Penyebab Telinga Berdengung dalam Islam, Ini Makna dan Doanya!

Penyebab telinga berdengung dalam Islam – Pernahkan Anda merasakan dengung pada telinga secara tiba-tiba?

Hal itu sangat sering terjadi pada siapapun. Terkadang telinga berdengung tanpa sebab, dan hal itu menjadi tanda tanya bagi yang mengalaminya.

Bahkan tak sedikit dari orang yang merasakan telinga berdengung menganggap ada yang sedang membicarakan mereka.

Ada juga yang mengira bakal ada kejadian yang tidak terduga jika merasakan telinga berdengung.

Karena dalam kepercayaan primbon, jika telinga tiba-tiba berdengung adalah tanda terhadap nasib orang tersebut. 

Namun apakah itu semua benar? Lantas apa penyebab telinga berdengung dalam Islam? Bagaimana Islam menyikapi hal ini? Simak artikel berikut ini.

Bagaimana Penyebab Telinga Berdengung dalam Islam?

Penyebab telinga berdengung
Sumber: google.com/bersosial

Selain kepercayaan terhadap primbon dan kepercayaan masing-masing, dalam Islam ternyata ada juga tentang penyebab telinga berdengung dalam Islam.

Dalam sisi agama Islam, ketika telinga berdengung ada satu pertanda yang maknanya sangat dalam dan cukup menggetarkan hati.

Ternyata ketika telinga berdengung, kita dianjurkan untuk membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Hal itu diperkuat dengan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh al-Hakim, Ibn as-Sinni, at-Thabarani. Rasulullah SAW bersabda:

“Jika telinga salah seorang di antara kalian berdengung, maka hendaknya ia mengingatku (Rasulullah saw), membaca shalawat kepadaku, dan mengucapkan: Dzakarallahu man dzakarani bi khairin (Semoga Allah swt mengingat orang yang mengingatku dengan kebaikan)”. (H.R. al-Hakim, Ibn as-Sinni, at-Thabarani).

Selain itu, jika Anda mengalami telinga berdenging secara tiba-tiba, dalam Islam menyebutkan bahwa orang yang telinganya berdengung sedang disebut namanya oleh Rasulullah di majelis atau tempat tertinggi.

Maka dari itu orang yang mengalami telinga berdengung dianjurkan untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Karena nama Anda sedang disebut oleh Rasulullah SAW.

Kitab as-Siraj al-Munir yang ditulis oleh Ali al-Azizi menjelaskan tentang pendapat yang menguatkan pernyataan tersebut.

“Imam al-Munawi berkata, sesungguhnya telinga itu berdengung hanya ketika datang berita baik ke ruh, bahwa Rasulullah saw telah menyebutkan orang (pemilik telinga yang berdengung) tersebut dengan kebaikan di al-Mala’ al-A’la (majlis tertinggi) di alam ruh.” (‘Ali al-‘Azizi dalam kitab as-Siraj al-Munir).

Siapa yang tidak bergetar hatinya jika tahu namanya disebut sebagai salah satu orang di majelis tertinggi oleh Rasulullah. Semua orang pasti akan bergetar hatinya.

Oleh karena itu penyebab telinga berdengung dalam Islam mengharuskan orang yang mengalaminya senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Penyebab Telinga Berdengung dalam Dunia Medis

hambatan dalam pendengaran
Sumber: google.com/bersosial

Selain penyebab telinga berdengung dalam Islam, dalam dunia medis juga terdapat penjelasannya. 

Mengutip dari kumparan.com, ada beberapa penyebab telinga berdengung yang dijelaskan dalam dunia medis.

1. Gangguan pendengaran

Penyakit ini disebut dengan tinnitus atau gangguan pendengaran. ada dua penyebab yang menimbulkan gangguan pendengaran ini.

Biasanya faktor usia yang sudah menginjak usia tua seperti 60 tahun ke atas. Pada usia ini biasanya awal mula pendengaran seseorang akan mulai berkurang. 

Selanjutnya karena pernah terkena bunyi yang sangat keras. Bunyi yang sangat keras dapat menyebabkan telinga terganggu pendengarannya. Suara-suara yang keras itu menimbulkan dengung sewaktu-waktu.

2. Sumbatan di dalam lubang telinga

Selain gangguan pendengaran, penyebab telinga berdengung dalam dunia medis juga disebabkan karena adanya sumbatan di dalam lubang telinga.

Sumbatan ini akan berpengaruh pada kinerja pendengaran telinga, apalagi jika gendang telinga tersentuh oleh benda yang menyebabkan iritasi pada organ tersebut.

Selain itu sumbatan ini juga disebabkan oleh kotoran telinga yang berlebih, bulu telinga yang lepas, dan benda asing atau benda kotor yang masuk ke dalam telinga.

3. Flu

Ternyata flu dan demam juga bisa menyebabkan gangguan telinga dan mudah berdengung. Hal itu karena ada infeksi sinus yang menyebabkan tekanan tidak normal pada telinga.

Sehingga telinga akan terganggu dan sering terjadi dengungan.

4. Barometric trauma

Barometric trauma ditandai dengan adanya perubahan yang cepat pada tekanan air atau udara. Itulah yang menyebabkan telinga menjadi terganggu pendengarannya dan sering berdengung.

Kemudian barometric trauma juga disebabkan oleh diving atau snorkeling, naik pesawat ketika cuaca ekstrem, dan suara ledakan yang sangat keras.

Doa untuk Menyembuhkan Telinga Berdengung

doa telinga ketika berdengung
Suber: google.com/bersosial

Di dalam agama Islam ketika telinga berdengung selain dianjurkan untuk bersholawat, juga dianjurkan untuk membaca doa.

Berikut ini doa ketika telinga berdengung:

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ذَكَرَهُ اللهُ مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ

Latin: Allâhumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin, dzakarahullaahu man dzakaranii bikhairin.

Artinya: “Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga sayyidina muhammad. Semoga Allah menyebut dengan rahmat orang yang menyebutku dengan kebaikan.”

Itulah penyebab telinga berdengung dalam Islam, bersholawatlah jika telinga Anda berdengung karena Rasulullah sedang menyebut nama Anda di majelis tertinggi.

Bagi Anda yang ingin membaca artikel islami menarik lainnya, kunjungi situs Blog Evermos untuk membacanya. Semoga bermanfaat!

×