sudah bekerja selama 12 bulan adalah sebesar satu kali gaji.

Namun, bagi karyawan yang tidak atau belum bekerja penuh maka besaran THR ditentukan dengan proporsional dengan suatu hitungan tertentu

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah meminta kepada seluruh kepala daerah agar memastikan semua perusahaan membayarkan THR kepada karyawan  tepat waktu dan tepat jumlah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Pengumuman ini disampaikan pemerintah melalui Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan M/6/HK.04/IV/2021 yang mewajibkan para pengusaha untuk melakukan pembayaran tunjangan THR keagamaan tahun 2021 secara penuh tanpa dicicil.

Surat edaran tentang THR 2021 ini nantinya akan ditujukan kepada para gubernur di seluruh Indonesia.

 

Aturan lengkap pemberian THR 2021

peraturan THR 2021

sumber : shutterstock.com

Adapun dikutip dari laman Setkab dalam surat edaran tersebut sudah diatur sejumlah ketentuan mengenai pembayaran THR 2021 yakni diantaranya sebagai berikut :

  1. Tunjangan hari raya keagamaan wajib dibayarkan paling lama 7 hari sebelum hari raya keagamaan.
  2. Pembayaran THR Keagamaan ini diberikan pada pekerja/buruh yang telah memiliki masa kerja satu bulan secara terus menerus atau lebih.
  3. THR Keagamaan juga diberikan kepada pekerja/buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha.  Berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) atau perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).
  4. Bagi pekerja/buruh yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, THR diberikan dengan ketentuan sebesar 1 bulan upah.
  5. Bagi pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus, tetapi kurang dari 12 bulan, THR diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan masa kerja dibagi 12 bulan kemudian dikali 1 bulan upah.
  6. Adapun bagi pekerja/buruh yang bekerja berdasarkan perjanjian kerja harian yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima selama 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.
  7. Sedangkan bagi pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.

Peraturan THR 2021

peraturan THR 2021

sumber : shutterstock.com

Pemerintah menegaskan bahwa waktu satu tahun pandemi corona ini seharusnya bukan lagi menjadi alasan pengusaha untuk tidak mampu membayar THR.

Kementerian tenagakerja sebelumnya telah melakukan diskusi dengan lembaga kerja sama tripartit nasional, tim kerja Dewan Pengupahan Nasional, serta komunikasi yang intens dengan pengusaha, serikat pekerja, dan serikat buruh untuk mencapai kesepakatan dalam pemberian THR 2021.

Terlebih saat ini pemerintah sudah melakukan banyak hal untuk memulihkan perekonomian. Roda ekonomi sudah mulai bergerak dan kegiatan ekonomi Indonesia sudah mulai berjalan dengan normal dan membaik.

Demikianlah ulasan mengenai peraturan THR 2021 dan jadwal pembayarannya yang telah ditentukan oleh kementerian ketenagakerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang masih kebingungan dengan peraturan THR 2021.

Tak sabar menunggu THR 2021 cair? Sabar Ya!

Sambil menunggu THR Cair, Anda masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian artikel mengenai Peraturan THR 2021 ini Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×